Rini P

26 Januari 2023 03:28

Iklan

Iklan

Rini P

26 Januari 2023 03:28

Pertanyaan

Bacalah penggalan kritik berikut! Sebagaimana sajak Diana dan Muhammad Koswara, sajak “Penantian” karya Tri Yulianti dan “Ingin Aku” karya Dewi Purwatiningsih melukiskan hal yang sama: penantian. “Aku lirik” dalam sajak Tri menanti seseorang yang telah lama menghilang, di tengah “bulan dan bintang” yang bersaksi, “di dalam bayang-bayang hitam”, dan “di dalam terangnya sinar bulan”. Untuk apa penantian itu, tidak lain tidak bukan untuk “satu jiwaku kan kuberikan/ hanya untuk dirimu”. (dari imaji ke bunyi, wan anwar) Kritik sastra di atas membahas tentang....


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Mulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

28 Februari 2023 15:11

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah sajak “Penantian” karya Tri Yulianti dan “Ingin Aku” karya Dewi Purwatiningsih memiliki pelukisan yang sama.</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut ini penjelasannya.</p><p>&nbsp;</p><p>Kritik sastra memungkinkan suatu karya dapat dianalisis, diklasifikasi dan akhirnya dinilai. Hal yang dibahas dalam kritik sastra adalah baik-buruknya suatu karya sastra.</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan hal tersbebut, kritik sastra di atas membahas tentang sajak “Penantian” karya Tri Yulianti dan “Ingin Aku” karya Dewi Purwatiningsih memiliki pelukisan yang sama.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah sajak “Penantian” karya Tri Yulianti dan “Ingin Aku” karya Dewi Purwatiningsih memiliki pelukisan yang sama.</p>

Jawaban yang benar adalah sajak “Penantian” karya Tri Yulianti dan “Ingin Aku” karya Dewi Purwatiningsih memiliki pelukisan yang sama.

 

Berikut ini penjelasannya.

 

Kritik sastra memungkinkan suatu karya dapat dianalisis, diklasifikasi dan akhirnya dinilai. Hal yang dibahas dalam kritik sastra adalah baik-buruknya suatu karya sastra.

 

Berdasarkan hal tersbebut, kritik sastra di atas membahas tentang sajak “Penantian” karya Tri Yulianti dan “Ingin Aku” karya Dewi Purwatiningsih memiliki pelukisan yang sama.

 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah sajak “Penantian” karya Tri Yulianti dan “Ingin Aku” karya Dewi Purwatiningsih memiliki pelukisan yang sama.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

89

5.0

Jawaban terverifikasi