Vasya A

20 Februari 2024 14:52

Iklan

Iklan

Vasya A

20 Februari 2024 14:52

Pertanyaan

bentuk-bentuk kearifan lokal yang ada dalam masyarakat dapat berupa nilai norma kepercayaan dan aturan-aturan khusus yang dilaksanakan dijaga serta diwariskan kepada setiap generasi secara turun temurun bentuk yang bermacam-macam ini mengakibatkan fungsi kearifan lokal menjadi bermacam-macam jelaskan fungsi-fungsi dari kearifan lokal tersebut

bentuk-bentuk kearifan lokal yang ada dalam masyarakat dapat berupa nilai norma kepercayaan dan aturan-aturan khusus yang dilaksanakan dijaga serta diwariskan kepada setiap generasi secara turun temurun bentuk yang bermacam-macam ini mengakibatkan fungsi kearifan lokal menjadi bermacam-macam jelaskan fungsi-fungsi dari kearifan lokal tersebut


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Zahra P

26 Februari 2024 04:13

Jawaban terverifikasi

<p>Kearifan lokal memiliki berbagai fungsi yang penting dalam masyarakat. Berikut adalah beberapa fungsi-fungsi dari kearifan lokal:<br><br>1.&nbsp;Mempertahankan Identitas Budaya:<br>Kearifan lokal membantu masyarakat dalam mempertahankan dan melestarikan identitas budaya mereka. Nilai-nilai, norma, dan aturan-aturan khusus yang terkandung dalam kearifan lokal menjadi bagian integral dari budaya dan identitas masyarakat tersebut.<br>2.&nbsp;Mempertahankan Keseimbangan Ekologi:<br>Banyak kearifan lokal yang terkait dengan pengetahuan dan praktik dalam menjaga keseimbangan ekologi dan alam sekitar. Misalnya, sistem pertanian tradisional yang berkelanjutan, pengelolaan hutan adat, atau pengetahuan tentang pengobatan herbal yang ramah lingkungan.<br>3.&nbsp;Membangun Solidaritas dan Kolaborasi:<br>Kearifan lokal sering kali melibatkan praktik-praktik yang mendorong solidaritas dan kolaborasi antar anggota masyarakat. Misalnya, adat istiadat dalam upacara adat, gotong royong dalam kegiatan masyarakat, atau aturan-aturan sosial yang mengedepankan kepentingan bersama.<br>4.&nbsp;Menjaga Keharmonisan Sosial:<br>Fungsi kearifan lokal juga terkait dengan menjaga keharmonisan sosial dalam masyarakat. Nilai-nilai dan aturan-aturan dalam kearifan lokal sering kali mengajarkan tentang saling menghormati, saling membantu, dan hidup dalam harmoni dengan sesama anggota masyarakat.<br>5.&nbsp;Menyediakan Pedoman Moral dan Etika:<br>Kearifan lokal seringkali mengandung nilai-nilai moral dan etika yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Aturan-aturan dan norma-norma dalam kearifan lokal membantu masyarakat dalam menjaga moralitas, integritas, dan perilaku yang baik.<br>6.&nbsp;Mempertahankan Pengetahuan dan Keterampilan Tradisional:<br>Kearifan lokal juga berfungsi dalam mempertahankan pengetahuan dan keterampilan tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Ini termasuk pengetahuan tentang pertanian, kerajinan tangan, seni, musik, dan praktik-praktik tradisional lainnya.<br><br>Sumber: UNESCO</p><p>- Semoga membantu -</p>

Kearifan lokal memiliki berbagai fungsi yang penting dalam masyarakat. Berikut adalah beberapa fungsi-fungsi dari kearifan lokal:

1. Mempertahankan Identitas Budaya:
Kearifan lokal membantu masyarakat dalam mempertahankan dan melestarikan identitas budaya mereka. Nilai-nilai, norma, dan aturan-aturan khusus yang terkandung dalam kearifan lokal menjadi bagian integral dari budaya dan identitas masyarakat tersebut.
2. Mempertahankan Keseimbangan Ekologi:
Banyak kearifan lokal yang terkait dengan pengetahuan dan praktik dalam menjaga keseimbangan ekologi dan alam sekitar. Misalnya, sistem pertanian tradisional yang berkelanjutan, pengelolaan hutan adat, atau pengetahuan tentang pengobatan herbal yang ramah lingkungan.
3. Membangun Solidaritas dan Kolaborasi:
Kearifan lokal sering kali melibatkan praktik-praktik yang mendorong solidaritas dan kolaborasi antar anggota masyarakat. Misalnya, adat istiadat dalam upacara adat, gotong royong dalam kegiatan masyarakat, atau aturan-aturan sosial yang mengedepankan kepentingan bersama.
4. Menjaga Keharmonisan Sosial:
Fungsi kearifan lokal juga terkait dengan menjaga keharmonisan sosial dalam masyarakat. Nilai-nilai dan aturan-aturan dalam kearifan lokal sering kali mengajarkan tentang saling menghormati, saling membantu, dan hidup dalam harmoni dengan sesama anggota masyarakat.
5. Menyediakan Pedoman Moral dan Etika:
Kearifan lokal seringkali mengandung nilai-nilai moral dan etika yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Aturan-aturan dan norma-norma dalam kearifan lokal membantu masyarakat dalam menjaga moralitas, integritas, dan perilaku yang baik.
6. Mempertahankan Pengetahuan dan Keterampilan Tradisional:
Kearifan lokal juga berfungsi dalam mempertahankan pengetahuan dan keterampilan tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Ini termasuk pengetahuan tentang pertanian, kerajinan tangan, seni, musik, dan praktik-praktik tradisional lainnya.

Sumber: UNESCO

- Semoga membantu -


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 07:50

Jawaban terverifikasi

<p>Fungsi-fungsi dari kearifan lokal yang diwariskan turun temurun dalam masyarakat adalah beragam dan dapat mencakup aspek-aspek berikut:</p><p><strong>Pemertahanan Identitas Budaya:</strong></p><ul><li>Kearifan lokal membantu dalam menjaga dan mempertahankan identitas budaya suatu masyarakat. Nilai, norma, dan tradisi yang terkandung di dalamnya menjadi ciri khas yang membedakan suatu kelompok masyarakat dari kelompok lainnya.</li></ul><p><strong>Pengaturan Sosial dan Moral:</strong></p><ul><li>Kearifan lokal seringkali mencakup norma-norma sosial dan nilai-nilai moral yang mengatur perilaku masyarakat. Hal ini membantu dalam menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam interaksi sosial serta mempromosikan perilaku yang dianggap baik dalam masyarakat.</li></ul><p><strong>Penyimpanan Pengetahuan Lokal:</strong></p><ul><li>Kearifan lokal berfungsi sebagai simpanan pengetahuan lokal yang diperoleh dari pengalaman masa lalu. Pengetahuan ini mencakup aspek-aspek seperti pertanian, pengobatan tradisional, seni, dan kerajinan yang diperoleh dari generasi sebelumnya.</li></ul><p><strong>Regulasi Lingkungan:</strong></p><ul><li>Kearifan lokal sering kali mencakup aturan-aturan terkait dengan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Aturan-aturan ini membantu dalam menjaga keseimbangan ekosistem serta memastikan keberlanjutan pemanfaatan sumber daya alam.</li></ul><p><strong>Pemecahan Konflik:</strong></p><ul><li>Nilai-nilai dan norma dalam kearifan lokal dapat memberikan pedoman dalam penyelesaian konflik dan perselisihan di dalam masyarakat. Pendekatan yang diterapkan dapat berakar pada nilai-nilai lokal yang dihormati oleh semua pihak.</li></ul>

Fungsi-fungsi dari kearifan lokal yang diwariskan turun temurun dalam masyarakat adalah beragam dan dapat mencakup aspek-aspek berikut:

Pemertahanan Identitas Budaya:

  • Kearifan lokal membantu dalam menjaga dan mempertahankan identitas budaya suatu masyarakat. Nilai, norma, dan tradisi yang terkandung di dalamnya menjadi ciri khas yang membedakan suatu kelompok masyarakat dari kelompok lainnya.

Pengaturan Sosial dan Moral:

  • Kearifan lokal seringkali mencakup norma-norma sosial dan nilai-nilai moral yang mengatur perilaku masyarakat. Hal ini membantu dalam menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam interaksi sosial serta mempromosikan perilaku yang dianggap baik dalam masyarakat.

Penyimpanan Pengetahuan Lokal:

  • Kearifan lokal berfungsi sebagai simpanan pengetahuan lokal yang diperoleh dari pengalaman masa lalu. Pengetahuan ini mencakup aspek-aspek seperti pertanian, pengobatan tradisional, seni, dan kerajinan yang diperoleh dari generasi sebelumnya.

Regulasi Lingkungan:

  • Kearifan lokal sering kali mencakup aturan-aturan terkait dengan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Aturan-aturan ini membantu dalam menjaga keseimbangan ekosistem serta memastikan keberlanjutan pemanfaatan sumber daya alam.

Pemecahan Konflik:

  • Nilai-nilai dan norma dalam kearifan lokal dapat memberikan pedoman dalam penyelesaian konflik dan perselisihan di dalam masyarakat. Pendekatan yang diterapkan dapat berakar pada nilai-nilai lokal yang dihormati oleh semua pihak.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kehidupan masyarakat modern semakin meninggalkan adat tradisi warisan generasi pendahulu. Hampir setiap sektor kehidupan masyarakat mengikuti tata aturan baru yang dirumuskan secara tertulis. Sanksi yang digunakan untuk pengendalian sosial juga dibuat secara tertulis. Berdasarkan deskripsi tersebut, dapat diidentifikasikan bahwa jenis norma yang berlaku adalah A. Tata kelakuan B. Adat istiadat C. Kebiasaan D.Hukum

5

0.0

Jawaban terverifikasi