Neni N

13 Mei 2024 08:25

Iklan

Iklan

Neni N

13 Mei 2024 08:25

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan gerhana

apa yang dimaksud dengan gerhana


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dasan I

13 Mei 2024 08:43

Jawaban terverifikasi

<p>Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang cukup menarik, karena fenomena ini melibatkan benda-benda langit yang ada di tata surya. Istilah gerhana sendiri adalah gambaran proses terjadinya pergerakan benda langit kedalam sebuah bayangan benda langit lainnya membuatnya tertutup.</p>

Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang cukup menarik, karena fenomena ini melibatkan benda-benda langit yang ada di tata surya. Istilah gerhana sendiri adalah gambaran proses terjadinya pergerakan benda langit kedalam sebuah bayangan benda langit lainnya membuatnya tertutup.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Mei 2024 10:47

Jawaban terverifikasi

<p>Gerhana adalah peristiwa astronomi di mana satu objek langit berada di bayangan atau menutupi objek langit lainnya, menyebabkan penurunan atau hilangnya cahaya dari sudut pandang pengamat. Ada dua jenis utama gerhana: gerhana matahari dan gerhana bulan.</p><p>1. Gerhana Matahari: Terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, menyebabkan penutupan sebagian atau seluruh Matahari dari pandangan Bumi. Gerhana matahari hanya terjadi pada fase Bulan baru.</p><p>2. Gerhana Bulan: Terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, menyebabkan Bumi memblokir cahaya Matahari yang biasanya diterima oleh Bulan. Ini menghasilkan bayangan Bumi pada permukaan Bulan, menciptakan fase gerhana. Gerhana bulan terjadi pada fase Purnama.</p><p>Kedua jenis gerhana ini dapat terjadi dalam beberapa variasi, termasuk gerhana sebagian dan gerhana total, tergantung pada seberapa banyak objek langit terhalang dan di mana pengamat berada. Gerhana adalah fenomena yang menarik yang telah menarik perhatian manusia selama ribuan tahun dan menjadi sumber penelitian ilmiah yang penting.</p>

Gerhana adalah peristiwa astronomi di mana satu objek langit berada di bayangan atau menutupi objek langit lainnya, menyebabkan penurunan atau hilangnya cahaya dari sudut pandang pengamat. Ada dua jenis utama gerhana: gerhana matahari dan gerhana bulan.

1. Gerhana Matahari: Terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, menyebabkan penutupan sebagian atau seluruh Matahari dari pandangan Bumi. Gerhana matahari hanya terjadi pada fase Bulan baru.

2. Gerhana Bulan: Terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, menyebabkan Bumi memblokir cahaya Matahari yang biasanya diterima oleh Bulan. Ini menghasilkan bayangan Bumi pada permukaan Bulan, menciptakan fase gerhana. Gerhana bulan terjadi pada fase Purnama.

Kedua jenis gerhana ini dapat terjadi dalam beberapa variasi, termasuk gerhana sebagian dan gerhana total, tergantung pada seberapa banyak objek langit terhalang dan di mana pengamat berada. Gerhana adalah fenomena yang menarik yang telah menarik perhatian manusia selama ribuan tahun dan menjadi sumber penelitian ilmiah yang penting.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ketersediaan data yang objektif di lapangan sangat penting ketika melakukan penelitian. Hal tersebut karena data memiliki kegunaan untuk …

0

0.0

Jawaban terverifikasi