Cya C

17 Januari 2024 02:42

Iklan

Cya C

17 Januari 2024 02:42

Pertanyaan

bagaimana orang tua tunggal terutama ibu tunggal dapat membantu mengatasi dampak father hunger pada anak-anak mereka?

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

21

:

38

:

35

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

17 Januari 2024 04:17

Jawaban terverifikasi

<p>Father hunger adalah kondisi ketidakhadiran seorang ayah dalam kehidupan anak, yang dapat berdampak pada kehidupan anak hingga dewasa. Bagi seorang ibu tunggal, mengatasi dampak father hunger pada anak-anak mereka dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:</p><ol><li>Menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung: Ibu tunggal dapat menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak-anak mereka, baik secara fisik maupun emosional. Memberikan perhatian, kasih sayang, dan kehadiran yang konsisten dapat membantu mengurangi dampak father hunger pada anak-anak.</li><li>Membangun jaringan dukungan: Ibu tunggal dapat membangun jaringan dukungan yang kuat, baik dari keluarga, teman, maupun komunitas sekitar. Dukungan sosial ini dapat membantu mengisi kekosongan peran ayah dalam kehidupan anak-anak.</li><li>Mendukung perkembangan sosial dan emosional anak: Ibu tunggal dapat aktif terlibat dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional anak-anak mereka. Hal ini dapat dilakukan melalui pendekatan komunikasi yang terbuka, mendengarkan perasaan anak, dan memberikan pemahaman tentang peran ayah.</li><li>Memfasilitasi hubungan dengan figur laki-laki positif: Ibu tunggal dapat memfasilitasi anak-anak mereka untuk memiliki hubungan yang positif dengan figur laki-laki lain di sekitar mereka, seperti kakek, paman, atau mentor. Hal ini dapat membantu mengurangi dampak father hunger dan memberikan contoh peran laki-laki yang positif bagi anak-anak.</li></ol>

Father hunger adalah kondisi ketidakhadiran seorang ayah dalam kehidupan anak, yang dapat berdampak pada kehidupan anak hingga dewasa. Bagi seorang ibu tunggal, mengatasi dampak father hunger pada anak-anak mereka dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  1. Menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung: Ibu tunggal dapat menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak-anak mereka, baik secara fisik maupun emosional. Memberikan perhatian, kasih sayang, dan kehadiran yang konsisten dapat membantu mengurangi dampak father hunger pada anak-anak.
  2. Membangun jaringan dukungan: Ibu tunggal dapat membangun jaringan dukungan yang kuat, baik dari keluarga, teman, maupun komunitas sekitar. Dukungan sosial ini dapat membantu mengisi kekosongan peran ayah dalam kehidupan anak-anak.
  3. Mendukung perkembangan sosial dan emosional anak: Ibu tunggal dapat aktif terlibat dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional anak-anak mereka. Hal ini dapat dilakukan melalui pendekatan komunikasi yang terbuka, mendengarkan perasaan anak, dan memberikan pemahaman tentang peran ayah.
  4. Memfasilitasi hubungan dengan figur laki-laki positif: Ibu tunggal dapat memfasilitasi anak-anak mereka untuk memiliki hubungan yang positif dengan figur laki-laki lain di sekitar mereka, seperti kakek, paman, atau mentor. Hal ini dapat membantu mengurangi dampak father hunger dan memberikan contoh peran laki-laki yang positif bagi anak-anak.

Iklan

Ruth A

18 Januari 2024 01:29

Jawaban terverifikasi

<p>1. Pemahaman dan Penerimaan terhadap Kondisi Pribadi</p><p>&nbsp;</p><p>2. Menghadirkan Sosok Pengganti</p><p>Menghadirkan sosok pengganti bukan berarti setiap perempuan yang berpisah dari suaminya harus menikah lagi.</p><p>Sosok pengganti ini bukan berarti mengganti kedudukan ayah yang sebelumnya dikenal oleh anak, ayah tetap akan menjadi ayah meskipun tidak bersama lagi.</p><p>Anak mungkin bisa belajar banyak hal tentang memasak pada ibunya.Sosok pengganti di sini bisa kakek, paman, kakak laki-laki, atau guru mereka di sekolah, atau biasa siapa saja yang kita percaya untuk membantu mengisi sisi maskulin bagi anak.</p><p>3. Mengubah Kondisi Negatif dengan Tindakan Positif</p><p>John Afifi dalam buku Mengubah Energi Negatif menjadi Positif (Diva Press 2012) menulis beberapa hal tentang bagaimana menciptakan kepribadian positif dalam kondisi (mengalami) situasi negatif atau tidak menguntungkan.</p><p>Beberapa hal yang disarankan John adalah berserah diri pada Tuhan, berpegang teguh pada nilai-nilai luhur, memiliki jiwa pembelajar, pantang menyerah dan selalu berusaha mencari solusi.</p>

1. Pemahaman dan Penerimaan terhadap Kondisi Pribadi

 

2. Menghadirkan Sosok Pengganti

Menghadirkan sosok pengganti bukan berarti setiap perempuan yang berpisah dari suaminya harus menikah lagi.

Sosok pengganti ini bukan berarti mengganti kedudukan ayah yang sebelumnya dikenal oleh anak, ayah tetap akan menjadi ayah meskipun tidak bersama lagi.

Anak mungkin bisa belajar banyak hal tentang memasak pada ibunya.Sosok pengganti di sini bisa kakek, paman, kakak laki-laki, atau guru mereka di sekolah, atau biasa siapa saja yang kita percaya untuk membantu mengisi sisi maskulin bagi anak.

3. Mengubah Kondisi Negatif dengan Tindakan Positif

John Afifi dalam buku Mengubah Energi Negatif menjadi Positif (Diva Press 2012) menulis beberapa hal tentang bagaimana menciptakan kepribadian positif dalam kondisi (mengalami) situasi negatif atau tidak menguntungkan.

Beberapa hal yang disarankan John adalah berserah diri pada Tuhan, berpegang teguh pada nilai-nilai luhur, memiliki jiwa pembelajar, pantang menyerah dan selalu berusaha mencari solusi.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Cermati teks berikut! Semangat gotong royong Saat ini masyarakat tengah menghadapi cuaca ekstrim akibat musim pancaroba. Musim pancaroba adalah perallihan dari musim panas ke musim hujan, seperti terjadinya hujan deras yang disertai dengan petir dan angin kencang. Kondisi tersebut terjadi di berbagai daerah di indonesia. Bahkan ada beberapa daerah yang dilanda angin puting beliung. Bersyukur kejadian tersebut tidak menyebabkan jatuhnya korban jiwa walaupun kerugian materi yang diderita cukup besar. Tindakan warga sekitar sangat cepat, mereka segera membantu warga yang terkena dampak bencana. Mereka juga secara swadaya menyediakan bahan-bahan bangunan dan tenaga untuk memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak. Peran para pemuka agama juga cukup besar bagi warga yang terkena bencana, mereka memberikan bimbingan mental atau nasehat agar warga tetap tabah dan tidak patah semangat dalam menghadapi bencana tersebut. Mereka memotivasi warga agar dapat menghadapi bencana tersebut agar dapat bangkit dan segera melakukan tindakan- tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan ke kondisi semula atau bahkan menjadi lebih baik. Pihak pemerintah daerah juga melakukan berbagai upaya pertolongan, seperti pendirian posko pengungsian dan dapur umum serta penyediaan tenaga medis dan tenaga SAR untuk membantu warga yang terdampak. Pemerintah juga segera memperbaiki sarana dan prasarana umum yang rusak serta menyediakan bantuan untuk rekonstruksi rumah warga yang rusak. Berkat partisipasi dan tindakan cepat dari berbagai pihak tersebut, proses pemulihan lokasi bencana dapat berjalan dengan baik dan lancar. Wargapun dapat kembali beraktifitas seperti semula Berdasarkan teks semangat gotong royong, perhatikan paragraf pertama pada kalimat "Tindakan warga sekitar sangat cepat, mereka segera membantu warga yang terkena dampak bencana. Mereka juga secara swadaya menyediakan bahan-bahan bangunan dan tenaga untuk memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak." Kalimat tersebut merupakan contoh dari tindakan sosial yaitu..... A. tindakan afektif B. tradisional C. berorientasi nilai D. rasional instrumental E. insidental

58

0.0

Jawaban terverifikasi

Kondisi kehidupan bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan belum stabil. Dibawah ini adalah penyabab ketidakstabilan kehidupan politik pada masa awal kemerdekaan, kecuali... A. Pertentangan antar partai B. Gangguan dari Belanda yang ingin berkuasa kembali C. Munculnya kesulitan ekonomi dan keuangan D. Terjadinya bentrokan antar etnis E. Munculnya gangguan keamanan dalam negeri 2. Pada tanggal 3 November 1945 diterbitkan maklumat pemerintah mengenai pendirian partai partai politik. Sebelum adanya maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945, Indonesia merencanakan satu partai tunggal yaitu... A. Masyumi D. PNI B. PKI E. NU C. PSI 3. Terbentuknya Kabinet Sjahrir tanggal 14 November 1945 merupakan suatu bentuk penyelewengan pertama pemerintah RI terhadap UUD 1945. Sejak tanggal 14 November 1945 Indonesia menganut sistem pemerintahan... A. Presidensial B. Liberalisme C. Parlementer D. Terpimpin E. Aristokrasi 4. Berdirinya partai partai politik telah mendorong Sutan Sjahrir yang berasal dari partai Sosialis untuk menghidupkan bentuk pemerintahan dengan cabinet parlementer. Hal ini dilakukan dengan alasan... A. agar perjuangan bangsa Indonesia mendapat dukungan dari negara negara barat B. mengikuti arus perpolitikan Indonesia yang mulai berkembang C. sesuai dengan perkembangan ideology di Indonesia D. sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 E. permintaan dari Presiden Soekarno. 5. Pada masa awal kemerdekaan, system pemerintahan berubah dari presidensial menjadi parlementer. Salah satu alasan dan pertimbangan perubahan system pemerintahan dari presidensial ke parlementer pada awal kemerdekaan adalah... A. Demokrasi bisa segera ditegakkan secara benar B. Parlementer sangat cocok untuk bangsa Indonesia C. Presidensial tidak sesuai dengan Indonesia yang multi etnis. D. Presidensial terlalu sulit untuk diterapkan dalam pemerintahan E. Mempermudah perundingan dengan Belanda 6. Sampai dengan awal tahun 1946, keadaan ibu kota Jakarta semakin kacau. Pemerintah terus didesak dan diteror oleh pemerintah asing.Pada saat ibukota dipindahkan ke Yogyakarta, Perdana Menteri Sjahrir masih berkedudukan di Jakarta untuk... A. menghadapi terror Belanda B. menjalankan roda pemerintahan dari pusat C. menghimpun kekuatan menghadapi Belanda D. menciptakan pemerintahan tandingan E. mengadakan hubungan dengan luar negeri 7. Kondisi kehidupan ekonomi bangsa Indonesia pada awal kemerdekaan tidak stabil. Keadaan ekonomi pada awal kemerdekaan mengalami kekacauan, salah satu factor penyebab antara lain... A. Adanya Blokade ekonomi oleh Belanda B. Rakyat Indonesia hanya mengandalkan pendapatan dalam pertanian . C. Banyaknya investor asing yang mengintervensi perekonomian Indonesia D. Rendahnya sumber daya manusia Indonesia dalam perekonomian E. Sering terjadi konflik horizontal dalam negeri Indonesia 8. Kondisi kehidupan ekonomi pada masa awal kemerdekaan tidak stabil karena terjadi inflasi. Terjadinya inflasi pada masa awal kemerdekaan disebabkan oleh... A. Indonesia belum memiliki mata uang yang sah B. Tentara Jepang masih menguasai sebagian besar sector ekonomi C. Terjadinya pertempuran pertempuran diberbagai daerah. D. Peredaran mata uang Jepang yang belum terkendali E. Munculnya perusahaan perusahaan asing milik Belanda 9. Indonesia harus dapat mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapi pada masa awal kemerdekaan. Salah satu upaya bangsa Indonesia dalam melakukan perbaikan ekonomi pada awal kemerdekaan dilakukan dengan cara ... A. Menaikkan pajak dan bea Cukai B. Meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan untuk diekspor C. Mengeluarkan mata uang sendiri (ORI) D. Mengisi kas pemerintah yang kosong E. Mengedarkan uang secara besar besaran. 10. Salah satu penyebab kacaunya kondisi perekonomian Indonesia pada masa awal kemerdekaan karena kas negara kosong. Upaya pemerintah Republik Indonesia mengisi kas negara yang kosong pada awal Kemerdekaan adalah ... A. Menasionalisasi De Javasche Bank B. Membuat kebijakan Gunting Syafruddin C. Mendevaluasi mata uang rupiah D. Sistim ekonomi Gerakan Benteng E. Menyelenggarakan pinjaman Nasional

162

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Teks 1 Salah Kelas Pagi itu, Joni nampak bahagia sekali. Di meja makan, ibunya bertanya kepada Joni. "Jon, Ibu perhatikan dari tadi kamu senyum-senyum sendiri?" "Anu, Bu, semalam ibu wali kelas membagikan jadwal tatap muka terbatas. Senang rasanya karena besok aku bisa bertemu teman-teman. Belajar daring di rumah membosankan, Bu. Apalagi kalau zoom meeting Matematika." "Memangnya kenapa kalau Matematika, Jon?" Ibu bertanya kembali. "Gurunya galak, Bu, materinya juga susah, wong diajarkan di kelas saja masih susah pahamnya, apalagi daring," jawab Joni. "Oh, begitu," Ibu menimpali. "Ya sudah, Bu. Joni pamit, ya." Joni langsung pergi sambil mencium tangan ibunya. Sekolah sudah nampak ramai. Joni berjalan sambil sesekali melihat jadwal mapel yang dibagikan wali kelasnya. Lalu, dia segera masuk kelas dan ternyata sudah ada guru di dalam kelas. "Selamat pagi, Pak. Maaf, saya terlambat." "Selamat pagi juga, Nak, silakan duduk," sahut Pak Guru. Joni langsung mencari kursi dan duduk tanpa melihat kanan kiri. Saat mengeluarkan buku catatan, Joni mengedarkan pandangannya dan langsung kaget. Semua seperti asing. Dia seperti tidak mengenali teman sekelasnya, apalagi semuanya memakai masker. Dia berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa mereka adalah teman kelasnya. Tidak berapa lama, Joni kaget ketika melihat ke papan tulis Pak Guru sedang menjelaskan soal Matematika, padahal seingatnya jadwal pagi itu adalah Bahasa Indonesia. "Astaga, ini kan kelasku satu tahun yang lalu, ini kan kelas satu. Sekarang kan aku sudah naik kelas dua." Keringat dingin keluar di wajah Joni, lalu dia memberanikan diri menemui Pak Guru. "Maaf, Pak, karena sudah satu tahun daring, saya lupa kalau sekarang saya sudah kelas dua. Saya salah masuk kelas, Pak." Semua peserta didik pun tertawa. Dengan wajah malu, Joni keluar kelas. Teks 2 PKH Pada suatu hari, dua orang ibu rumah tangga sedang berbincang-bincang di depan rumah. Mereka sedang asyik membahas tentang bantuan pemerintah yang dinamakan PKH. Bu Tuti : Mar, aku semakin heran dengan pemerintah sekarang. Bu Marni Loh, kenapa, Bu? Ada masalah? (penasaran) Bu Tuti : Ya jelas ada. Kalau enggak ada, buat apa saya repot-repot membahas masalah ini? Bu Marni: Oalah, Bu, sempat-sempatnya memikirkan pemerintah, memangnya pemerintah memikirkan nasib kita? Bu Tuti : Jangan salah. Tuh, lihat tetangga sebelah kita. Dia dapat bantuan dari pemerintah. Setiap bulan, dia rutin mengambil sembako di warung dekat balai desa sana. Bu Marni Masa? Enggak salah, sampeyan, Bu? Dia, kan, lumayan mampu. Lihat saja, kulkas ada, mesin cuci punya, motor dua, kalau pergi perhiasannya selalu menempel di tangannya. Benar enggak salah, Bu? (sedikit tidak percaya) Bu Tuti : Nah, itu yang membuat saya bingung. Kenapa dia dapat bantuan? Padahal, kalau dipikir, dia tergolong keluarga mampu. Coba kita bandingkan dengan tetangga kita yang lain. Ada yang jauh lebih berhak mendapatkan bantuan itu sebenarnya. Bu Marni : Iya betul Bu. Ngomong-ngomong, bantuan apa yang bisa dia dapat, Bu? Bu Tuti Bu Marni: Masa kamu enggak tahu? Itu, loh, bantuan PKH. Oh, yang rumahnya ditempeli stiker "Keluarga Miskin" itu, to? Bu Tuti Nah, itu kamu tahu, Mar. (mengacungkan jempol kepada Bu Marni) Bu Marni Bu Tuti Ya tahu lah, Bu. Apa, sih, yang tidak saya ketahui? Mar, PKH itu apa, to? (penasaran) Bu Marni Program Keluarga Harapan. Bu Tuti : Harapan apa? Bu Marni Harapan biar dikasih sembako tiap bulan, ha...ha...ha... Bu Tuti : Ngawur kamu, Mar. Tulislah persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut

12

0.0

Jawaban terverifikasi

Tentukan mana yang merupakan struktur abstraksi,orientasi,krisis,reaksi,dan koda Teks 1 Racun Serangga Alkisah hiduplah sepasang suami istri dengan dua orang anaknya. Setiap pagi kedua anak tersebut pergi berkebun untuk membantu orang tuanya. Namun, tiba-tiba mereka berdua pulang ke rumah dengan tergesa-gesa. Kakak: "Bu, Ibu tolong bu, gawat ini adik menelan kecoa!" Ibu: "Astaga, kok bisa sih kak? Gimana ceritanya? Ayo cepat panggil Bapak suruh bawa dokter ke sini!" Kakak: "Jangan bu, malah tambah gawat nanti. Sebentar lagi kecoanya juga mati." Ibu: "Lho, kok bisa gitu kak?" Kakak: "Iya bu, soalnya adik sudah aku kasih racun serangga bu. Di botolnya kan ada tulisan "dapat membunuh serangga ekstra cepat." Ibu: "Astagfirullah, sembrono kamu!" Kakak: (bingung) Ibu: "Pak, Bapak anak kita makan kecoa." (sambil berlari mencari suaminya). Kakak: (masih tetap bingung) ------------------------------- Teks 2 Tukang roti Pada Pagi hari Azril duduk di teras rumahnya sembari menunggu tukang roti yang biasa lewat. Begitu tukang roti lewat Azril lantas memanggil sang penjual. Azril: "Beli rotinya, Pak." Tukang Roti: "Boleh silahkan mau roti yang mana." Azril: "Ini apa, Pak?" Tukang Roti: "Ini semangka." Azril: "Kalau yang ini apa?" Tukang Roti: "Srikaya." Azril: "Terus ini apa, Bang?" Tukang Roti: "Oh...kalau ini blueberry, dek." Azril: "Gimana sih, terus rotinya mana? Saya mau beli roti bukan buah, kok daritadi yang disebut buah-buahan aja. Gak jadi beli deh saya kalau gini." Tukang Roti: "Yang saya sebut tuh rasa rotinya!" Azril: "Gak jadi, deh!"

7

5.0

Jawaban terverifikasi