Iklan

Iklan

Rini P

27 Oktober 2021 15:39

Pertanyaan

Berikut ini merupakan contoh kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas yaitu.... Perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membawa dampak serius bagi kehidupan masyarakat. Data badan Pusat Statistik (BPS) menyebut melemahnya perekonomian berimbas pada melonjaknya angka pengangguran pada kuartal III tahun 2015 ini mencapai 7,56 juta orang. Masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget karena kenaikan tanpa didahului sosialisasi Keuntungan besar itulah yang seharusnya digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah.


4rb+

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Laillia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

02 November 2021 04:55

Jawaban terverifikasi

Halo Rini P, kakak bantu jawab yaa :) Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konjungsi adalah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Salah satu jenis konjungsi adalah konjungsi kausalitas. Konjungsi kausalitas merupakan kata hubung yang menjelaskan hubungan sebab-akibat. Ciri konjungsi kausalitas dapat diketahui dari penggunaan kata karena, sebab, oleh sebab itu, oleh karena itu, dan sehingga. Berdasarkan penjelasan di atas, maka kalimat "Masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget karena kenaikan tanpa didahului sosialisasi." merupakan kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas. Hal tersebut dibuktikan oleh penggunaan kata "karena" yang menjelaskan hubungan sebab akibat. Kebaikan tanpa didahului sosialisasi merupakan sebab dan masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget merupakan akibat. Jadi, kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas adalah Masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget karena kenaikan tanpa didahului sosialisasi.


Iklan

Iklan

Shabrina G

28 Oktober 2021 07:42

konjungsi kausalitas adalah konjungsi yang berhubungan dengan hubungan sebab-akibat. pada paragraf tersebut yang merupakan konjungsi kausalitas adalah "karena" pada paragraf "masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget karena kenaikan tanpa didahului sosialisasi"


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Iklan

Iklan