Indah H

20 Agustus 2023 15:14

Iklan

Iklan

Indah H

20 Agustus 2023 15:14

Pertanyaan

Bagaimana proses terbentuknya jaringan pada tumbuhan

Bagaimana proses terbentuknya jaringan pada tumbuhan


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 07:42

Jawaban terverifikasi

Proses terbentuknya jaringan pada tumbuhan melibatkan beberapa tahap yang kompleks. Berikut adalah ringkasan umum mengenai proses tersebut: 1. Pembelahan Sel: Proses pembelahan sel, yang dikenal sebagai mitosis, berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Ketika sel induk membelah, dua sel anak terbentuk. Ini memungkinkan peningkatan jumlah sel dan pertumbuhan jaringan. 2. Aliran Arahan Molekuler: Tumbuhan memiliki kemampuan untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan pertumbuhan jaringan melalui aliran arahan molekuler. Hormon tumbuhan seperti auksin, sitokinin, gibberellin, dan giberelin memainkan peran penting dalam regulasi pertumbuhan dan perkembangan jaringan. Mereka mempengaruhi pembelahan sel, pemanjangan sel, diferensiasi jaringan, dan pembentukan organ-organ tumbuhan. 3. Diferensiasi Sel: Dalam proses yang disebut diferensiasi sel, sel-sel tumbuhan mengubah morfologi, struktur, dan fungsi mereka untuk membentuk berbagai jenis jaringan. Dalam diferensiasi, sel-sel mengadopsi karakteristik tertentu, seperti menjadi sel epidermis, parenkim, xilem, floem, atau jaringan lainnya. Diferensiasi terjadi melalui ekspresi gen yang diatur secara ketat. 4. Bertumbuh dan Memperkembangkan Jaringan: Jaringan-jaringan tumbuhan terus tumbuh dan berkembang seiring waktu. Pertumbuhan seluler yang melibatkan divisi sel dan pemanjangan sel terus terjadi, memungkinkan jaringan untuk memperoleh ukuran dan bentuk yang diinginkan. Pemanjangan sel terjadi secara osmotik dengan masuknya air ke dalam sel. 5. Interaksi Sel: Sel-sel dalam jaringan tumbuhan berinteraksi satu sama lain untuk mempertahankan struktur dan fungsi yang koheren. Mereka bertukar sinyal dan molekul penting melalui hubungan sel-sel yang rumit, seperti plasmodesma, yang memungkinkan pertukaran zat-zat penting dan koordinasi reaksi seluler. Melalui serangkaian proses seperti pembelahan sel, diferensiasi, dan interaksi sel, tumbuhan dapat membentuk berbagai jenis jaringan yang berbeda, termasuk jaringan meristem (tumbuh dan membelah aktif), jaringan epidermis (proteksi dan penyerapan cahaya), jaringan parenkim (penyimpanan dan fotosintesis), dan jaringan xilem dan floem (pengangkutan air, nutrisi, dan zat-zat organik).


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 10:18

<p>Proses terbentuknya jaringan pada tumbuhan melibatkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel yang berbeda untuk membentuk berbagai jenis jaringan yang memiliki fungsi khusus. Tumbuhan memiliki dua jenis jaringan utama: jaringan meristematik dan jaringan permanen. Berikut adalah gambaran umum tentang bagaimana proses terbentuknya jaringan pada tumbuhan:</p><p><strong>Jaringan Meristematik:</strong> Jaringan meristematik adalah jaringan tumbuhan yang masih berkembang dan terus membelah secara aktif. Jenis utama jaringan meristematik adalah meristem apikal (pucuk), meristem lateral (samping), dan meristem interkal (antara daun dan batang). Meristem apikal bertanggung jawab atas pertumbuhan panjang tumbuhan, meristem lateral menghasilkan pertumbuhan tebal (diameter), dan meristem interkal terlibat dalam pertumbuhan daun dan batang muda.</p><p><strong>Diferensiasi Sel:</strong> Sel-sel dalam jaringan meristematik akan mengalami diferensiasi, di mana mereka mengembangkan struktur dan fungsi khusus. Dalam proses ini, sel-sel berubah menjadi sel-sel jaringan permanen dengan tugas tertentu.</p><p><strong>Jaringan Permanen:</strong> Setelah diferensiasi, sel-sel menjadi bagian dari jaringan permanen. Ada beberapa jenis jaringan permanen, termasuk:</p><ul><li><strong>Jaringan Epidermis:</strong> Jaringan luar yang melindungi tumbuhan dan terdiri dari sel-sel epidermis.</li><li><strong>Jaringan Pembuluh:</strong> Jaringan yang terdiri dari pembuluh xilem dan floem. Xilem mengangkut air dan mineral dari akar ke bagian atas tanaman, sedangkan floem mengangkut nutrisi hasil fotosintesis dari daun ke bagian lain tanaman.</li><li><strong>Jaringan Parenkim:</strong> Jaringan dasar yang berperan dalam penyimpanan cadangan makanan, pertukaran gas, dan penyembuhan.</li><li><strong>Jaringan Sklerenkim:</strong> Jaringan yang memberikan dukungan struktural dengan dinding sel yang mengandung lignin yang kuat.</li><li><strong>Jaringan Kolenkim:</strong> Jaringan yang memberikan dukungan fleksibel dengan dinding sel yang lebih tebal.</li></ul><p><strong>Organ dan Jaringan Lebih Tinggi:</strong> Tumbuhan memiliki berbagai jenis organ, seperti akar, batang, dan daun, yang terdiri dari berbagai jenis jaringan permanen yang berfungsi sesuai dengan organ tersebut.</p><p><strong>Pertumbuhan dan Perkembangan:</strong> Selama pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, jaringan permanen dapat mengalami pertumbuhan sel, pematangan, dan diferensiasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan tumbuhan.</p><p>Dengan demikian, proses terbentuknya jaringan pada tumbuhan melibatkan koordinasi antara jaringan meristematik dan jaringan permanen untuk memastikan pertumbuhan dan fungsi yang optimal.</p>

Proses terbentuknya jaringan pada tumbuhan melibatkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel yang berbeda untuk membentuk berbagai jenis jaringan yang memiliki fungsi khusus. Tumbuhan memiliki dua jenis jaringan utama: jaringan meristematik dan jaringan permanen. Berikut adalah gambaran umum tentang bagaimana proses terbentuknya jaringan pada tumbuhan:

Jaringan Meristematik: Jaringan meristematik adalah jaringan tumbuhan yang masih berkembang dan terus membelah secara aktif. Jenis utama jaringan meristematik adalah meristem apikal (pucuk), meristem lateral (samping), dan meristem interkal (antara daun dan batang). Meristem apikal bertanggung jawab atas pertumbuhan panjang tumbuhan, meristem lateral menghasilkan pertumbuhan tebal (diameter), dan meristem interkal terlibat dalam pertumbuhan daun dan batang muda.

Diferensiasi Sel: Sel-sel dalam jaringan meristematik akan mengalami diferensiasi, di mana mereka mengembangkan struktur dan fungsi khusus. Dalam proses ini, sel-sel berubah menjadi sel-sel jaringan permanen dengan tugas tertentu.

Jaringan Permanen: Setelah diferensiasi, sel-sel menjadi bagian dari jaringan permanen. Ada beberapa jenis jaringan permanen, termasuk:

  • Jaringan Epidermis: Jaringan luar yang melindungi tumbuhan dan terdiri dari sel-sel epidermis.
  • Jaringan Pembuluh: Jaringan yang terdiri dari pembuluh xilem dan floem. Xilem mengangkut air dan mineral dari akar ke bagian atas tanaman, sedangkan floem mengangkut nutrisi hasil fotosintesis dari daun ke bagian lain tanaman.
  • Jaringan Parenkim: Jaringan dasar yang berperan dalam penyimpanan cadangan makanan, pertukaran gas, dan penyembuhan.
  • Jaringan Sklerenkim: Jaringan yang memberikan dukungan struktural dengan dinding sel yang mengandung lignin yang kuat.
  • Jaringan Kolenkim: Jaringan yang memberikan dukungan fleksibel dengan dinding sel yang lebih tebal.

Organ dan Jaringan Lebih Tinggi: Tumbuhan memiliki berbagai jenis organ, seperti akar, batang, dan daun, yang terdiri dari berbagai jenis jaringan permanen yang berfungsi sesuai dengan organ tersebut.

Pertumbuhan dan Perkembangan: Selama pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, jaringan permanen dapat mengalami pertumbuhan sel, pematangan, dan diferensiasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan tumbuhan.

Dengan demikian, proses terbentuknya jaringan pada tumbuhan melibatkan koordinasi antara jaringan meristematik dan jaringan permanen untuk memastikan pertumbuhan dan fungsi yang optimal.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

399

2.0

Jawaban terverifikasi