Raziq D

09 Maret 2024 00:37

Iklan

Iklan

Raziq D

09 Maret 2024 00:37

Pertanyaan

Apakah kalimat yang berisi kata bermakna konotatif termasuk kalimat efektif? Jelaskan dan berikan contoh!

Apakah kalimat yang berisi kata bermakna konotatif termasuk kalimat efektif? Jelaskan dan berikan contoh!


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Maret 2024 10:24

Jawaban terverifikasi

<p>Kalimat yang berisi kata-kata dengan makna konotatif dapat menjadi efektif dalam menyampaikan nuansa, emosi, atau nilai tambahan. Konotasi merujuk pada aspek emosional, berlawanan dengan denotasi yang hanya menyampaikan makna literal.</p><p>Contoh kalimat efektif dengan makna konotatif:</p><p><strong>Kalimat:</strong> "Pemimpin tersebut memiliki wibawa yang menjalar di setiap keputusannya."</p><p><strong>Penjelasan:</strong> Dalam kalimat ini, kata "menjalar" memiliki konotasi positif, menggambarkan pengaruh pemimpin yang tidak hanya kuat, tetapi juga mampu meresap dan memengaruhi berbagai aspek. Hal ini menciptakan gambaran yang kaya akan karakter pemimpin tersebut.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Kalimat yang berisi kata-kata dengan makna konotatif dapat menjadi efektif dalam menyampaikan nuansa, emosi, atau nilai tambahan. Konotasi merujuk pada aspek emosional, berlawanan dengan denotasi yang hanya menyampaikan makna literal.

Contoh kalimat efektif dengan makna konotatif:

Kalimat: "Pemimpin tersebut memiliki wibawa yang menjalar di setiap keputusannya."

Penjelasan: Dalam kalimat ini, kata "menjalar" memiliki konotasi positif, menggambarkan pengaruh pemimpin yang tidak hanya kuat, tetapi juga mampu meresap dan memengaruhi berbagai aspek. Hal ini menciptakan gambaran yang kaya akan karakter pemimpin tersebut.

 

 

 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Rencana pemerintah Indonesia untuk melakukan redenominasi mata uang rupiah, menuai pro dan kontra di masyarakat. Hal ini dikarenakan istilah redenominasi langsung dikaitkan dengan sanering, yaitu pemotongan nilai tukar uang. Redenominasi sangat berbeda dengan sanering. Redenominasi adalah penyederhanaan sebutan atau satuan harga rupiah tersebut, tanpa mengurangi uang RP. 1000,00 setelah diredenominasi akan menjadi RP. 1,00. Sementara sanering adalah pemotongan nilai mata uang yang tidak diikuti oleh penyederhanaan nilai barang. Dengan demikian, tidak ada yang perlu dikhawatirkan masyarakat, karena kebijakan meredenominasi rupiah adalah kebijakan yang tepat dan harus dilakukan oleh pemerintah. Jenis paragraf apakah itu? Sebutkan kalimat utama dan ide pokoknya!

4

3.0

Jawaban terverifikasi