Hendra H

13 Maret 2024 14:58

Iklan

Iklan

Hendra H

13 Maret 2024 14:58

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan keunggulan mutlak

apa yang dimaksud dengan keunggulan mutlak


14

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

13 Maret 2024 23:28

Jawaban terverifikasi

<p>Yang dimaksud dengan keunggulan mutlak adalah keunggulan yang dimiliki suatu negara karena mampu memproduksi suatu barang yag tidak dapat diproduksi oleh negara lain.</p>

Yang dimaksud dengan keunggulan mutlak adalah keunggulan yang dimiliki suatu negara karena mampu memproduksi suatu barang yag tidak dapat diproduksi oleh negara lain.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 01:07

Jawaban terverifikasi

<p><br>Keunggulan mutlak adalah konsep dalam ekonomi internasional yang merujuk pada kemampuan suatu negara untuk menghasilkan barang atau jasa dengan biaya produksi yang lebih rendah daripada negara lain, menggunakan jumlah input yang sama. Dalam konteks perdagangan internasional, keunggulan mutlak menyatakan bahwa suatu negara memiliki keunggulan dalam produksi suatu barang atau jasa tertentu dibandingkan negara lain.</p><p>Contoh sederhana keunggulan mutlak adalah sebagai berikut: Misalkan negara A dapat memproduksi pakaian dengan biaya yang lebih rendah daripada negara B, sementara negara B dapat memproduksi elektronik dengan biaya yang lebih rendah daripada negara A. Dalam hal ini, negara A memiliki keunggulan mutlak dalam produksi pakaian, sedangkan negara B memiliki keunggulan mutlak dalam produksi elektronik.</p><p>Konsep keunggulan mutlak penting dalam teori perdagangan internasional, yang dikemukakan oleh ekonom klasik David Ricardo. Menurut teori keunggulan mutlak, setiap negara akan mendapatkan keuntungan jika mereka fokus pada produksi barang atau jasa yang mereka memiliki keunggulan mutlak, dan kemudian melakukan perdagangan dengan negara lain untuk memperoleh barang atau jasa yang mereka tidak dapat memproduksi secara efisien sendiri. Dengan cara ini, perdagangan internasional dapat meningkatkan efisiensi dan kesejahteraan ekonomi global secara keseluruhan.</p>


Keunggulan mutlak adalah konsep dalam ekonomi internasional yang merujuk pada kemampuan suatu negara untuk menghasilkan barang atau jasa dengan biaya produksi yang lebih rendah daripada negara lain, menggunakan jumlah input yang sama. Dalam konteks perdagangan internasional, keunggulan mutlak menyatakan bahwa suatu negara memiliki keunggulan dalam produksi suatu barang atau jasa tertentu dibandingkan negara lain.

Contoh sederhana keunggulan mutlak adalah sebagai berikut: Misalkan negara A dapat memproduksi pakaian dengan biaya yang lebih rendah daripada negara B, sementara negara B dapat memproduksi elektronik dengan biaya yang lebih rendah daripada negara A. Dalam hal ini, negara A memiliki keunggulan mutlak dalam produksi pakaian, sedangkan negara B memiliki keunggulan mutlak dalam produksi elektronik.

Konsep keunggulan mutlak penting dalam teori perdagangan internasional, yang dikemukakan oleh ekonom klasik David Ricardo. Menurut teori keunggulan mutlak, setiap negara akan mendapatkan keuntungan jika mereka fokus pada produksi barang atau jasa yang mereka memiliki keunggulan mutlak, dan kemudian melakukan perdagangan dengan negara lain untuk memperoleh barang atau jasa yang mereka tidak dapat memproduksi secara efisien sendiri. Dengan cara ini, perdagangan internasional dapat meningkatkan efisiensi dan kesejahteraan ekonomi global secara keseluruhan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan kerajaan Kediri

3

0.0

Jawaban terverifikasi