Andy D

20 Agustus 2022 16:25

Iklan

Andy D

20 Agustus 2022 16:25

Pertanyaan

Bacalah teks berikut! (1) Rumput laut merupakan komoditas unggulan yang memiliki peluang paling besar untuk dapat mengatasi persoalan kemiskinan. (2) Komoditas ini juga diharapkan dapat menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang maju dan makmur. (3) Pernyataan tersebut berlandaskan pada enam alasan berikut. (4) Pertama, teknik produksi budi daya rumput laut relatif mudah dan murah, risiko gagal panen sangat rendah, produktivitas tinggi, dan panen bisa dilakukan setiap 45 hari. (5) Kedua, rumput laut dapat diproduksi secara massal dengan jumlah yang besar. (6) Ketiga, harga jual rumput laut kering cukup tinggi, sekitar Rp 5.000,00-15.000,00/kg (7) Keempat, rumput laut dapat dengan mudah diproses menjadi bahan jadi untuk industri farmasi, kosmetik, makanan dan minuman, serta beragam industri lainnya. (8) Kelima, pasar untuk rumput laut sangat besar dan terus meningkat. (9) Keenam, rumput laut dapat menyerap banyak tenaga kerja dan menciptakan lapangan kerja yang besar dan luas. (10) Istilah rumput laut lebih sering digunakan untuk alga merah dan alga cokelat. (11) Sebagai sumber alginat, maka alga cokelat banyak hidup di wilayah perairan dingin. (12) Ada beberapa jenis alga cokelat yang memiliki nilai ekonomis tinggi, yaitu Sargasum dan Laminaria. (13) Alga merah, sebagai sumber karagenan dan agar agar, banyak hidup di wilayah perairan tropis. (14) Alga merah memiliki nilai ekonomis lebih tinggi ketimbang alga cokelat. (15) Sebanyak 50% produksi rumput laut dunia berupa rumput laut cokelat, 33% rumput laut merah, dan 17% rumput laut hijau. (16) Pada 2007 produksi rumput laut merah dunia mencapai 5,9 juta ton. (17) Dibandingkan dengan tahun 2006, produksi 2007 mengalami peningkatan 11,5%. (18) Cina merupakan produsen rumput laut merah terbesar dunia dengan kontribusi sebesar 34%, disusul Indonesia 29%, lalu Pilipina 25%. (19) Hingga saat ini di Indonesia provinsi penghasil rumput laut terbesar adalah Sulsel, diikuti NTT, Sulteng, lalu Bali. (20) Berikut ini ditampilkan produksi rumput laut di beberapa provinsi di Indonesia. Tabel Produksi Rumput Laut Basah Menurut Provinsi Tahun 2006-2008 Apa gagasan utama paragraf pertama teks tersebut? A. Peluang rumput laut mengatasi persoalan kemiskinan. B. Prospek rumput laut sebagai komoditas unggulan. C. Penyerapan tenaga kerja melalui budi daya rumput laut. D. Upaya memakmurkan bangsa melalui budi daya rumput laut. E. Alasan pemberdayaan rumput laut sebagai komoditas unggul.

alt

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

01

:

38

:

05

Klaim

11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Asarotun

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

24 September 2022 03:32

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban : A. Peluang rumput laut mengatasi persoalan kemiskinan.</p><p>&nbsp;</p><p>Gagasan utama merupakan ide pokok atau pikiran utama yang menjadi dasar untuk mengembangkan sebuah paragraf.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Ciri-ciri gagasan utama adalah sebagai berikut:</p><p>1. Terletak di awal paragraf, akhir paragraf atau awal dan akhir paragraf.</p><p>2. Mengandung topik permasalahan</p><p>3. Dapat dijabarkan</p><p>4. Dapat berdiri sendiri</p><p>5. Memiliki makna yang jelas</p><p>6. Merupakan sebuah kesimpulan dari paragraf apabila terletak di akhir paragraf.</p><p>&nbsp;</p><p>Gagasan utama paragraf pertama terdapat pada kalimat utama yaitu "<i><strong>Rumput laut merupakan komoditas unggulan yang memiliki peluang paling besar untuk dapat mengatasi persoalan kemiskinan</strong></i>".</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, gagasan utama paragraf pertama adalah A. Peluang rumput laut mengatasi persoalan kemiskinan.</p>

Jawaban : A. Peluang rumput laut mengatasi persoalan kemiskinan.

 

Gagasan utama merupakan ide pokok atau pikiran utama yang menjadi dasar untuk mengembangkan sebuah paragraf. 

 

Ciri-ciri gagasan utama adalah sebagai berikut:

1. Terletak di awal paragraf, akhir paragraf atau awal dan akhir paragraf.

2. Mengandung topik permasalahan

3. Dapat dijabarkan

4. Dapat berdiri sendiri

5. Memiliki makna yang jelas

6. Merupakan sebuah kesimpulan dari paragraf apabila terletak di akhir paragraf.

 

Gagasan utama paragraf pertama terdapat pada kalimat utama yaitu "Rumput laut merupakan komoditas unggulan yang memiliki peluang paling besar untuk dapat mengatasi persoalan kemiskinan".

 

Dengan demikian, gagasan utama paragraf pertama adalah A. Peluang rumput laut mengatasi persoalan kemiskinan.


Iklan

Syukurman H

16 Agustus 2024 02:10

teks tersebut bertujuan untuk


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan