Shalom F

03 Maret 2024 12:30

Iklan

Shalom F

03 Maret 2024 12:30

Pertanyaan

Begitu masuk kedalam ruangan berkonsep indoor ini, akan terlihat pemandangan kupu-kupu indah yang asyik berterbangan dan hinggap di beberapa bunga dan tanaman dan di atur agar tidak terbang keluar. Oleh karna itu, taman itu di tutup dengan jaringan-jaringan rapat. Bagi yang suka fotografi taman ini biasanya jadi pilihan untuk berburu foto kupu-kupu cantik. Beragam kerajinan tangan seperti bros berbentuk kupu-kupu menjadi oleh-oleh khas eduwisata. Di dalam kutipan tersebut, kalimat yang tidak koheren ditunjukkan oleh kalimat nomor...

Begitu masuk kedalam ruangan berkonsep indoor ini, akan terlihat pemandangan kupu-kupu indah yang asyik berterbangan dan hinggap di beberapa bunga dan tanaman dan di atur agar tidak terbang keluar. 
Oleh karna itu, taman itu di tutup dengan jaringan-jaringan rapat.
Bagi yang suka fotografi taman ini biasanya jadi pilihan untuk berburu foto kupu-kupu cantik.
Beragam kerajinan tangan seperti bros berbentuk kupu-kupu menjadi oleh-oleh khas eduwisata.

Di dalam kutipan tersebut, kalimat yang tidak koheren ditunjukkan oleh kalimat nomor...

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

19

:

44

:

50

Klaim

9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

03 Maret 2024 13:36

Jawaban terverifikasi

【Penjelasan】:Koheren adalah suatu keadaan di mana setiap bagian serta seluruh bagian dalam wacana memiliki hubungan yang erat satu sama lain sehingga dapat mewujudkan keutuhan makna dan subjek dalam sebuah wacana. Dalam kutipan tersebut, kalimat 1-4 berfokus pada gambaran umum, fungsi, dan kegiatan di dalam taman kupu-kupu, sedangkan kalimat 5 tiba-tiba berbicara tentang souvenir atau oleh-oleh dari wisata tersebut. Oleh karena itu, dalam konteks ini, kalimat 5 tampaknya tidak koheren dengan kalimat lainnya karena membuat topik bertumpu pada aspek yang benar-benar berbeda (souvenir), bukan pada taman kupu-kupu itu sendiri, seperti kalimat sebelumnya. 【Jawaban】:5


Iklan

Nanda R

Community

05 Maret 2024 06:14

Jawaban terverifikasi

<p>Kalimat yang tidak koheren adalah:</p><p><strong>Oleh karna itu, taman itu di tutup dengan jaringan-jaringan rapat.</strong></p><p>Kalimat ini tidak terhubung dengan konteks sebelumnya, yang mendeskripsikan pemandangan dan suasana dalam ruangan berkonsep indoor yang memiliki kupu-kupu. Kalimat tersebut lebih terkait dengan tindakan atau keputusan tertentu yang diambil terkait penutupan taman dengan jaringan rapat, tetapi tidak ada informasi atau konteks yang menyebabkan penutupan tersebut dalam teks sebelumnya.</p>

Kalimat yang tidak koheren adalah:

Oleh karna itu, taman itu di tutup dengan jaringan-jaringan rapat.

Kalimat ini tidak terhubung dengan konteks sebelumnya, yang mendeskripsikan pemandangan dan suasana dalam ruangan berkonsep indoor yang memiliki kupu-kupu. Kalimat tersebut lebih terkait dengan tindakan atau keputusan tertentu yang diambil terkait penutupan taman dengan jaringan rapat, tetapi tidak ada informasi atau konteks yang menyebabkan penutupan tersebut dalam teks sebelumnya.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Teks 1 Salah Kelas Pagi itu, Joni nampak bahagia sekali. Di meja makan, ibunya bertanya kepada Joni. "Jon, Ibu perhatikan dari tadi kamu senyum-senyum sendiri?" "Anu, Bu, semalam ibu wali kelas membagikan jadwal tatap muka terbatas. Senang rasanya karena besok aku bisa bertemu teman-teman. Belajar daring di rumah membosankan, Bu. Apalagi kalau zoom meeting Matematika." "Memangnya kenapa kalau Matematika, Jon?" Ibu bertanya kembali. "Gurunya galak, Bu, materinya juga susah, wong diajarkan di kelas saja masih susah pahamnya, apalagi daring," jawab Joni. "Oh, begitu," Ibu menimpali. "Ya sudah, Bu. Joni pamit, ya." Joni langsung pergi sambil mencium tangan ibunya. Sekolah sudah nampak ramai. Joni berjalan sambil sesekali melihat jadwal mapel yang dibagikan wali kelasnya. Lalu, dia segera masuk kelas dan ternyata sudah ada guru di dalam kelas. "Selamat pagi, Pak. Maaf, saya terlambat." "Selamat pagi juga, Nak, silakan duduk," sahut Pak Guru. Joni langsung mencari kursi dan duduk tanpa melihat kanan kiri. Saat mengeluarkan buku catatan, Joni mengedarkan pandangannya dan langsung kaget. Semua seperti asing. Dia seperti tidak mengenali teman sekelasnya, apalagi semuanya memakai masker. Dia berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa mereka adalah teman kelasnya. Tidak berapa lama, Joni kaget ketika melihat ke papan tulis Pak Guru sedang menjelaskan soal Matematika, padahal seingatnya jadwal pagi itu adalah Bahasa Indonesia. "Astaga, ini kan kelasku satu tahun yang lalu, ini kan kelas satu. Sekarang kan aku sudah naik kelas dua." Keringat dingin keluar di wajah Joni, lalu dia memberanikan diri menemui Pak Guru. "Maaf, Pak, karena sudah satu tahun daring, saya lupa kalau sekarang saya sudah kelas dua. Saya salah masuk kelas, Pak." Semua peserta didik pun tertawa. Dengan wajah malu, Joni keluar kelas. Teks 2 PKH Pada suatu hari, dua orang ibu rumah tangga sedang berbincang-bincang di depan rumah. Mereka sedang asyik membahas tentang bantuan pemerintah yang dinamakan PKH. Bu Tuti : Mar, aku semakin heran dengan pemerintah sekarang. Bu Marni Loh, kenapa, Bu? Ada masalah? (penasaran) Bu Tuti : Ya jelas ada. Kalau enggak ada, buat apa saya repot-repot membahas masalah ini? Bu Marni: Oalah, Bu, sempat-sempatnya memikirkan pemerintah, memangnya pemerintah memikirkan nasib kita? Bu Tuti : Jangan salah. Tuh, lihat tetangga sebelah kita. Dia dapat bantuan dari pemerintah. Setiap bulan, dia rutin mengambil sembako di warung dekat balai desa sana. Bu Marni Masa? Enggak salah, sampeyan, Bu? Dia, kan, lumayan mampu. Lihat saja, kulkas ada, mesin cuci punya, motor dua, kalau pergi perhiasannya selalu menempel di tangannya. Benar enggak salah, Bu? (sedikit tidak percaya) Bu Tuti : Nah, itu yang membuat saya bingung. Kenapa dia dapat bantuan? Padahal, kalau dipikir, dia tergolong keluarga mampu. Coba kita bandingkan dengan tetangga kita yang lain. Ada yang jauh lebih berhak mendapatkan bantuan itu sebenarnya. Bu Marni : Iya betul Bu. Ngomong-ngomong, bantuan apa yang bisa dia dapat, Bu? Bu Tuti Bu Marni: Masa kamu enggak tahu? Itu, loh, bantuan PKH. Oh, yang rumahnya ditempeli stiker "Keluarga Miskin" itu, to? Bu Tuti Nah, itu kamu tahu, Mar. (mengacungkan jempol kepada Bu Marni) Bu Marni Bu Tuti Ya tahu lah, Bu. Apa, sih, yang tidak saya ketahui? Mar, PKH itu apa, to? (penasaran) Bu Marni Program Keluarga Harapan. Bu Tuti : Harapan apa? Bu Marni Harapan biar dikasih sembako tiap bulan, ha...ha...ha... Bu Tuti : Ngawur kamu, Mar. Tulislah persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut

25

0.0

Jawaban terverifikasi

Rumah Makan Nyampleng Rumah makan "Nyampleng" berada di sebelah selatan alun-alun Kota Malang. Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya. Nama rumah makan ini berasal dari bahasa Jawa yaitu nyamleng yang berarti enak sekali. Sesuai dengan namanya rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi. Bangunan rumah makan ini beraksitektur Jawa.Hampir semua peralatan dan ornamen di rumah makan ini berkaitan dengan nuansa Jawa. Memasuki rumah makan ini, kita disambut gapura bernuansa Jawa yang berdiri kokoh di pintu masuk. Di bagian depan rumah makan ini terpasang gapura yang indah bertuliskan huruf Jawa dengan warna alami. Begitu memasuki pintu utama kita akan disambut ruangan yang sejuk dengan estetika tinggi. Lantai rumah makan ini terbuat dari kayu berwarna coklat tua. Dinding berwarna putih bersih.Hiasan etnik Jawa ditata melengkung indah di setiap dinding ruangan. Warna keemasan dipilih untuk menunjukkan kebesaran tempat ini. Hiasan batik sogan yang ditempel pada bagian dalam dinding menambah kekentalan suasana tradisi Jawa. Di dalam rumah makan ini diletakkan gamelan Jawa yang tertata rapi lengkap dengan niyaganya. Warna gamelan keemasan dengan bingkai kayu warna coklat gelap sangat unik dan menarik. Di samping gamelan di tata meja kursi antik dengan warna legam. Di pojok ruangan diletakkan lampu hias coklat dengan ornamen kuning keemasan. Di bagian belakang terdapat kolam ikan nila. Warna merah yang mendominasi kolam nampak seperti kain indah yang sedang dimainkan seorang penari. Kolam itu tidak terlalu luas, tetapi jernih. Di pinggir kolam dihias beragam bunga. Warna warni bunga dengan semerbak wanginya menambah keasrian rumah makan ini. Aroma gorengan tempe merambah semua ruangan. Gurihnya aroma tempe tergambar dari bau yang ditimbulkannya. Aroma sambal terasinya juga merangsang orang segera mencicipinya. Alunan lagu Jawa yang syahdu menambah selera penyet tempe yang telah dihidangkan di atas meja. Stuktur deksripsi bagian terdapat pada paragraf... A. Satu-tiga B. Dua-empat C. Tiga-lima D. Satu-lima

13

0.0

Jawaban terverifikasi