Matahari M
26 Agustus 2022 12:15
Iklan
Matahari M
26 Agustus 2022 12:15
Pertanyaan
5
1
Iklan
A. Rahmawati
27 September 2022 04:51
Jawaban yang tepat adalah pilihan C.
Berikut adalah pembahasannya.
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis kalimat efektif.
1. Kehematan kata: kata yang digunakan dalam kalimat harus cermat, tidak boros, dan harus berhati-hati baik secara penggunaan kata maupun makna.
2. Ketepatan: informasi yang disampaikan harus sesuai dengan sasaran dan tidak menimbulkan makna ganda (ambigu), tidak jelas, dan membingungkan pembaca.
3. Kejelasan struktur: struktur dalam kalimat harus jelas dan lengkap strukturnya, minimal terdiri dari subjek dan predikat sehingga pembaca lebih mudah memahami isi dari kalimat tersebut.
4. Kesejajaran: struktur yang digunakan dalam kalimat harus paralel, sama, atau sederajat.
5. Ketegasan: informasi yang disampaikan dalam kalimat merupakan informasi inti saja, tidak berbelit, dan disampaikan secara sederhana.
Berikut analisis sesuai dengan teks tersebut.
1. Kata "tehnologi" termasuk ke dalam kata tidak baku. Kata baku untuk kata tersebut adalah "teknologi". Kata tersebut bermakna 'keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia'.
2. Kata "antar individu" termasuk ke dalam kata tidak baku. Kata baku untuk kata tersebut adalah "antarindividu" sebab kata "antar-" termasuk ke dalam bentuk terikat sehingga harus ditulis serangkai. Kata tersebut bermakna 'hubungan antara satu individu dengan individu lain'.
3. Kata "firtual" termasuk ke dalam kata tidak baku. Kata baku untuk kata tersebut adalah "virtual". Kata tersebut bermakna 'tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer'.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.
· 5.0 (1)
Iklan
Tanya ke AiRIS
Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

LATIHAN SOAL GRATIS!
Drill Soal
Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian


Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!