Nabila F

25 Maret 2024 07:05

Iklan

Iklan

Nabila F

25 Maret 2024 07:05

Pertanyaan

bagaimana aliran materi dalam rantai makanan? bantu jawab segera

bagaimana aliran materi dalam rantai makanan?

bantu jawab segera


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:09

Jawaban terverifikasi

<p><br>Aliran materi dalam rantai makanan mengikuti pola yang dikenal sebagai aliran energi trofik. Aliran materi dimulai dengan produsen, yang biasanya merupakan tumbuhan hijau atau organisme autotrof lainnya yang dapat melakukan fotosintesis dan memproduksi makanan sendiri dari energi matahari. Energi dan materi organik dipindahkan dari produsen ke konsumen primer, seperti hewan pemakan tumbuhan (herbivora), yang mengkonsumsi produsen. Kemudian, materi dan energi tersebut bergerak ke konsumen sekunder, yang memakan konsumen primer, dan seterusnya ke tingkat trofik yang lebih tinggi, seperti konsumen tersier.</p><p>Dalam rantai makanan, setiap tingkat trofik disebut sebagai pengguna energi yang lebih tinggi, dan materi organik dan energi mengalir melalui rantai makanan saat organisme tersebut dimakan oleh organisme tingkat trofik yang lebih tinggi. Saat organisme mati, baik karena kematian alami atau pemangsaan, materi organiknya terurai oleh pengurai seperti bakteri dan fungi dalam proses dekomposisi. Hasil dekomposisi tersebut kemudian digunakan kembali oleh produsen sebagai sumber nutrisi, menutup siklus aliran materi dalam ekosistem.</p>


Aliran materi dalam rantai makanan mengikuti pola yang dikenal sebagai aliran energi trofik. Aliran materi dimulai dengan produsen, yang biasanya merupakan tumbuhan hijau atau organisme autotrof lainnya yang dapat melakukan fotosintesis dan memproduksi makanan sendiri dari energi matahari. Energi dan materi organik dipindahkan dari produsen ke konsumen primer, seperti hewan pemakan tumbuhan (herbivora), yang mengkonsumsi produsen. Kemudian, materi dan energi tersebut bergerak ke konsumen sekunder, yang memakan konsumen primer, dan seterusnya ke tingkat trofik yang lebih tinggi, seperti konsumen tersier.

Dalam rantai makanan, setiap tingkat trofik disebut sebagai pengguna energi yang lebih tinggi, dan materi organik dan energi mengalir melalui rantai makanan saat organisme tersebut dimakan oleh organisme tingkat trofik yang lebih tinggi. Saat organisme mati, baik karena kematian alami atau pemangsaan, materi organiknya terurai oleh pengurai seperti bakteri dan fungi dalam proses dekomposisi. Hasil dekomposisi tersebut kemudian digunakan kembali oleh produsen sebagai sumber nutrisi, menutup siklus aliran materi dalam ekosistem.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

31 Maret 2024 14:24

Jawaban terverifikasi

<p>Aliran materi dalam rantai makanan mengikuti pola tertentu yang disebut sebagai transfer energi dan nutrisi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya dalam suatu ekosistem. Proses ini terjadi melalui konsumsi dan pemrosesan organisme oleh organisme lainnya. Berikut adalah gambaran umum tentang aliran materi dalam rantai makanan:</p><p><strong>Produsen</strong>: Produsen adalah organisme autotrof yang mampu menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis atau kemosintesis. Mereka mengubah energi matahari menjadi energi kimia yang tersimpan dalam bentuk glukosa. Contohnya adalah tumbuhan hijau.</p><p><strong>Konsumen Primer</strong>: Konsumen primer adalah organisme herbivora yang memakan produsen untuk mendapatkan energi dan nutrisi. Mereka merupakan tingkat trofik kedua dalam rantai makanan. Contohnya adalah hewan pemakan tumbuhan seperti kelinci, kambing, dan belalang.</p><p><strong>Konsumen Sekunder</strong>: Konsumen sekunder adalah organisme karnivora yang memakan konsumen primer. Mereka mendapatkan energi dan nutrisi dari memangsa hewan herbivora. Contohnya adalah burung pemangsa, tikus hutan, dan serangga pemangsa.</p><p><strong>Konsumen Tersier</strong>: Konsumen tersier adalah organisme karnivora yang memakan konsumen sekunder. Mereka merupakan tingkat trofik tertinggi dalam rantai makanan. Contohnya adalah harimau, singa, dan burung elang.</p><p><strong>Dekomposer</strong>: Dekomposer adalah organisme yang memecah bahan organik mati menjadi sumber nutrisi yang dapat diserap kembali oleh produsen. Mereka memainkan peran penting dalam daur ulang nutrisi di ekosistem. Contohnya adalah bakteri, jamur, dan beberapa jenis serangga.</p><p>Aliran materi dalam rantai makanan dimulai dari produsen, yang kemudian dikonsumsi oleh konsumen primer, konsumen sekunder, dan seterusnya, hingga akhirnya mencapai dekomposer yang mengurai sisa-sisa organisme mati menjadi bentuk yang dapat digunakan kembali oleh produsen. Proses ini membentuk jaring makanan yang kompleks dalam suatu ekosistem, yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan keberlangsungan ekosistem tersebut.</p>

Aliran materi dalam rantai makanan mengikuti pola tertentu yang disebut sebagai transfer energi dan nutrisi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya dalam suatu ekosistem. Proses ini terjadi melalui konsumsi dan pemrosesan organisme oleh organisme lainnya. Berikut adalah gambaran umum tentang aliran materi dalam rantai makanan:

Produsen: Produsen adalah organisme autotrof yang mampu menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis atau kemosintesis. Mereka mengubah energi matahari menjadi energi kimia yang tersimpan dalam bentuk glukosa. Contohnya adalah tumbuhan hijau.

Konsumen Primer: Konsumen primer adalah organisme herbivora yang memakan produsen untuk mendapatkan energi dan nutrisi. Mereka merupakan tingkat trofik kedua dalam rantai makanan. Contohnya adalah hewan pemakan tumbuhan seperti kelinci, kambing, dan belalang.

Konsumen Sekunder: Konsumen sekunder adalah organisme karnivora yang memakan konsumen primer. Mereka mendapatkan energi dan nutrisi dari memangsa hewan herbivora. Contohnya adalah burung pemangsa, tikus hutan, dan serangga pemangsa.

Konsumen Tersier: Konsumen tersier adalah organisme karnivora yang memakan konsumen sekunder. Mereka merupakan tingkat trofik tertinggi dalam rantai makanan. Contohnya adalah harimau, singa, dan burung elang.

Dekomposer: Dekomposer adalah organisme yang memecah bahan organik mati menjadi sumber nutrisi yang dapat diserap kembali oleh produsen. Mereka memainkan peran penting dalam daur ulang nutrisi di ekosistem. Contohnya adalah bakteri, jamur, dan beberapa jenis serangga.

Aliran materi dalam rantai makanan dimulai dari produsen, yang kemudian dikonsumsi oleh konsumen primer, konsumen sekunder, dan seterusnya, hingga akhirnya mencapai dekomposer yang mengurai sisa-sisa organisme mati menjadi bentuk yang dapat digunakan kembali oleh produsen. Proses ini membentuk jaring makanan yang kompleks dalam suatu ekosistem, yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan keberlangsungan ekosistem tersebut.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

dalam ekosistem laut, hiu merupakan predator puncak dalam rantai makanan. apa yang terjadi dalam ekosistem laut jika keberadaan hiu mengalami kepunahan?

8

5.0

Jawaban terverifikasi