Sabrinah A

14 Februari 2024 12:32

Iklan

Iklan

Sabrinah A

14 Februari 2024 12:32

Pertanyaan

apa yang akan terjadi jika syarat integrasi sosial tidak terpenuhi?

apa yang akan terjadi jika syarat integrasi sosial tidak terpenuhi?


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

17 Februari 2024 07:12

Jawaban terverifikasi

<p>Jika syarat integrasi sosial tidak terpenuhi, masyarakat atau kelompok sosial dapat mengalami disintegrasi sosial. Disintegrasi sosial merujuk pada kondisi di mana hubungan dan keterkaitan antarindividu atau kelompok dalam masyarakat mengalami keretakan atau pemisahan. Beberapa konsekuensi yang mungkin terjadi jika syarat integrasi sosial tidak terpenuhi termasuk:</p><p><strong>Ketidakstabilan Sosial:</strong> Terjadinya konflik, ketegangan, dan ketidakstabilan dalam masyarakat karena kurangnya kesepakatan atau pemahaman bersama.</p><p><strong>Isolasi dan Alienasi:</strong> Individu atau kelompok mungkin merasa terisolasi atau terasing, karena kurangnya keterlibatan dan dukungan dari masyarakat.</p><p><strong>Penurunan Solidaritas:</strong> Absennya rasa persatuan dan kebersamaan dalam masyarakat, yang dapat mengakibatkan kerugian dalam hal dukungan sosial dan rasa identitas.</p><p><strong>Konflik Sosial:</strong> Perselisihan dan konflik antarindividu atau kelompok dapat meningkat karena perbedaan nilai, norma, atau tujuan yang tidak diatasi.</p><p><strong>Peningkatan Tingkat Kriminalitas:</strong> Masyarakat yang tidak terintegrasi dengan baik cenderung memiliki tingkat kriminalitas yang lebih tinggi karena kelemahan dalam sistem pengawasan dan kontrol sosial.</p><p><strong>Penurunan Kesejahteraan Bersama:</strong> Kurangnya integrasi sosial dapat menghambat kemampuan masyarakat untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama dan meningkatkan kesejahteraan bersama.</p>

Jika syarat integrasi sosial tidak terpenuhi, masyarakat atau kelompok sosial dapat mengalami disintegrasi sosial. Disintegrasi sosial merujuk pada kondisi di mana hubungan dan keterkaitan antarindividu atau kelompok dalam masyarakat mengalami keretakan atau pemisahan. Beberapa konsekuensi yang mungkin terjadi jika syarat integrasi sosial tidak terpenuhi termasuk:

Ketidakstabilan Sosial: Terjadinya konflik, ketegangan, dan ketidakstabilan dalam masyarakat karena kurangnya kesepakatan atau pemahaman bersama.

Isolasi dan Alienasi: Individu atau kelompok mungkin merasa terisolasi atau terasing, karena kurangnya keterlibatan dan dukungan dari masyarakat.

Penurunan Solidaritas: Absennya rasa persatuan dan kebersamaan dalam masyarakat, yang dapat mengakibatkan kerugian dalam hal dukungan sosial dan rasa identitas.

Konflik Sosial: Perselisihan dan konflik antarindividu atau kelompok dapat meningkat karena perbedaan nilai, norma, atau tujuan yang tidak diatasi.

Peningkatan Tingkat Kriminalitas: Masyarakat yang tidak terintegrasi dengan baik cenderung memiliki tingkat kriminalitas yang lebih tinggi karena kelemahan dalam sistem pengawasan dan kontrol sosial.

Penurunan Kesejahteraan Bersama: Kurangnya integrasi sosial dapat menghambat kemampuan masyarakat untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama dan meningkatkan kesejahteraan bersama.


Iklan

Iklan

Aisyah N

18 Februari 2024 09:30

<ol><li>Memiliki Rasa Saling Membutuhkan Antar Sesama Masyarakat. ...</li><li>2. Nilai dan Norma Harus Dijalankan Secara Konsisten. ...</li><li>3. Nilai dan Norma Diraih Melalui Kesepakatan Bersama. ...</li><li>4. Adanya Toleransi. ...</li><li>Memiliki Kesadaran Diri Sebagai Makhluk Sosial. ...</li><li>6. Mempunyai Visi dan Misi yang Sama.</li></ol>

  1. Memiliki Rasa Saling Membutuhkan Antar Sesama Masyarakat. ...
  2. 2. Nilai dan Norma Harus Dijalankan Secara Konsisten. ...
  3. 3. Nilai dan Norma Diraih Melalui Kesepakatan Bersama. ...
  4. 4. Adanya Toleransi. ...
  5. Memiliki Kesadaran Diri Sebagai Makhluk Sosial. ...
  6. 6. Mempunyai Visi dan Misi yang Sama.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bahan pembuatan tempe adalah kacang kedelai, kacang tolo, kacang hijau, dan ragi. Tiga bahan pertama memiliki perbandingan berturut-turut 8:4:1, Berat ragi adalah 12,5% dari berat kacang kedelai. Jika berat ragi yang digunakan adalah 20 gram, berapa gram berat kacang hijau yang digunakan?

16

5.0

Jawaban terverifikasi