Ladia C

11 Januari 2024 01:11

Iklan

Ladia C

11 Januari 2024 01:11

Pertanyaan

apa teori geografi tentang pemanasan global dan perubahan iklim yang sudah pernah dipelajari selama SMA ini?? (sem 1-5)

apa teori geografi tentang pemanasan global dan perubahan iklim yang sudah pernah dipelajari selama SMA ini?? (sem 1-5)

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

04

:

36

:

41

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

14 Februari 2024 02:26

Jawaban terverifikasi

<p>Teori geografi tentang pemanasan global dan perubahan iklim melibatkan pemahaman tentang berbagai faktor yang memengaruhi iklim Bumi dan dampaknya terhadap lingkungan. Selama studi di sekolah menengah atas (SMA), beberapa konsep dan teori geografi yang mungkin dipelajari dalam konteks pemanasan global dan perubahan iklim antara lain:</p><p><strong>Efek Rumah Kaca:</strong></p><ul><li>Penjelasan tentang bagaimana gas-gas seperti karbon dioksida (CO2) dan metana (CH4) dapat memperkuat radiasi matahari yang terperangkap di atmosfer, menyebabkan peningkatan suhu global.</li></ul><p><strong>Siklus Karbon:</strong></p><ul><li>Pemahaman tentang siklus karbon sebagai bagian dari sistem bumi dan dampak aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil, terhadap peningkatan konsentrasi CO2 di atmosfer.</li></ul><p><strong>Perubahan Pola Cuaca:</strong></p><ul><li>Studi tentang perubahan dalam pola cuaca dan iklim yang dapat mencakup peningkatan suhu rata-rata, intensitas cuaca ekstrem, dan perubahan dalam pola curah hujan.</li></ul><p><strong>Peningkatan Permukaan Air Laut:</strong></p><ul><li>Analisis tentang konsep peningkatan permukaan air laut akibat pelelehan es kutub dan gletser, serta kontribusi dari perubahan suhu air laut.</li></ul><p><strong>Risiko Bencana Terkait Iklim:</strong></p><ul><li>Pemahaman tentang hubungan antara perubahan iklim dan risiko bencana, termasuk banjir, badai, dan kenaikan permukaan air laut.</li></ul><p><strong>Dampak pada Ekosistem dan Bioteknologi:</strong></p><ul><li>Analisis tentang dampak perubahan iklim pada keanekaragaman hayati, migrasi spesies, dan perubahan dalam pola pertanian.</li></ul><p><strong>Kebijakan dan Mitigasi:</strong></p><ul><li>Pembahasan tentang upaya mitigasi dan adaptasi yang dapat diambil, serta kebijakan nasional dan internasional yang berkaitan dengan perubahan iklim.</li></ul>

Teori geografi tentang pemanasan global dan perubahan iklim melibatkan pemahaman tentang berbagai faktor yang memengaruhi iklim Bumi dan dampaknya terhadap lingkungan. Selama studi di sekolah menengah atas (SMA), beberapa konsep dan teori geografi yang mungkin dipelajari dalam konteks pemanasan global dan perubahan iklim antara lain:

Efek Rumah Kaca:

  • Penjelasan tentang bagaimana gas-gas seperti karbon dioksida (CO2) dan metana (CH4) dapat memperkuat radiasi matahari yang terperangkap di atmosfer, menyebabkan peningkatan suhu global.

Siklus Karbon:

  • Pemahaman tentang siklus karbon sebagai bagian dari sistem bumi dan dampak aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil, terhadap peningkatan konsentrasi CO2 di atmosfer.

Perubahan Pola Cuaca:

  • Studi tentang perubahan dalam pola cuaca dan iklim yang dapat mencakup peningkatan suhu rata-rata, intensitas cuaca ekstrem, dan perubahan dalam pola curah hujan.

Peningkatan Permukaan Air Laut:

  • Analisis tentang konsep peningkatan permukaan air laut akibat pelelehan es kutub dan gletser, serta kontribusi dari perubahan suhu air laut.

Risiko Bencana Terkait Iklim:

  • Pemahaman tentang hubungan antara perubahan iklim dan risiko bencana, termasuk banjir, badai, dan kenaikan permukaan air laut.

Dampak pada Ekosistem dan Bioteknologi:

  • Analisis tentang dampak perubahan iklim pada keanekaragaman hayati, migrasi spesies, dan perubahan dalam pola pertanian.

Kebijakan dan Mitigasi:

  • Pembahasan tentang upaya mitigasi dan adaptasi yang dapat diambil, serta kebijakan nasional dan internasional yang berkaitan dengan perubahan iklim.

Iklan

Kevin L

Gold

15 Februari 2024 12:23

Jawaban terverifikasi

Dari pertanyaan yang kamu ajukan, tampaknya kamu ingin memahami lebih lanjut tentang teori geografi yang berkaitan dengan pemanasan global dan perubahan iklim yang diajarkan selama SMA. Konsep-konsep ini biasanya melibatkan beberapa teori dan fenomena, seperti efek rumah kaca, siklus karbon, dan perubahan pola cuaca seperti El Nino dan La Nina. Penjelasan: 1. Efek rumah kaca adalah fenomena alami yang memungkinkan Bumi tetap hangat. Namun, peningkatan konsentrasi gas rumah kaca seperti CO2 di atmosfer akibat aktivitas manusia telah meningkatkan efek ini, menyebabkan pemanasan global. 2. Siklus karbon adalah proses alami di mana karbon bergerak melalui atmosfer, biosfer, dan geosfer. Namun, pembakaran bahan bakar fosil dan deforestasi telah mengganggu siklus ini, menyebabkan peningkatan CO2 di atmosfer dan berkontribusi terhadap pemanasan global. 3. El Nino dan La Nina adalah bagian dari fenomena yang dikenal sebagai Oscilasi Selatan El Nino (ENSO). El Nino terjadi ketika suhu permukaan laut di Pasifik Timur Tengah dan Timur meningkat, sementara La Nina adalah kebalikannya. Kedua fenomena ini dapat mempengaruhi pola cuaca global dan telah dikaitkan dengan perubahan iklim. Kesimpulan: Teori geografi tentang pemanasan global dan perubahan iklim yang diajarkan selama SMA melibatkan konsep efek rumah kaca, siklus karbon, dan fenomena El Nino dan La Nina. Semua konsep ini saling terkait dan berkontribusi terhadap pemahaman kita tentang bagaimana aktivitas manusia dapat mempengaruhi iklim dan lingkungan kita. Semoga penjelasan ini membantu kamu ๐Ÿ™‚.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1.Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai.... a. dasar negara b. idelogi negara c. pandangan hidup bangsa d. cita-cita nasional 2.Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Wakil ketua BPUPKI ketika itu dijabat oleh .... a. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo b. K.R.T Radjiman Wediodiningrat c. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta d. Ichibangase Yosio dan Radern Pandji Soeroso 3.Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal .... a. 4 Juni 1945 b. 3 Juni 1945 c. 2 Juni 1945 d. 1 Juni 1945 4."Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Pernyataan tersebut tercantum di dalam UUD 1945 .... a. Pasal 1 Ayat 1 b. Pasal 1 Ayat 2 c. Pasal 1 Ayat 3 d. Pasal 18 5.Pemilu pada 15 Desember 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota.... a.MPRS b.KNIP c.DPR d.konstitusi 6.Pemilihan umum (pemilu) merupakan proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu mulai dari presiden, wakil rakyat dari tingkat pusat sampai daerah. Di Indonesia pemilu dilaksanakan tiap .... a. 3 tahun sekali b. 4 tahun sekali c. 5 tahun sekali d. 6 tahun sekali 7.Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang .... a. bersih b. terbuka c. transparan d. demokratis 8.Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara (2) Menyuarakan pemilu (3) Menyampaikan informasi kegiatan pemilu kepada masyarakat (4) Melaporkan penyelenggaraan pemilu Pernyataan-pernyataan di atas merupakan tugas .... a. KPU b. rakyat c. presiden d. PPS 9.Pemilu tahun 2004 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pemilu tersebut adalah untuk memilih .... a. anggota DPR dan DPRD b. anggota KPU c. persaingan calon presiden dan wakil presiden d. partai politik 10.Indonesia merupakan negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu eksekutif legislatif, dan yudikatif. Pemegang kekuasaan legislatif pada tingkat pemerintah desa ialah .... a. BPD b. kepala desa c. Sekretaris desa d. perangkat desa 11.Munurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh .... a. presiden b. DPR c. MPR d. MK 12.Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Perlindungan konstitusional (2) Kebebasan menyatakan pendapat (3) Kebebasan untuk berserikat (4) Jaminan hak asasi manusia (5) Badan peradilan dikendalikan pemerintah Prinsip-prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (1), dan (2) 13.Tiap negara memiliki sistem untuk menjalankan kehidupan pemerintahannya. Sistem tersebut adalah sistem pemerintahan. Ada beberapa macam sistem pemerintahan si dunia ini. Saat ini, Indonesia menganut sistem pemerintahan .... a. sosialisasi b. komunis c. Presidensial d. parlementer 14.Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, khusus nya pemerintahan daerah, sangat berhubungan erat dengan beberapa asas dalam pemerintahan suatu negara. Asas-asas yang dimaksud adalah .... a. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan b. desentralisasi, konsentrasi, dan tugas pembantuan c. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas utama d. desentralisasi, dekonsentrasi, dan sentralisasi 15.Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini ! (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa (4) Menciptakan masyarakat yang jujur dan adil (5) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum pada nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), dan (3) 16.Anggota komisi Yudisial di angkat diberhentikan oleh .... a. presiden dan para menteri b. presiden dengan persetujuan DPR RI c. DPR RI dan MPR d. Mahkamah Agung 17.Lembaga tinggi negeri ini menurut UUD 45 sebelum diamandemen memiliki fungsi memberi masukan atau pertimbangan kepada presiden. Lembaga tinggi negara ini juga berkewajiban memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak mengajukan usul kepada pemerintah. Namun sekarang, lembaga tinggi negara ini sudah dihapuskan. Lembaga yang dimaksudkan adalah .... a. Dewan Pertimbangan Daerah b. Dewan Pertimbangan Agung c. Mahkamah Konstitusi d. Mahkamah Agung 18.Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan atau kota bagi kepala daerah atau provinsi. Pernyataan ini merupakan tugas dan wewenang .... a. presiden b. kepala daerah c. wakil presiden d. wakil kepala daerah 19.Fungsi anggaran yang dijalankan oleh DPR ditunjukkan oleh .... a. Kekuasaan dalam membentuk UU b. mengesahkan rancangan APBN yang telah diajukan oleh presiden c. mengawasi jalannya pemerintahan d. menindak pelaku kejahatan 20.Basis daerah pemilihan anggota DPD adalah provinsi. Tiap provinsi diwakili oleh perwakilan DPD, yang terdiri dari .... a. 2 anggota b. 3 anggota c. 5 anggota d. 4 anggota

7

5.0

Jawaban terverifikasi