Daviondra E

30 Mei 2024 11:54

Iklan

Iklan

Daviondra E

30 Mei 2024 11:54

Pertanyaan

batu bara dapat digunakan sebagai bahan bakar terutama untuk menghasilkan bahan dasar

batu bara dapat digunakan sebagai bahan bakar terutama untuk menghasilkan bahan dasar


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

30 Mei 2024 13:51

Jawaban terverifikasi

<p>Batubara telah memainkan peran yang sangat penting selama berabad-abad, tidak hanya membangkitkan listrik, namun juga merupakan bahan bakar utama bagi produksi baja, semen, pusat pengolahan alumina, pabrik kertas, industri kimia, serta farmasi.</p><p>10 Manfaat Batu Bara</p><p>_Sebagai Bahan Bakar Fosil yang Terjangkau.</p><p>_Sebagai Komponen Produksi Baja.&nbsp;</p><p>_Penyedia Akses Listrik.&nbsp;</p><p>_Sebagai Bahan Bakar Transportasi.&nbsp;</p><p>_Penyedia Pasokan Energi Dunia.</p><p>_Penyedia Lapangan Pekerjaan.&nbsp;</p><p>_Menopang Pertumbuhan Perekonomian.&nbsp;</p><p>_Membantu Produksi Bahan Padat Energi.</p><p><br>Batu bara bisa dijadikan sebagai bahan bakar yang berbentuk cair. Ini yang membuat batu bara bisa menggantikan bahan bakar minyak. Pengolahan batu bara pada dasarnya akan menjadi bahan bakar dengan bentuk cair. Batu bara akan diolah menjadi bubuk atau bongkahan.</p>

Batubara telah memainkan peran yang sangat penting selama berabad-abad, tidak hanya membangkitkan listrik, namun juga merupakan bahan bakar utama bagi produksi baja, semen, pusat pengolahan alumina, pabrik kertas, industri kimia, serta farmasi.

10 Manfaat Batu Bara

_Sebagai Bahan Bakar Fosil yang Terjangkau.

_Sebagai Komponen Produksi Baja. 

_Penyedia Akses Listrik. 

_Sebagai Bahan Bakar Transportasi. 

_Penyedia Pasokan Energi Dunia.

_Penyedia Lapangan Pekerjaan. 

_Menopang Pertumbuhan Perekonomian. 

_Membantu Produksi Bahan Padat Energi.


Batu bara bisa dijadikan sebagai bahan bakar yang berbentuk cair. Ini yang membuat batu bara bisa menggantikan bahan bakar minyak. Pengolahan batu bara pada dasarnya akan menjadi bahan bakar dengan bentuk cair. Batu bara akan diolah menjadi bubuk atau bongkahan.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

30 Mei 2024 13:22

Jawaban terverifikasi

<p>Batu bara adalah salah satu sumber energi fosil yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Batu bara biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi, terutama dalam proses pembangkitan listrik dan produksi bahan bakar dasar lainnya. Berikut adalah beberapa cara di mana batu bara digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan bahan dasar:</p><p><strong>Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU):</strong> Batu bara sering digunakan dalam PLTU untuk menghasilkan uap yang digunakan untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik. Proses ini melibatkan pembakaran batu bara dalam boiler untuk menghasilkan panas, yang kemudian digunakan untuk mengubah air menjadi uap yang kemudian digunakan untuk memutar turbin.</p><p><strong>Pembuatan Bahan Bakar Cair dan Gas:</strong> Proses pirolisis dan gasifikasi dapat digunakan untuk mengubah batu bara menjadi bahan bakar cair seperti minyak bumi atau gas sintetis. Proses ini melibatkan pemanasan batu bara pada suhu tinggi dengan jumlah oksigen yang terbatas atau tanpa oksigen, menghasilkan gas atau cairan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar.</p><p><strong>Industri Kimia:</strong> Batu bara juga dapat digunakan sebagai bahan baku dalam industri kimia untuk menghasilkan bahan dasar seperti amonia, metanol, atau bahan kimia organik lainnya. Proses ini melibatkan konversi batu bara menjadi gas, yang kemudian diubah menjadi produk kimia melalui berbagai reaksi kimia.</p><p><strong>Pembuatan Kokas:</strong> Kokas batu bara adalah produk yang dihasilkan dari pemanasan batu bara pada suhu tinggi di dalam tanur kokas. Kokas batu bara digunakan sebagai bahan baku dalam produksi baja, di mana ia berperan sebagai bahan bakar dan agen reduksi dalam proses peleburan besi dari bijih besi.</p>

Batu bara adalah salah satu sumber energi fosil yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Batu bara biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi, terutama dalam proses pembangkitan listrik dan produksi bahan bakar dasar lainnya. Berikut adalah beberapa cara di mana batu bara digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan bahan dasar:

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU): Batu bara sering digunakan dalam PLTU untuk menghasilkan uap yang digunakan untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik. Proses ini melibatkan pembakaran batu bara dalam boiler untuk menghasilkan panas, yang kemudian digunakan untuk mengubah air menjadi uap yang kemudian digunakan untuk memutar turbin.

Pembuatan Bahan Bakar Cair dan Gas: Proses pirolisis dan gasifikasi dapat digunakan untuk mengubah batu bara menjadi bahan bakar cair seperti minyak bumi atau gas sintetis. Proses ini melibatkan pemanasan batu bara pada suhu tinggi dengan jumlah oksigen yang terbatas atau tanpa oksigen, menghasilkan gas atau cairan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar.

Industri Kimia: Batu bara juga dapat digunakan sebagai bahan baku dalam industri kimia untuk menghasilkan bahan dasar seperti amonia, metanol, atau bahan kimia organik lainnya. Proses ini melibatkan konversi batu bara menjadi gas, yang kemudian diubah menjadi produk kimia melalui berbagai reaksi kimia.

Pembuatan Kokas: Kokas batu bara adalah produk yang dihasilkan dari pemanasan batu bara pada suhu tinggi di dalam tanur kokas. Kokas batu bara digunakan sebagai bahan baku dalam produksi baja, di mana ia berperan sebagai bahan bakar dan agen reduksi dalam proses peleburan besi dari bijih besi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

beni mencari kotak kardus yang akan digunakan untuk meletakkan tumpukan buku. tumpukan buku tersebut memiliki panjang 45cm, lebar 23cm, dan tinggi 40cm, tentukan volume minimum kotak kardus yang dapat digunakan untuk meletakkan tumpukan buku tersebut

6

0.0

Jawaban terverifikasi