Edwin C

13 Januari 2023 06:23

Iklan

Iklan

Edwin C

13 Januari 2023 06:23

Pertanyaan

Bu Yuli mempunyai pohon mangga dibelakang rumahnya. Ia mengamati pohon mangganya dan ternyata sudah banyak yang matang. Ia memetik buah mangga tersebut dan diletakkan dalam kerdus sebanyak 20 buah. Lima mangga diantaranya busuk.Ia mengeluarkan dua mangga satu persatu secara acak tanpa mengembalikan yang pertama ke dalam kotak. Kemungkinan Bu Yuli mendapatkan kedua mangga busuk adalah ..


48

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

H. Endah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

25 Januari 2023 18:39

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban: 20</p><p>&nbsp;</p><p>Konsep:</p><p>&gt;&gt; <strong>Kombinasi</strong> adalah susunan yang dapat dibentuk dari suatu kumpulan objek yang diambil sebagian atau seluruhnya dengan tidak memperhatikan urutannya.</p><p>&nbsp;</p><p>&gt;&gt; <strong>Rumus kombinasi</strong></p><p>C(n, r) = n!/((n-r)! · r!)</p><p>Keterangan :</p><p>C(n, r) : kombinasi r objek dari n objek yang ada</p><p>n : banyaknya objek keseluruhan</p><p>r : banyaknya objek yang diamati/diberi perlakuan</p><p>&nbsp;</p><p>&gt;&gt; C(n, 1) = n</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>Diketahui Bu Yuli memetik buah mangga dan diletakkan dalam kardus sebanyak 20 buah dan 5 mangga diantaranya busuk. Maka:</p><p>Tidak busuk = 15 mangga</p><p>Busuk = 5 mangga</p><p>&nbsp;</p><p>Ia mengeluarkan dua mangga satu persatu secara acak <strong>tanpa mengembalikan yang pertama ke dalam kotak.</strong> Kemungkinan Bu Yuli mendapatkan kedua mangga busuk adalah:</p><p>&gt;&gt; Kemungkinan pengambilan pertama 1 mangga busuk dan pengambilan kedua 1 mangga busuk adalah:</p><p>C(5, 1) × C((5 - 1), 1)&nbsp;</p><p>= C(5, 1) × C(4, 1)&nbsp;</p><p>= 5 × 4</p><p>= 20</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, kemungkinan Bu Yuli mendapatkan kedua mangga busuk adalah 20 kemungkinan.</p>

Jawaban: 20

 

Konsep:

>> Kombinasi adalah susunan yang dapat dibentuk dari suatu kumpulan objek yang diambil sebagian atau seluruhnya dengan tidak memperhatikan urutannya.

 

>> Rumus kombinasi

C(n, r) = n!/((n-r)! · r!)

Keterangan :

C(n, r) : kombinasi r objek dari n objek yang ada

n : banyaknya objek keseluruhan

r : banyaknya objek yang diamati/diberi perlakuan

 

>> C(n, 1) = n

 

Pembahasan:

Diketahui Bu Yuli memetik buah mangga dan diletakkan dalam kardus sebanyak 20 buah dan 5 mangga diantaranya busuk. Maka:

Tidak busuk = 15 mangga

Busuk = 5 mangga

 

Ia mengeluarkan dua mangga satu persatu secara acak tanpa mengembalikan yang pertama ke dalam kotak. Kemungkinan Bu Yuli mendapatkan kedua mangga busuk adalah:

>> Kemungkinan pengambilan pertama 1 mangga busuk dan pengambilan kedua 1 mangga busuk adalah:

C(5, 1) × C((5 - 1), 1) 

= C(5, 1) × C(4, 1) 

= 5 × 4

= 20

 

Jadi, kemungkinan Bu Yuli mendapatkan kedua mangga busuk adalah 20 kemungkinan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Nyatakan dalam bentuk pangkat ! ²log8=3

502

0.0

Jawaban terverifikasi