Hatna A

14 Februari 2024 11:24

Iklan

Iklan

Hatna A

14 Februari 2024 11:24

Pertanyaan

Berikut bukan upaya upaya yang dilakukan agar suatu negara mempunyai neraca pembayaran aktif yaitu

Berikut bukan upaya upaya yang dilakukan agar suatu negara mempunyai neraca pembayaran aktif yaitu 


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 00:21

Jawaban terverifikasi

<p>Upaya-upaya yang dapat dilakukan agar suatu negara memiliki neraca pembayaran aktif (surplus) melibatkan kebijakan dan tindakan yang mendorong peningkatan ekspor dan/atau mengurangi impor. Berikut adalah bukan upaya yang dilakukan untuk mencapai neraca pembayaran aktif:</p><p><strong>Devaluasi Mata Uang:</strong> Mengurangkan nilai mata uang nasional dapat meningkatkan daya saing ekspor, membuat barang dan jasa lokal lebih murah di pasar internasional.</p><p><strong>Kontrol Impor:</strong> Melibatkan kebijakan untuk membatasi atau mengendalikan impor agar tidak melebihi nilai ekspor, sehingga menciptakan surplus di neraca pembayaran.</p><p><strong>Peningkatan Produktivitas:</strong> Meningkatkan produktivitas industri lokal dapat menghasilkan barang dan jasa dengan biaya lebih rendah, meningkatkan daya saing ekspor.</p><p><strong>Stimulus Ekspor:</strong> Memberikan insentif atau stimulus kepada pelaku usaha yang terlibat dalam ekspor, seperti pemotongan pajak atau bantuan keuangan, untuk mendorong pertumbuhan ekspor.</p><p><strong>Liberalisasi Perdagangan:</strong> Menghapus atau mengurangi hambatan perdagangan, seperti tarif atau kuota, dapat meningkatkan akses pasar luar negeri bagi produk-produk lokal.</p>

Upaya-upaya yang dapat dilakukan agar suatu negara memiliki neraca pembayaran aktif (surplus) melibatkan kebijakan dan tindakan yang mendorong peningkatan ekspor dan/atau mengurangi impor. Berikut adalah bukan upaya yang dilakukan untuk mencapai neraca pembayaran aktif:

Devaluasi Mata Uang: Mengurangkan nilai mata uang nasional dapat meningkatkan daya saing ekspor, membuat barang dan jasa lokal lebih murah di pasar internasional.

Kontrol Impor: Melibatkan kebijakan untuk membatasi atau mengendalikan impor agar tidak melebihi nilai ekspor, sehingga menciptakan surplus di neraca pembayaran.

Peningkatan Produktivitas: Meningkatkan produktivitas industri lokal dapat menghasilkan barang dan jasa dengan biaya lebih rendah, meningkatkan daya saing ekspor.

Stimulus Ekspor: Memberikan insentif atau stimulus kepada pelaku usaha yang terlibat dalam ekspor, seperti pemotongan pajak atau bantuan keuangan, untuk mendorong pertumbuhan ekspor.

Liberalisasi Perdagangan: Menghapus atau mengurangi hambatan perdagangan, seperti tarif atau kuota, dapat meningkatkan akses pasar luar negeri bagi produk-produk lokal.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

02 Maret 2024 14:03

Jawaban terverifikasi

Upaya-upaya yang dilakukan agar suatu negara memiliki neraca pembayaran aktif adalah: 1. Mendorong ekspor barang dan jasa: Negara dapat meningkatkan ekspor barang dan jasa untuk mendapatkan pendapatan dari luar negeri yang lebih besar dibandingkan dengan impor. 2. Mengurangi impor barang dan jasa: Negara dapat mengurangi impor barang dan jasa untuk mengurangi pengeluaran devisa. 3. Meningkatkan pariwisata: Negara dapat meningkatkan pariwisata untuk mendapatkan pendapatan dari wisatawan asing. 4. Menarik investasi asing: Negara dapat menarik investasi asing untuk mendapatkan modal asing yang dapat membantu dalam pembangunan ekonomi. 5. Meningkatkan remitan: Negara dapat meningkatkan remitan dari warga negara yang bekerja di luar negeri untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Memasukkan emas dari luar negeri bukanlah salah satu upaya untuk memiliki neraca pembayaran aktif, karena hal itu akan mengurangi cadangan devisa negara.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan paragraf berikut! Alor merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Alor mempunyai cerita unik dan menakjubkan. Dengan jumlah penduduk sekitar 200 ribu, mereka dapat hidup berdampingan sangat damai meski dalam kesederhanaan dan ikatan agama yang berbeda-beda. Hal yang lebih menakjubkan lagi, kedamaian yang tercipta di kabupaten yang beribu kota di Kalabahi itu merupakan cerminan toleransi hidup beragama yang sempurna. Kalimat definisi berdasarkan teks tersebut adalah …. A. Alor mempunyai cerita unik dan menakjubkan. B. Mereka dapat hidup berdampingan sangat damai. C. Alor merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur. D. Kedamaian yang tercipta itu cerminan toleransi hidup beragama yang sempurna.

2

0.0

Jawaban terverifikasi