Juliana I

26 Mei 2022 11:40

Iklan

Iklan

Juliana I

26 Mei 2022 11:40

Pertanyaan

Bacalah paragraf berikut! Isu hidupnya lembaga bredel dalam legislasi pers nasional kembali menghantui insan pers Indonesia. Beberapa kalangan mengaku telah menerima draft perubahan UU Pers yang di dalamnya konon antara lain memuat pengaturan mengenai bredel. Ketakutan akan kembalinya rezim otoriter yang menaburkan kritik dan membudayakan sensor, pembungkaman, serta pembutatulian warga kembali menyeruak. Tidak heran wacana yang hendak dimunculkannya kembali dibredel dalam pembaruan hukum pers yang sebenarnya masih dalam tataran isu menimbulkan gelombang penolakan. Boleh dikata tidak ada satu pun insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi di negeri ini yang mau lembaga bredel dihidupkan kembali. Eksisnya lembaga bredel dikhawatirkan memberi peluang bagi kekuasaan untuk secara. diskredit menghentikan operasi lembaga pers jika dianggap merongrong kewibawaan pemerintah. Pertanyaan mendasar yang layak dikemukakan adalah sejauh mana kekhawatiran akan kembalinya lembaga bredel harus diterima khususnya di era keterbukaan ini? Yang jelas, isu munculnya bredel di era kebebasan pers akan ditolak karena akan menghambat kreativitas insan pers. Simpulan isi teks terse but adalah .... A. Lembaga pers dan lembaga bredel seharusnya bekerja sama demi kemajuan, bangsa. B. Pemerintah memandang perlu adanya lembaga bredel untuk meredam pers yang kebablasan. C. Kehidupan pers di era keterbukaan ini lebih baik bebas dan rasa takut dan rasa khawatir. D. Rasa saling curiga antara pemerintah dan insan pers berdampak negatif pada arus informasi. E. Isu munculnya lembaga bredel di era kebebasan pers akan diolak karena menghambat eksistensi insan pers.


117

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Agus

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Ganesha

10 Agustus 2022 07:56

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah E. Isu munculnya lembaga bredel di era kebebasan pers akan diolak karena menghambat eksistensi insan pers. Simpulan adalah intisari dari sebuah bacaan atau teks. Untuk mengetahui simpulan dari sebuah teks maka kita harus membaca keseluruhan isi teks kemudian mencari inti sarinya. Teks di atas menceritakan tentang draft perubahan UU Pers yang di dalamnya konon antara lain memuat pengaturan mengenai bredel. Insan pers dan pegiat tidak akan ada yang mendapatkan hak atas kebebasan informasi di negeri ini apabila lembaga bredel dihidupkan kembali. Isu munculnya bredel di era kebebasan pers akan ditolak karena akan menghambat kreativitas insan pers. Jadi simpulan isi teks tersebut adalah isu munculnya lembaga bredel di era kebebasan pers akan diolak karena menghambat eksistensi insan pers. Kesimpulannya jawabannya E.


Iklan

Iklan

Bagas P

30 Mei 2023 00:41

Berikut ini yang membedakan penduduk dan bukan penduduk adalah …


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

455

5.0

Jawaban terverifikasi