Gaby W

10 Maret 2024 14:00

Iklan

Iklan

Gaby W

10 Maret 2024 14:00

Pertanyaan

Berdasarkan distribusinya, Indonesia karakter vegetasi flora sebagai berikut : 1) hutan berkanopi tinggi hingga lebih dari 50 m 2) banyak rotan dan nangka 3) hutan sangat lebat dan hijau sepanjang tahun 4) banyak hutan kayu putih dan matoa 5) dominasi hutan hujan tropis basah 6) hutan musim dan sabana Ciri khas vegetasi di Indonesia bagian timur adalah….

Berdasarkan distribusinya, Indonesia karakter vegetasi flora sebagai berikut : 

1) hutan berkanopi tinggi hingga lebih dari 50 m 

2) banyak rotan dan nangka 

3) hutan sangat lebat dan hijau sepanjang tahun 

4) banyak hutan kayu putih dan matoa 

5) dominasi hutan hujan tropis basah 

6) hutan musim dan sabana 

Ciri khas vegetasi di Indonesia bagian timur adalah….


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Joseph R

12 Maret 2024 15:14

Jawaban terverifikasi

Sebagian besar kondisi iklim di Indonesia bagian timur didominasi oleh tipe iklim hujan tropis sehingga jenis vegetasi yang mendominasi wilayah Indonesia bagian timur adalah hutan hujan tropis. Tumbuhan di hutan hujan tropis memiliki ciri-ciri : 1.pohon-pohonnya tinggi 2.tidak ada tumbuhan berjenis nangka dan rotan 3.hutan hujan tropis yang lebat dan banyak 4.terdapat hutan kayu putih dan Matoa 5.termasuk hutan hujan tropis yang lembap(basah) Jadi jawabannya adalah no. 1,3,4,dan 5.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Maret 2024 00:29

<p>Ciri khas vegetasi di Indonesia bagian timur adalah:</p><ol><li>hutan musim dan sabana.</li></ol><p>Indonesia bagian timur memiliki kondisi geografis dan iklim yang berbeda dengan bagian barat. Daerah ini cenderung lebih kering dan memiliki musim yang lebih jelas dibandingkan dengan hutan hujan tropis basah yang dominan di bagian barat Indonesia. Sebagian besar vegetasi di wilayah timur Indonesia terdiri dari hutan musim dan sabana. Hutan musim adalah hutan yang mengalami perubahan daun dan aktivitas vegetasi secara periodik sepanjang tahun, sementara sabana adalah lahan terbuka yang ditumbuhi rumput dengan sejumlah kecil pohon tersebar di daerah tersebut. Kondisi ini menciptakan lingkungan vegetasi yang berbeda dengan hutan hujan tropis basah yang dominan di Indonesia bagian barat.</p>

Ciri khas vegetasi di Indonesia bagian timur adalah:

  1. hutan musim dan sabana.

Indonesia bagian timur memiliki kondisi geografis dan iklim yang berbeda dengan bagian barat. Daerah ini cenderung lebih kering dan memiliki musim yang lebih jelas dibandingkan dengan hutan hujan tropis basah yang dominan di bagian barat Indonesia. Sebagian besar vegetasi di wilayah timur Indonesia terdiri dari hutan musim dan sabana. Hutan musim adalah hutan yang mengalami perubahan daun dan aktivitas vegetasi secara periodik sepanjang tahun, sementara sabana adalah lahan terbuka yang ditumbuhi rumput dengan sejumlah kecil pohon tersebar di daerah tersebut. Kondisi ini menciptakan lingkungan vegetasi yang berbeda dengan hutan hujan tropis basah yang dominan di Indonesia bagian barat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan teks di bawah ini dengan saksama kemudian kerjakan tugas tugas yang menyertainya. Taman Nasional Baluran Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan spesifik kering di Pulau Jawa. Hutan di taman ini terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim hutan pantai, hutan pegunungan bawah hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Taman Nasional Baluran memiliki berbagai macam flora dan fauna dan ekosistem. Tumbuhan di taman nasional ini sebanyak 444 jenis. Di antara jenis tumbuhan di sini terdapat tumbuhan asli yang khas dan menarik yaitu widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), mimba (Azadirachta indica), dan pilang (Acacia leucophoea) Widoro bukol, mimba dan pilang merupakan tumbuhan yang mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering (masih kelihatan hijau), walaupun tumbuhan lainnya sudah layu dan mengering. Tumbuhan yang lain seperti asam (Tamanindus indica) gadung (Dioscorea hispida), kemiri (Aleuntes moluccana), gebang (Corypha utan) api-api (Avicennia sp.), kendal (Corda obliqua), manting (Syzygium polyanthum), dan kepuh (Sterculin foetida). Di taman ini juga terdapat 26 jenis mamalia diantaranya banteng (Bos javanicus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis). ajag (Cuon alpinus javanicus), kijang (Murtacus muntjak muntjak), ruse (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), kancil (Tragulus javanicus pelandoc), dan kucing bakau (Prionailurus viverrinus). Satwa banteng merupakan maskot/ciri khas Taman Nasional Baluran. Selain itu, terdapat sekitar 155 jenis burung di antaranya termasuk yang langka seperti layang-layang api (Hirundo rustica), tuwuk/tuwur asia (Eudynamys scolopacea), burung merak (Pavo muticus), ayam hutan merah (Gallus gallus), kangkareng (Anthracoceros convecus) rangkong (Euceros rhinoceros), dan bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus). Taman nasional memiliki beragam manfaat berupa produk jasa lingkungan, seperti udara bersih dan pemandangan alam. Kedua manfaat tersebut berada pada suatu ruang dan waktu yang sama. Diperlukan suatu bentuk kebijakan yang mampu mengatur pengalokasian sumber daya dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan dan aspek sosial ekonomi masyarakat sekitarnya. (Sumber: www..com/2015/0 korvastentang tamanhengan penyedia) 1. Temukan 2 contoh kalimat simpleks dalam teks di atas!

3

1.0

Jawaban terverifikasi