Elizabeth I

04 Februari 2022 10:09

Iklan

Iklan

Elizabeth I

04 Februari 2022 10:09

Pertanyaan

bacalah kutipan cerpen berikut! "Bagaimana?" tanya lelaki itu sembari memegang megang tangkai vespa. "Rasanya kita belum pernah kenal", sahut beno berusaha menjaga jarak. "Hmm... memang benar." Orang itu tersenyum sambil memasukkan kedua tangannya ke dalam saku celananya. "Sudah saya duga, Anda tentu tidak mengenal saya, dan itu tidak penting. Tapi siapa sih yang tidak kenal dengan wartawan profesional dan tangguh mempertahankan idealisme seperti Anda?" Orang itu tersenyum dengan sudut bibirnya. Beno merasa tersindir. Terlebih ketika profesinya sebagai wartawan disinggung secara tidak hormat. "Jangan berbelit - belit. Kepentingan Anda apa?" Beno mencoba menampilkan keberaniannya. "Baik," sahutnya enteng. "To the point saja. Saya hanya minta agar Anda berhenti menulis tentang proyek Taman Wisata Gading Indah. Itu saja, dan kami sanggup menjamin kehidupan Anda beserta keluarga." "Lho, apa hak Anda melarang saya menulis. Memangnya Sampeyan itu redaktur saya?" Nilai moral dalam kutipan cerpan tersebut adalah... a. Melarang hak seseorang b. Mencampuri urusan orang c. Memberi uang suap d. Ramah terhadap orang lain e. Marah kepada orang lain


237

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Siregar

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

05 Februari 2022 00:03

Jawaban terverifikasi

Halo, Elizabeth I. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru :) Kakak bantu jawab, ya. Jawaban soal tersebut adalah C. Perhatikan penjelasan berikut, ya. Cerpen adalah bentuk karya sastra berupa prosa yang menggambarkan suatu tokoh serta lingkungannya, disertai berbagai permasalahan yang menimpa para tokoh tersebut serta bagaimana solusi untuk memecahkan permasalahan itu. Salah satu nilai yang terkandung dalam cerpen adalah nilai moral. Nilai moral, yaitu nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita dan berkaitan dengan akhlak atau etika yang berlaku di dalam masyarakat. Di dalam suatu cerpen, nilai moral bisa menjadi suatu nilai yang baik ataupun nilai yang buruk. Berdasarkan penjelasan tersebut, nilai moral dalam cerpen di atas adalah memberi suap. Hal ini ditunjukkan oleh tokoh lelaki dalam kutipan ""Baik," sahutnya enteng. "To the point saja. Saya hanya minta agar Anda berhenti menulis tentang proyek Taman Wisata Gading Indah. Itu saja, dan kami sanggup menjamin kehidupan Anda beserta keluarga."" Lelaki itu mencoba memberi suap pada Beno asalkan Beno berhenti menulis tentang Proyek Taman Wisata Gading Indah. Nilai moral ini masih sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari terlebih bagi seseorang yang merasa memiliki kekuasaan tinggi untuk melancarkan rencananya dengan cara memberi suap kepada pihak yang dirasa menghalangi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

984

5.0

Jawaban terverifikasi