Rini P

13 Juni 2022 19:43

Iklan

Iklan

Rini P

13 Juni 2022 19:43

Pertanyaan

Bacalah teks berikut ini ! Alunan nada yang membentuk harmonisasi lagu menggema di halaman kampus Universitas Padjadjaran Jln. Dipati Ukur Bandung, Senin (27/8) siang. Lebih dari sepuluh ribu pasang tangan memainkan alat musik tradisional angklung dan memanjakan ribuan pasang telinga yang mendengarnya. Ribuan mahasiswa baru dan "civitas academica" Unpad memainkan alat musik tradisional angklung. Mereka begitu kompak. Permainan mereka begitu memukau para penonton. Acara yang merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-50 Unpad itu membuat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata ikut terpukau. Sumber: w ww.angklung-web- in stitute.com Teks di atas merupakan contoh laporan hasil observasi karena .... A. menceritakan suatu kegiatan B. menggunakan kata-kata sifat untuk suatu benda C. mengungkapkan pendapat penulisnya D. tidak berdasarkan imajinasi atau khayalan E. mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan


9

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

14 Juni 2022 06:00

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah E. Berikut penjelasannya. Teks laporan hasil observasi adalah teks berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang disusun dan didasarkan pada hasil pengamatan serta fakta yang ada. Ciri-ciri dari teks laporan hasil observasi, yaitu: 1. Bersifat informatif, komunikatif, dan objektif. 2. Objek yang dibahas adalah objek tunggal. 3. Ditulis secara lengkap dan sempurna. 4. Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan. 5. Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya. 6. Tidak mengandung prasangka/dugaan/pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat. 7. Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya. 8. Disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis. Berdasarkan penjelasan tersebut, teks di atas merupakan contoh laporan hasil observasi karena mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan, seperti yang terlihat pada kutipan "Alunan nada yang membentuk harmonisasi lagu menggema di halaman kampus Universitas Padjadjaran Jalan Dipati Ukur Bandung, Senin (27/8) siang." Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

607

5.0

Jawaban terverifikasi