M. Alfi

08 Maret 2024 07:49

Iklan

Iklan

M. Alfi

08 Maret 2024 07:49

Pertanyaan

Bercak-bercak pada daun tanaman tembakau disebabkan oleh Tobacco Mozaic Virus. SEBAB Tobacco Mozaic Virus dipelajari pada cabang ilmu Biologi yaitu virologi.


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Scuta S

08 Maret 2024 11:09

Jawaban terverifikasi

Benar, bercak-bercak pada daun tanaman tembakau bisa disebabkan oleh Tobacco mosaic virus (TMV). TMV adalah virus yang menyerang tanaman tembakau dan beberapa tanaman lainnya. Virus ini dapat menyebabkan bercak-bercak kuning atau hijau muda pada daun tanaman, yang kemudian dapat berkembang menjadi bercak-bercak coklat atau hitam. Tobacco mosaic virus dipelajari dalam cabang ilmu biologi yang disebut virologi. Virologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang virus, termasuk struktur, siklus hidup, penyebaran, dan dampaknya pada organisme yang terinfeksi. Dalam studi virologi, para ahli mempelajari karakteristik virus, mekanisme replikasi virus dalam sel-sel inang, interaksi antara virus dan sistem kekebalan tubuh, serta upaya pengendalian dan pencegahan infeksi virus. Penelitian tentang TMV dan virus-virus lainnya membantu kita memahami bagaimana virus bekerja dan bagaimana kita dapat melindungi tanaman dan organisme lainnya dari infeksi virus.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 01:41

Jawaban terverifikasi

Penyebab bercak-bercak pada daun tanaman tembakau oleh Tobacco Mosaic Virus (TMV) dapat dijelaskan melalui studi virologi dalam cabang ilmu biologi. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut: Penyakit pada Tanaman Tembakau: Tobacco Mosaic Virus (TMV) adalah virus yang menyerang tanaman tembakau. Virus ini menyebabkan gejala seperti bercak-bercak pada daun tanaman, yang dapat mengurangi hasil panen dan kualitas tembakau. TMV termasuk dalam keluarga virus yang disebut Viridae dan genus Tobamovirus. Virologi dalam Biologi: Virologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari virus, termasuk struktur, sifat-sifat biologis, reproduksi, dan dampaknya pada organisme yang terinfeksi. Studi virologi memainkan peran penting dalam pemahaman dan pengendalian penyakit tanaman yang disebabkan oleh virus, seperti TMV pada tanaman tembakau. Proses Penularan TMV: TMV menular melalui berbagai cara, seperti melalui sisa-sisa tanaman yang terinfeksi, alat-alat pertanian yang terkontaminasi, dan serangga penghisap getah tanaman. Begitu virus memasuki tanaman, ia dapat menyebabkan perubahan pada struktur sel tanaman dan merusak fungsi normalnya. Dampak pada Daun Tanaman Tembakau: Setelah tanaman tembakau terinfeksi TMV, gejala muncul dalam bentuk bercak-bercak pada daun. Bercak-bercak ini dapat bervariasi dalam ukuran dan warna, memberikan tanda visual bahwa tanaman tersebut terinfeksi. Gejala ini dapat memengaruhi proses fotosintesis dan pertumbuhan tanaman secara keseluruhan. Pengendalian dan Perlindungan Tanaman: Studi virologi membantu dalam pengembangan strategi pengendalian penyakit tanaman yang disebabkan oleh virus, termasuk TMV. Ini melibatkan praktik-praktik budidaya yang baik, seperti pengelolaan sisa-sisa tanaman, sanitasi alat-alat pertanian, dan pemilihan varietas tanaman yang resisten terhadap virus. Dengan memahami karakteristik TMV dan mekanisme penularannya, ilmu virologi dapat memberikan panduan untuk melindungi tanaman tembakau dan tanaman lainnya dari serangan virus yang dapat merugikan. Studi ini berkontribusi pada upaya pemeliharaan keberlanjutan pertanian dan keberlanjutan ekosistem.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Seorang pasien rumah sakit mengalami demam tinggi yang mencapai 400C, nyeri pada otot, sakit kepala parah yang disertai dengan mual dan muntah. Dokter menyatakan bahwa pasien tersebut menderita suatu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Agar dapat memahami penyakit disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti maka cabang ilmu biologi yang perlu kita pelajari adalah …. A. Mikologi B. Virologi C. Filogeni D. Ornitologi E. Onkologi

4

0.0

Jawaban terverifikasi