Farah E

01 Maret 2024 03:09

Iklan

Iklan

Farah E

01 Maret 2024 03:09

Pertanyaan

Apa yang menjadi penyebab utama Indonesia mengalami masalah kependudukan?

Apa yang menjadi penyebab utama Indonesia mengalami masalah kependudukan?


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dinda O

02 Maret 2024 06:35

Jawaban terverifikasi

<p>Ada beberapa menyebab utama Indonesia tetap mengalami masalah kependudukan, antara lain:<br>1. Tingkat kelahiran tinggi.<br>2. Laju pertumbuhan populasi yang tinggi.<br>3. Tingkat kematian rendah.<br>4. Angka pernikahan yang tinggi.<br>5. Tingkat migrasi yang rendah.<br>6. Tingkat urbanisasi yang tinggi.<br>7. Kemiskinan yang tinggi.<br>Hal-hal yang disebutkan di atas dapat berkontribusi terhadap masalah kependudukan yang dihadapi Indonesia.</p>

Ada beberapa menyebab utama Indonesia tetap mengalami masalah kependudukan, antara lain:
1. Tingkat kelahiran tinggi.
2. Laju pertumbuhan populasi yang tinggi.
3. Tingkat kematian rendah.
4. Angka pernikahan yang tinggi.
5. Tingkat migrasi yang rendah.
6. Tingkat urbanisasi yang tinggi.
7. Kemiskinan yang tinggi.
Hal-hal yang disebutkan di atas dapat berkontribusi terhadap masalah kependudukan yang dihadapi Indonesia.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 12:22

Jawaban terverifikasi

<p>Masalah kependudukan di Indonesia memiliki sejumlah penyebab yang kompleks, antara lain:</p><p><strong>Tingginya Pertumbuhan Penduduk:</strong> Meskipun tingkat pertumbuhan penduduk Indonesia telah menurun, namun masih cukup tinggi. Faktor ini dapat memengaruhi tekanan terhadap sumber daya dan infrastruktur.</p><p><strong>Ketidakmerataan Distribusi Penduduk:</strong> Terdapat ketidakmerataan dalam distribusi penduduk antar wilayah di Indonesia. Beberapa daerah mungkin mengalami kepadatan penduduk yang tinggi, sementara daerah lain masih kurang berkembang.</p><p><strong>Kemiskinan:</strong> Masalah kemiskinan dapat terkait erat dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi. Keluarga dengan pendapatan rendah mungkin kurang akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan, yang pada gilirannya dapat memengaruhi tingkat fertilitas.</p><p><strong>Kurangnya Akses Terhadap Pendidikan Sekss dan KB:</strong> Akses yang terbatas terhadap pendidikan sekss dan program keluarga berencana (KB) dapat mempengaruhi kesadaran akan kebutuhan untuk mengontrol pertumbuhan penduduk.</p><p><strong>Perubahan Sosial dan Budaya:</strong> Faktor-faktor perubahan sosial dan budaya juga dapat memengaruhi pola keluarga dan keputusan terkait jumlah anak.</p><p><strong>Isu Kesehatan Reproduksi:</strong> Isu-isu kesehatan reproduksi, termasuk tingginya angka kematian ibu dan anak, dapat memengaruhi dinamika kependudukan.</p><p><strong>Urbanisasi:</strong> Peningkatan urbanisasi dapat mengakibatkan kepadatan penduduk yang tinggi di perkotaan dan tekanan pada infrastruktur kota.</p>

Masalah kependudukan di Indonesia memiliki sejumlah penyebab yang kompleks, antara lain:

Tingginya Pertumbuhan Penduduk: Meskipun tingkat pertumbuhan penduduk Indonesia telah menurun, namun masih cukup tinggi. Faktor ini dapat memengaruhi tekanan terhadap sumber daya dan infrastruktur.

Ketidakmerataan Distribusi Penduduk: Terdapat ketidakmerataan dalam distribusi penduduk antar wilayah di Indonesia. Beberapa daerah mungkin mengalami kepadatan penduduk yang tinggi, sementara daerah lain masih kurang berkembang.

Kemiskinan: Masalah kemiskinan dapat terkait erat dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi. Keluarga dengan pendapatan rendah mungkin kurang akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan, yang pada gilirannya dapat memengaruhi tingkat fertilitas.

Kurangnya Akses Terhadap Pendidikan Sekss dan KB: Akses yang terbatas terhadap pendidikan sekss dan program keluarga berencana (KB) dapat mempengaruhi kesadaran akan kebutuhan untuk mengontrol pertumbuhan penduduk.

Perubahan Sosial dan Budaya: Faktor-faktor perubahan sosial dan budaya juga dapat memengaruhi pola keluarga dan keputusan terkait jumlah anak.

Isu Kesehatan Reproduksi: Isu-isu kesehatan reproduksi, termasuk tingginya angka kematian ibu dan anak, dapat memengaruhi dinamika kependudukan.

Urbanisasi: Peningkatan urbanisasi dapat mengakibatkan kepadatan penduduk yang tinggi di perkotaan dan tekanan pada infrastruktur kota.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan gurindam

0

0.0

Jawaban terverifikasi