Kei K

12 Juni 2024 07:06

Iklan

Iklan

Kei K

12 Juni 2024 07:06

Pertanyaan

Bagaimana cara kerja panel surya jelaskan

Bagaimana cara kerja panel surya jelaskan


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

12 Juni 2024 11:04

Jawaban terverifikasi

<p>Sederhananya, ketika sel surya menyerap cahaya, maka akan ada pergerakan antara elektron di sisi positif dan negatif. Adanya pergerakan ini menciptakan arus listrik sehingga dapat digunakan sebagai energi bagi alat-alat elektronik.</p><p>Bagaimana cara menyimpan energi dari panel surya?&nbsp;</p><p>Penyimpanan energi panel surya seringkali disimpan dengan menggunakan baterai. Baterai ini dapat mencakup baterai timbal-asam, baterai nikel-kadmium, baterai litium-ion, dan baterai aliran.</p><p><strong>Berikut ini adalah cara pemanfaatan energi tenaga surya:</strong></p><ol><li>Penyedia <strong>Energi</strong> Untuk Peralatan Elektronik.</li><li>Penyedia <strong>Energi</strong> Listrik Untuk Perkantoran Maupun Pabrik.&nbsp;</li><li>Mengalirkan Listrik ke Fasilitas Umum.&nbsp;</li><li>Penerangan Desa.</li></ol><p>PLTS adalah sistem pembangkit listrik yang energinya bersumber dari radiasi matahari, melalui konversi sel fotovoltaik. Sistem fotovoltaik mengubah radiasi sinar matahari menjadi listrik. Semakin tinggi intensitas radiasi matahari yang mengenai sel fotovoltaik, maka semakin tinggi daya listrik yang dihasilkannya.</p>

Sederhananya, ketika sel surya menyerap cahaya, maka akan ada pergerakan antara elektron di sisi positif dan negatif. Adanya pergerakan ini menciptakan arus listrik sehingga dapat digunakan sebagai energi bagi alat-alat elektronik.

Bagaimana cara menyimpan energi dari panel surya? 

Penyimpanan energi panel surya seringkali disimpan dengan menggunakan baterai. Baterai ini dapat mencakup baterai timbal-asam, baterai nikel-kadmium, baterai litium-ion, dan baterai aliran.

Berikut ini adalah cara pemanfaatan energi tenaga surya:

  1. Penyedia Energi Untuk Peralatan Elektronik.
  2. Penyedia Energi Listrik Untuk Perkantoran Maupun Pabrik. 
  3. Mengalirkan Listrik ke Fasilitas Umum. 
  4. Penerangan Desa.

PLTS adalah sistem pembangkit listrik yang energinya bersumber dari radiasi matahari, melalui konversi sel fotovoltaik. Sistem fotovoltaik mengubah radiasi sinar matahari menjadi listrik. Semakin tinggi intensitas radiasi matahari yang mengenai sel fotovoltaik, maka semakin tinggi daya listrik yang dihasilkannya.


Iklan

Iklan

Fahri J

13 Juni 2024 06:46

Jawaban terverifikasi

Panel surya bekerja dengan memanfaatkan efek fotolistrik, yaitu fenomena di mana cahaya dapat melepaskan elektron dari permukaan material tertentu. Berikut penjelasan detailnya: **1. Cahaya Matahari Menyerap ke Sel Surya:** * Panel surya terdiri dari banyak sel surya yang terbuat dari bahan semikonduktor, biasanya silikon. * Ketika cahaya matahari mengenai sel surya, foton (partikel cahaya) menyerap energi dari cahaya tersebut. **2. Elektron Terlepas:** * Energi yang diserap foton cukup untuk melepaskan elektron dari atom silikon dalam sel surya. * Elektron-elektron ini kemudian menjadi bebas bergerak di dalam material semikonduktor. **3. Arus Listrik Terbentuk:** * Sel surya dirancang dengan lapisan-lapisan berbeda yang menciptakan medan listrik internal. * Medan listrik ini mendorong elektron yang terlepas untuk bergerak ke arah tertentu, menciptakan arus listrik. * Arus listrik ini mengalir melalui rangkaian eksternal, seperti lampu atau perangkat elektronik. **4. Konversi Energi:** * Panel surya mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. * Proses ini disebut konversi energi fotovoltaik. **5. Efisiensi:** * Efisiensi panel surya mengacu pada seberapa baik mereka mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. * Efisiensi panel surya modern berkisar antara 15% hingga 20%. **Secara singkat, proses kerja panel surya dapat dijelaskan sebagai berikut:** * Cahaya matahari mengenai sel surya. * Foton menyerap energi dan melepaskan elektron. * Elektron bergerak melalui medan listrik internal. * Arus listrik dihasilkan dan mengalir melalui rangkaian eksternal. **Keuntungan Panel Surya:** * Energi terbarukan dan ramah lingkungan. * Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca. * Dapat digunakan di berbagai lokasi, termasuk daerah terpencil. * Biaya operasional rendah setelah instalasi. **Kekurangan Panel Surya:** * Biaya instalasi awal yang tinggi. * Ketergantungan pada cuaca dan waktu siang hari. * Luas lahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi yang signifikan. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami cara kerja panel surya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan enzim dan metabolisme sel

6

0.0

Jawaban terverifikasi