Siti S

16 April 2024 21:44

Iklan

Iklan

Siti S

16 April 2024 21:44

Pertanyaan

bagaimana pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman jagung

bagaimana pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman jagung


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 03:16

Jawaban terverifikasi

<p>Pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung melalui serangkaian tahapan yang meliputi:</p><p><strong>Perkecambahan:</strong> Benih jagung menyerap air dan mulai menghasilkan akar dan tunas.</p><p><strong>Fase vegetatif:</strong> Tanaman mengalami pertumbuhan vegetatif, di mana daun, batang, dan sistem akar berkembang. Tanaman jagung akan membentuk batang yang kuat dan daun-daunnya akan tumbuh.</p><p><strong>Fase reproduktif:</strong> Tanaman memasuki fase reproduksi saat tumbuhnya tandan sari dan putik. Pada tanaman jagung, tandan sari adalah bulu-bulu kecil yang terdapat di ujung tangkai bunga yang nantinya akan menjadi bulir jagung.</p><p><strong>Pembuahan:</strong> Terjadi pembuahan antara serbuk sari dan putik untuk membentuk jagung.</p><p><strong>Pematangan:</strong> Jagung mulai membesar dan mengeras. Proses pematangan dimulai dari bagian bawah tongkol dan berlanjut ke bagian atas.</p><p><strong>Panen:</strong> Ketika jagung telah matang sepenuhnya, biasanya dilakukan panen untuk mengumpulkan hasilnya.</p><p>Selama proses ini, tanaman jagung membutuhkan nutrisi, air, dan cahaya matahari yang cukup untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Faktor-faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya juga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung melalui serangkaian tahapan yang meliputi:

Perkecambahan: Benih jagung menyerap air dan mulai menghasilkan akar dan tunas.

Fase vegetatif: Tanaman mengalami pertumbuhan vegetatif, di mana daun, batang, dan sistem akar berkembang. Tanaman jagung akan membentuk batang yang kuat dan daun-daunnya akan tumbuh.

Fase reproduktif: Tanaman memasuki fase reproduksi saat tumbuhnya tandan sari dan putik. Pada tanaman jagung, tandan sari adalah bulu-bulu kecil yang terdapat di ujung tangkai bunga yang nantinya akan menjadi bulir jagung.

Pembuahan: Terjadi pembuahan antara serbuk sari dan putik untuk membentuk jagung.

Pematangan: Jagung mulai membesar dan mengeras. Proses pematangan dimulai dari bagian bawah tongkol dan berlanjut ke bagian atas.

Panen: Ketika jagung telah matang sepenuhnya, biasanya dilakukan panen untuk mengumpulkan hasilnya.

Selama proses ini, tanaman jagung membutuhkan nutrisi, air, dan cahaya matahari yang cukup untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Faktor-faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya juga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung.

 

 

 


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

26 April 2024 23:23

Jawaban terverifikasi

<p>Pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung melalui beberapa tahap yang penting dalam siklus hidupnya. Berikut adalah gambaran umum mengenai pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung:</p><p><strong>Perkecambahan</strong>: Proses dimulai dengan bi-ji jagung yang berkecambah di tanah setelah ditanam. Akar pertama (akar embrionik) tumbuh ke bawah ke dalam tanah, sementara tunas pertama (plumula) tumbuh ke atas menuju permukaan tanah.</p><p><strong>Pertumbuhan Vegetatif</strong>: Setelah perkecambahan, tanaman jagung mengalami pertumbuhan vegetatif yang cepat. Pada tahap ini, tanaman fokus pada pengembangan daun dan batang. Daun yang baru terbentuk akan memperluas area permukaan tanaman untuk menangkap sinar matahari guna fotosintesis.</p><p><strong>Pembentukan Malai (Tongkol)</strong>: Seiring pertumbuhan, tanaman jagung membentuk tongkol yang berisi ratusan butir jagung. Proses pembentukan tongkol dimulai dari perkecambahan malai, diikuti oleh pembentukan malai yang sebenarnya, kemudian pertumbuhan butiran jagung di dalamnya.</p><p><strong>Pembungaan</strong>: Tahap pembungaan terjadi ketika tanaman mulai menghasilkan bunga jantan (sari-sari) dan bunga betina (bulir). Bunga betina terletak di telinga jagung, yang merupakan bagian paling atas dari tanaman.</p><p><strong>Pembuahan</strong>: Jika serbuk sari (serbuk sari) dari bunga jantan jatuh ke silk (rumput) bunga betina dan mencapai ovum (sel telur), pembuahan akan terjadi. Setelah pembuahan, bi-ji jagung mulai berkembang di dalam bulir.</p><p><strong>Pematangan</strong>: Proses terakhir adalah pematangan tongkol dan bi-ji jagung. Tongkol akan mengalami pematangan secara bertahap, ditandai dengan perubahan warna dari hijau menjadi kuning atau kecokelatan tergantung pada varietasnya. Pada saat yang sama, bi-ji jagung di dalam tongkol juga akan berkembang dan matang.</p><p><br>&nbsp;</p>

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung melalui beberapa tahap yang penting dalam siklus hidupnya. Berikut adalah gambaran umum mengenai pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung:

Perkecambahan: Proses dimulai dengan bi-ji jagung yang berkecambah di tanah setelah ditanam. Akar pertama (akar embrionik) tumbuh ke bawah ke dalam tanah, sementara tunas pertama (plumula) tumbuh ke atas menuju permukaan tanah.

Pertumbuhan Vegetatif: Setelah perkecambahan, tanaman jagung mengalami pertumbuhan vegetatif yang cepat. Pada tahap ini, tanaman fokus pada pengembangan daun dan batang. Daun yang baru terbentuk akan memperluas area permukaan tanaman untuk menangkap sinar matahari guna fotosintesis.

Pembentukan Malai (Tongkol): Seiring pertumbuhan, tanaman jagung membentuk tongkol yang berisi ratusan butir jagung. Proses pembentukan tongkol dimulai dari perkecambahan malai, diikuti oleh pembentukan malai yang sebenarnya, kemudian pertumbuhan butiran jagung di dalamnya.

Pembungaan: Tahap pembungaan terjadi ketika tanaman mulai menghasilkan bunga jantan (sari-sari) dan bunga betina (bulir). Bunga betina terletak di telinga jagung, yang merupakan bagian paling atas dari tanaman.

Pembuahan: Jika serbuk sari (serbuk sari) dari bunga jantan jatuh ke silk (rumput) bunga betina dan mencapai ovum (sel telur), pembuahan akan terjadi. Setelah pembuahan, bi-ji jagung mulai berkembang di dalam bulir.

Pematangan: Proses terakhir adalah pematangan tongkol dan bi-ji jagung. Tongkol akan mengalami pematangan secara bertahap, ditandai dengan perubahan warna dari hijau menjadi kuning atau kecokelatan tergantung pada varietasnya. Pada saat yang sama, bi-ji jagung di dalam tongkol juga akan berkembang dan matang.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

kulit mengandung... sehingga dapat menghambat pertumbuhan mikroba pada pertahanan fisik imunitas tubuh kita

5

0.0

Jawaban terverifikasi