Farhan C

04 April 2022 23:08

Iklan

Iklan

Farhan C

04 April 2022 23:08

Pertanyaan

BACALAH TEKS BERIKUT INI Bapak-bapak dan Ibu-ibu, prasangka baik saya waktu itu bukannya mereka tidak memahami akan perlunya ketertiban berbahasa di lingkungan sekolah. Saya berkeyakinan bahwa doktrin tentang "berbahasa Indonesialah dengan baik dan benar" telah mereka peroleh jauh-jauh sebelumnya, sejak SMP atau bahkan sejak mereka SD. Saya melihat ketidakberesan mereka berbahasa, antara lain, disebabkan oleh kekurangwibawaan bahasa Indonesia itu sendiri di mata mereka. Ragam bahasa Indonesia ragam baku mereka anggap kurang asyik” dibandingkan dengan bahasa gaul, lebih-lebih dengan bahasa asing, baik itu dalam pergaulan ataupun ketika mereka sudah masuk dunia kerja. Tuntutan kehidupan modern telah membelokkan apresiasi para siswa itu terhadap bahasanya sendiri. Bahasa asing berkesan lebih bergengsi. Pelajaran bahasa Indonesia tak jarang ditanggapi dengan sikap sinis. Mereka merasa lebih asyik dengan mengikuti pelajaran bahasa Inggris atau mata kuliah lainnya. Kata "Mereka” pada paragraf tersebut bermaksana sama dengan kata .... A. Dia B. Siswa C. Generasi muda D. Anak-anak SD E. Siswa SMP


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rahmawati

05 April 2022 09:47

Jawaban terverifikasi

Halo Farhan C. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, kakak bantu jawab ya. Jawaban yang tepat adalah pilihan B. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya. Kata rujukan adalah kata yang digunakan untuk mengacu pada suatu hal untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. Berikut adalah beberapa penggunaan kata rujukan. 1. Kata yang digunakan untuk merujuk kepada orang, seperti orang pertama, orang kedua, atau orang ketiga. 2. Kata yang digunakan untuk menunjukkan jarak lokasi tersebut, seperti ini, itu, sana, sini, begini, dan begitu. Kata mereka termasuk ke dalam kata tujukan sehingga kita perlu menentukan kata tersebut merujuk pada kata yang mana. Kata tersebut merujuk pada "siswa". Hal tersebut ditandai dengan kalimat "Tuntutan kehidupan modern telah membelokkan apresiasi para siswa itu terhadap bahasanya sendiri." yang mengungkapkan rujukan dari kata "mereka", yaitu siswa. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

487

5.0

Jawaban terverifikasi