Fadli P

24 Mei 2024 16:02

Iklan

Iklan

Fadli P

24 Mei 2024 16:02

Pertanyaan

Apabilia total arus masuk kas melebihi total arus keluar dalam laporan arus kas, bagaimana dan dimana kelebihan ini disajikan?

Apabilia total arus masuk kas melebihi total arus keluar dalam laporan arus kas, bagaimana dan dimana kelebihan ini disajikan?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Mei 2024 00:52

Jawaban terverifikasi

Penjelasan: Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang menunjukkan pergerakan kas dan setara kas selama periode tertentu. Laporan ini dibagi menjadi tiga aktivitas utama: 1. **Aktivitas Operasional:** Menunjukkan arus kas yang dihasilkan atau digunakan dari operasi bisnis utama perusahaan. 2. **Aktivitas Investasi:** Menunjukkan arus kas yang dihasilkan atau digunakan dari pembelian dan penjualan aset jangka panjang, seperti tanah, bangunan, dan peralatan. 3. **Aktivitas Pendanaan:** Menunjukkan arus kas yang dihasilkan atau digunakan dari aktivitas pendanaan, seperti penerbitan saham, pinjaman, dan pembayaran utang. Jika total arus masuk kas melebihi total arus keluar dalam laporan arus kas, maka perusahaan mengalami surplus kas. Surplus kas ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki lebih banyak kas yang masuk daripada yang keluar selama periode tersebut. Surplus kas ini akan ditampilkan dalam bagian "Arus Kas Neto" dari laporan arus kas. Arus Kas Neto adalah selisih antara total arus masuk kas dan total arus keluar kas. Jika Arus Kas Neto bernilai positif, maka perusahaan mengalami surplus kas. **Contoh:** Misalnya, sebuah perusahaan memiliki total arus masuk kas sebesar Rp100 juta dan total arus keluar kas sebesar Rp70 juta. Maka, Arus Kas Neto perusahaan tersebut adalah Rp30 juta (Rp100 juta - Rp70 juta). Ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki surplus kas sebesar Rp30 juta. Surplus kas ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk berbagai tujuan, seperti: * **Membayar utang:** Perusahaan dapat menggunakan surplus kas untuk melunasi utang yang ada. * **Investasi:** Perusahaan dapat menggunakan surplus kas untuk berinvestasi dalam aset baru atau proyek baru. * **Membayar dividen:** Perusahaan dapat menggunakan surplus kas untuk membayar dividen kepada pemegang saham. * **Meningkatkan likuiditas:** Perusahaan dapat menggunakan surplus kas untuk meningkatkan likuiditasnya, sehingga dapat memenuhi kewajiban keuangannya dengan lebih mudah. **Kesimpulan:** Jika total arus masuk kas melebihi total arus keluar dalam laporan arus kas, maka perusahaan mengalami surplus kas. Surplus kas ini akan ditampilkan dalam bagian "Arus Kas Neto" dari laporan arus kas. Surplus kas ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk berbagai tujuan, seperti membayar utang, berinvestasi, membayar dividen, atau meningkatkan likuiditas.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Mei 2024 20:32

<p>Jika total arus masuk kas (cash inflows) melebihi total arus keluar kas (cash outflows) dalam laporan arus kas, maka hasilnya adalah peningkatan bersih dalam kas dan setara kas selama periode tersebut. Kelebihan ini disajikan dalam bagian akhir laporan arus kas pada "Kas dan Setara Kas Akhir Periode."</p><p>Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan kelebihan ini dalam laporan arus kas:</p><p><strong>Jumlah Arus Kas Bersih dari Aktivitas Operasi:</strong> Menunjukkan jumlah kas bersih yang dihasilkan atau digunakan dari operasi bisnis utama.</p><p><strong>Jumlah Arus Kas Bersih dari Aktivitas Investasi:</strong> Menunjukkan jumlah kas bersih yang dihasilkan atau digunakan dari aktivitas investasi, seperti pembelian atau penjualan aset tetap.</p><p><strong>Jumlah Arus Kas Bersih dari Aktivitas Pendanaan:</strong> Menunjukkan jumlah kas bersih yang dihasilkan atau digunakan dari aktivitas pendanaan, seperti penerbitan saham atau pembayaran dividen.</p><p><strong>Penjumlahan Arus Kas Bersih:</strong> Jumlah dari ketiga aktivitas di atas untuk mendapatkan total arus kas bersih selama periode tersebut.</p><p><strong>Kas dan Setara Kas Awal Periode:</strong> Saldo kas dan setara kas pada awal periode.</p><p><strong>Kas dan Setara Kas Akhir Periode:</strong> Menambahkan arus kas bersih ke kas dan setara kas awal periode untuk mendapatkan saldo kas dan setara kas pada akhir periode.</p><p>Contoh format sederhana untuk menyajikan kelebihan kas ini adalah sebagai berikut:</p><p><strong>Laporan Arus Kas</strong></p><p><strong>DeskripsiJumlah (Rp)</strong></p><p><strong>Arus Kas dari Aktivitas Operasi</strong></p><p>Penerimaan Kas dari Pelanggan</p><p>X</p><p>Pembayaran Kas kepada Pemasok</p><p>(Y)</p><p>Pembayaran Kas kepada Karyawan</p><p>(Z)</p><p><strong>Arus Kas Bersih dari Aktivitas Operasi</strong></p><p>A</p><p><strong>Arus Kas dari Aktivitas Investasi</strong></p><p>Pembelian Aset Tetap</p><p>(B)</p><p>Penjualan Aset Tetap</p><p>C</p><p><strong>Arus Kas Bersih dari Aktivitas Investasi</strong></p><p>D</p><p><strong>Arus Kas dari Aktivitas Pendanaan</strong></p><p>Penerimaan dari Penerbitan Saham</p><p>E</p><p>Pembayaran Dividen</p><p>(F)</p><p><strong>Arus Kas Bersih dari Aktivitas Pendanaan</strong></p><p>G</p><p><strong>Total Arus Kas Bersih</strong></p><p>H</p><p><strong>Kas dan Setara Kas Awal Periode</strong></p><p>I</p><p><strong>Kas dan Setara Kas Akhir Periode</strong></p><p>I + H</p><p>Di sini, H adalah total arus kas bersih yang merupakan selisih antara total arus masuk dan total arus keluar kas, yang akan ditambahkan ke saldo kas awal (I) untuk mendapatkan saldo kas akhir (I + H).</p>

Jika total arus masuk kas (cash inflows) melebihi total arus keluar kas (cash outflows) dalam laporan arus kas, maka hasilnya adalah peningkatan bersih dalam kas dan setara kas selama periode tersebut. Kelebihan ini disajikan dalam bagian akhir laporan arus kas pada "Kas dan Setara Kas Akhir Periode."

Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan kelebihan ini dalam laporan arus kas:

Jumlah Arus Kas Bersih dari Aktivitas Operasi: Menunjukkan jumlah kas bersih yang dihasilkan atau digunakan dari operasi bisnis utama.

Jumlah Arus Kas Bersih dari Aktivitas Investasi: Menunjukkan jumlah kas bersih yang dihasilkan atau digunakan dari aktivitas investasi, seperti pembelian atau penjualan aset tetap.

Jumlah Arus Kas Bersih dari Aktivitas Pendanaan: Menunjukkan jumlah kas bersih yang dihasilkan atau digunakan dari aktivitas pendanaan, seperti penerbitan saham atau pembayaran dividen.

Penjumlahan Arus Kas Bersih: Jumlah dari ketiga aktivitas di atas untuk mendapatkan total arus kas bersih selama periode tersebut.

Kas dan Setara Kas Awal Periode: Saldo kas dan setara kas pada awal periode.

Kas dan Setara Kas Akhir Periode: Menambahkan arus kas bersih ke kas dan setara kas awal periode untuk mendapatkan saldo kas dan setara kas pada akhir periode.

Contoh format sederhana untuk menyajikan kelebihan kas ini adalah sebagai berikut:

Laporan Arus Kas

DeskripsiJumlah (Rp)

Arus Kas dari Aktivitas Operasi

Penerimaan Kas dari Pelanggan

X

Pembayaran Kas kepada Pemasok

(Y)

Pembayaran Kas kepada Karyawan

(Z)

Arus Kas Bersih dari Aktivitas Operasi

A

Arus Kas dari Aktivitas Investasi

Pembelian Aset Tetap

(B)

Penjualan Aset Tetap

C

Arus Kas Bersih dari Aktivitas Investasi

D

Arus Kas dari Aktivitas Pendanaan

Penerimaan dari Penerbitan Saham

E

Pembayaran Dividen

(F)

Arus Kas Bersih dari Aktivitas Pendanaan

G

Total Arus Kas Bersih

H

Kas dan Setara Kas Awal Periode

I

Kas dan Setara Kas Akhir Periode

I + H

Di sini, H adalah total arus kas bersih yang merupakan selisih antara total arus masuk dan total arus keluar kas, yang akan ditambahkan ke saldo kas awal (I) untuk mendapatkan saldo kas akhir (I + H).


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam komponen sistem pembayaran terdapat alat pembayaran dan instrumen. Apakah perbedaan dua komponen tersebut?

1

5.0

Jawaban terverifikasi