Iklan

Iklan

Meivira C

31 Agustus 2021 03:39

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan objektif pada teks eksplanasi? berikan contohnya!


37

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

31 Agustus 2021 16:11

Jawaban terverifikasi

Kelas: 11 Topik: Teks Eksplanasi Hai Meivira C. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks eksplanasi menjelaskan proses (bagaimana) dan sebab (mengapa) terjadinya suatu peristiwa atau fenomena, baik alam maupun sosial. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah (1) bersifat faktual, artinya data yang disajikan sesuai dengan fakta; (2) bersifat objektif, artinya data yang dijelaskan tidak dilebih-lebihkan karena harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya; (3) disusun oleh unsur pernyataan umum, deretan penjelas sebab akibat, dan interpretasi. Dengan demikian, objektif pada teks eksplanasi artinya isi di dalam teks harus sesuai dengan keadaan sebenarnya tanpa dilebih-lebihkan. Contoh: Longsor dapat terjadi karena dua faktor, yakni faktor pendorong dan faktor pemicu. (tidak boleh dilanjutkan dengan alasan-alasan yang tidak ilmiah terkait penyebab longsor)


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bacaan tersebut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 5. (1) pernahkah anda bertanya-tanya, mengapa rambut hanya tumbuh di kepala dan beberapa tempat lainnya? (2) sementara itu, pada telapak tangan dan telapak kaki tak ada satu pun rambut yang tumbuh? (3) menurut para ilmuwan, ini karena adanya molekul khusus di tubuh kita yang menghalangi pertumbuhan rambut. (4) molekul khusus ini protein bernama dickkopf 2 (Dkk2) yang secara efektif merusak jalur wnt, bagian yang bertanggung jawab untuk memicu pertumbuhan rambut di tubuh kita. (5) hal ini diungkapkan oleh para ilmuwan dari university of pennsylvania school of medicine yang percaya bahwa dalam konsep evolusi, hewan-hewan tertentu telah mengembangkan protein Dkk2 ini pada bagian-bagian tertentu di tubuh mereka dengan tujuan membantu makhluk bertahan hidup. (6) "dalam penelitian ini, kami telah menunjukkan bahwa kulit di daerah yang secara alami tanpa rambut memproduksi inhibitor yang menghentikan wnt dari dilakukan tugasnya," ungkap profesor Sarah E. Millar, seorang penulis studi yang dipublikasikan dalam jurnal “cell reports”. (7) Millar, yang juga profesor dermatologi di university of pennsylvania school of medicine, mengatakan bahwa sangat penting untuk perkembangan kantung rambut dan menyebabkan rambut tumbuh lebih banyak. gagasan pokok paragraf pertama adalah …

17

0.0

Jawaban terverifikasi

(1) Saat virus corona merajalela ke seluruh pelosok dunia, sering kali kita berjumpa dengan berbagai mitos. (2) Misalnya, infeksi virus pemicu penyakit tersebut dapat disembuhkan. (3) Covid-19 tersebut dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi bawang putih. (4) Atau jika kita bisa menahan nafas selama 10 detik tanpa batuk, berarti kita tidak terpapar virus tersebut. (5) Mitos-mitos itu menyebar melalui media sosial sehingga ketika dicerna orang awam, hasilnya bisa beraneka rupa: ketakutan yang berlebihan, gelisah, dan semacamnya. (6) Mitos semacam itu relatif mudah menyebar karena berkait dengan rendahnya literasi sains masyarakat. (7) Literasi sains yang rendah, menurut penulis buku ini, Nidhal Guessoum, dapat mengganggu kebijakan publik yang terkait dengan masalah kesehatan, lingkungan hidup, pangan, energi, dan sebagainya. (8) Menurut Guessoum, tingkat literasi sains berkaitan dengan pelajaran sains di tingkat sekolah menengah atas dan perguruan tinggi. (9) Juga, sumber informasi sains informal, seperti di koran, buku populer, internet, atau museum. (Diadaptasi dari harian Jawa Pos) Manakah hasil penggabungan yang tepat dari kalimat 8 dan 9? A. Menurut Guessoum, tingkat literasi sains berkaitan dengan pelajaran sains di tingkat sekolah menengah atas dan perguruan tinggi di samping itu sumber informasi sa ins informal, seperti di koran, buku populer, internet, atau museum. B. Menurut Guessoum, tingkat literasi sains berkaitan dengan pelajaran sains di tingkat sekolah menengah atas dan perguruan tinggi dan juga sumber informasi sains informal, seperti di koran, buku populer, internet, atau museum. C. Menurut Guessoum, tingkat literasi sains berkaitan dengan pelajaran sains dan sumber informasi sains informal di tingkat sekolah menengah atas dan perguruan tinggi, seperti koran, buku popular internet atau museum. D. Menurut Guessoum, tingkat literasi sains berkaitan dengan pelajaran sains di tingkat sekolah menengah atas dan perguruan tinggi karena sumber informasi sains informal, seperti di koran, buku populer, internet, atau museum. E. Menurut Guessoum, tingkat literasi sains berkaitan dengan pelajaran sains di tingkat sekolah menengah atas dan perguruan tinggi sehingga sumber informasi sains informal, seperti di koran, buku populer, internet, atau museum.

20

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan