Irema O

08 Agustus 2022 10:23

Iklan

Irema O

08 Agustus 2022 10:23

Pertanyaan

Buatlah skema zona ekosistem air tawar dan sebutkan jenis organisme yang menempati daerah tersebut!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

17

:

50

:

30

Klaim

29

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

D. Anggita

29 Oktober 2022 05:29

Jawaban terverifikasi

<p>Zona ekosistem air tawar terdiri dari zona litoral, limnetik dan profundal.</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan kemampuan intensitas cahaya matahari atau jumlah cahaya yang dapat menembus air, maka ekosistem air tawar dibagi menjadi beberapa zona atau daerah, yaitu sebagai berikut:</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Zona Litoral, </strong>merupakan zona ekosistem air tawar yang paling dangkal yang berada di dekat tepi, sehingga dapat ditembus oleh cahaya matahari secara maksimal dan optimal, zona ini juga sering disebut sebagai zona foton (cahaya). Organisme yang hidup di zona ini juga semakin beragam, termasuk jenis-jenis ganggang yang melekat (khususnya diatom), berbagai siput dan remis, serangga, crustacea, ikan, amfibi (katak), reptilia air dan semi air seperti kura-kura dan ular, itik dan angsa, dan beberapa mamalia yang sering mencari makan di danau.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Zona Limnetik, </strong>merupakan zona ekosistem air tawar yang berada pada daerah air bebas yang jauh dari tepi dan masih dapat ditembus oleh sinar matahari. Namun, jika dibandingkan dengan zona litoral, jumlah atau intensitas cahaya matahari yang didapatkan di zona ini tidak sebanyak pada zona litoral. Organisme yang bisa hidup pada zona ini misalnya kelompok-kelompok fitoplankton termasuk alga (ganggang) dan sianobakteri, serta terdapat zooplankton yang sebagian besar termasuk Rotifera dan udang dan nekton.<br>&nbsp;</p><p><strong>Zona Profundal, </strong>merupakan zona ekosistem air tawar yang terletak lebih dalam dari zona limnestik, zona ini berada pada daerah terdalam yang sulit untuk ditembus oleh cahaya matahari. Pada daerah ini tidak ditemukan&nbsp; organisme fotosintetik (produsen), melainkan sebagai daerah tempat berkumpulnya bangkai dari organisme dari dua zona di atasnya yang sudah mati. Akibat keterbatasan cahaya matahari yang masuk, maka jenis organisme yang bisa hidup di zona ini juga berupa predator heterotrof, bentos yang hidup di dasar air, makhluk yang dapat hidup secara anaerob, serta mikroba (bakteri) dekomposer yang bertugas menguraikan bangkai-bangkai tersebut dengan bantuan oksigen terlarut yang ada di dalam air.</p><p>&nbsp;</p><p>Skema untuk zona ekosistem air tawar dapat dilihat pada gambar dibawah ini ya!</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Dengan demikian, zona ekosistem air tawar meliputi zona litoral, limnetik dan profundal.</strong></p>

Zona ekosistem air tawar terdiri dari zona litoral, limnetik dan profundal.

 

Berdasarkan kemampuan intensitas cahaya matahari atau jumlah cahaya yang dapat menembus air, maka ekosistem air tawar dibagi menjadi beberapa zona atau daerah, yaitu sebagai berikut:

 

Zona Litoral, merupakan zona ekosistem air tawar yang paling dangkal yang berada di dekat tepi, sehingga dapat ditembus oleh cahaya matahari secara maksimal dan optimal, zona ini juga sering disebut sebagai zona foton (cahaya). Organisme yang hidup di zona ini juga semakin beragam, termasuk jenis-jenis ganggang yang melekat (khususnya diatom), berbagai siput dan remis, serangga, crustacea, ikan, amfibi (katak), reptilia air dan semi air seperti kura-kura dan ular, itik dan angsa, dan beberapa mamalia yang sering mencari makan di danau.

 

Zona Limnetik, merupakan zona ekosistem air tawar yang berada pada daerah air bebas yang jauh dari tepi dan masih dapat ditembus oleh sinar matahari. Namun, jika dibandingkan dengan zona litoral, jumlah atau intensitas cahaya matahari yang didapatkan di zona ini tidak sebanyak pada zona litoral. Organisme yang bisa hidup pada zona ini misalnya kelompok-kelompok fitoplankton termasuk alga (ganggang) dan sianobakteri, serta terdapat zooplankton yang sebagian besar termasuk Rotifera dan udang dan nekton.
 

Zona Profundal, merupakan zona ekosistem air tawar yang terletak lebih dalam dari zona limnestik, zona ini berada pada daerah terdalam yang sulit untuk ditembus oleh cahaya matahari. Pada daerah ini tidak ditemukan  organisme fotosintetik (produsen), melainkan sebagai daerah tempat berkumpulnya bangkai dari organisme dari dua zona di atasnya yang sudah mati. Akibat keterbatasan cahaya matahari yang masuk, maka jenis organisme yang bisa hidup di zona ini juga berupa predator heterotrof, bentos yang hidup di dasar air, makhluk yang dapat hidup secara anaerob, serta mikroba (bakteri) dekomposer yang bertugas menguraikan bangkai-bangkai tersebut dengan bantuan oksigen terlarut yang ada di dalam air.

 

Skema untuk zona ekosistem air tawar dapat dilihat pada gambar dibawah ini ya!

 

Dengan demikian, zona ekosistem air tawar meliputi zona litoral, limnetik dan profundal.

alt

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan