Aurel W

26 Mei 2024 12:27

Iklan

Iklan

Aurel W

26 Mei 2024 12:27

Pertanyaan

Apa sajakah bukti-bukti yang menujukan keberadaan jalur rempah di Indonesia pada masa kerajiaan Islam serta peran tiap kerajaan dalam simpul jalur rempah.

Apa sajakah bukti-bukti yang menujukan keberadaan jalur rempah di Indonesia pada masa kerajiaan Islam serta peran tiap kerajaan dalam simpul jalur rempah.


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

26 Mei 2024 12:52

Jawaban terverifikasi

#Penjelasan: ##Identifikasi Bukti-bukti keberadaan Jalur Rempah Nusantara pada Masa Kerajaan Hindu-Buddha: 1. Peta-peta kuno: Peta-peta kuno dari masa kerajaan Hindu-Buddha menunjukkan jalur perdagangan yang melintasi kepulauan Nusantara, menandakan adanya jalur rempah. 2. Prasasti-prasasti: Prasasti-prasasti dari masa tersebut mencatat perdagangan rempah-rempah, seperti Prasasti Kebon Kopi yang menyebutkan perdagangan cengkeh di Jawa. 3. Arkeologi: Temuan arkeologi berupa sisa-sisa rempah-rempah, seperti tempayan dan wadah penyimpanan, di situs-situs perdagangan kuno seperti Muara Jambi dan Gresik. ##Peran Tiap Kerajaan dalam Simpul Jalur Rempah: 1. Kerajaan Sriwijaya: Sriwijaya berperan sebagai pusat perdagangan rempah-rempah di Nusantara, terutama di wilayah Sumatera dan Jawa. 2. Kerajaan Mataram Kuno: Mataram Kuno berperan sebagai penghubung antara wilayah perdagangan di Jawa dengan kerajaan-kerajaan di daratan Asia, memfasilitasi perdagangan rempah-rempah. 3. Kerajaan Majapahit: Majapahit memperluas jangkauan perdagangan rempah-rempah Nusantara hingga ke wilayah-wilayah di Asia Tenggara, menguatkan Jalur Rempah Nusantara sebagai jalur perdagangan utama. #Jawaban: Bukti-bukti keberadaan Jalur Rempah Nusantara pada masa kerajaan Hindu-Buddha meliputi peta-peta kuno, prasasti-prasasti yang mencatat perdagangan rempah-rempah, dan temuan arkeologi. Peran tiap kerajaan dalam simpul Jalur Rempah termasuk Sriwijaya sebagai pusat perdagangan, Mataram Kuno sebagai penghubung, dan Majapahit sebagai perluasan jalur perdagangan.


Iklan

Iklan

Navniaaa N

27 Mei 2024 02:34

Jawaban terverifikasi

<p>Jalur Rempah diyakini sudah terbentuk jauh sebelum Jalur Sutra, beberapa bukti berupa pemakaian lada hitam di lubang hidung Ramses II (1224 SM) sebagai bahan pengawetan mumi. Lalu, ada juga sebuah puisi Tamil yang berjudul “Cilappatikāram” (the lay of the anklet) pada 200 M yang mencatat syair soal lada.</p><p>Peran jalur Rempah :</p><p>Menurutya jalur rempah telah membentuk peradaban di Nusantara dengan berbagai pertukaran budaya. Sebagai seorang yang memiliki pengalaman menjalani pertukaran pelajar internasional, ia menjelaskan hubungan antar budaya ini dapat membuat kita mengerti dan menerima perbedaan tidak hanya dari budaya semata.</p><p>Jalur rempah menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan peradaban dan ekonomi di wilayah Nusantara. Rempah-rempah, seperti cengkih, pala, lada, kayu manis, dan kapulaga, menjadi komoditas berharga yang dihargai tinggi serta menjadi daya tarik utama bagi pedagang dari berbagai belahan dunia.</p>

Jalur Rempah diyakini sudah terbentuk jauh sebelum Jalur Sutra, beberapa bukti berupa pemakaian lada hitam di lubang hidung Ramses II (1224 SM) sebagai bahan pengawetan mumi. Lalu, ada juga sebuah puisi Tamil yang berjudul “Cilappatikāram” (the lay of the anklet) pada 200 M yang mencatat syair soal lada.

Peran jalur Rempah :

Menurutya jalur rempah telah membentuk peradaban di Nusantara dengan berbagai pertukaran budaya. Sebagai seorang yang memiliki pengalaman menjalani pertukaran pelajar internasional, ia menjelaskan hubungan antar budaya ini dapat membuat kita mengerti dan menerima perbedaan tidak hanya dari budaya semata.

Jalur rempah menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan peradaban dan ekonomi di wilayah Nusantara. Rempah-rempah, seperti cengkih, pala, lada, kayu manis, dan kapulaga, menjadi komoditas berharga yang dihargai tinggi serta menjadi daya tarik utama bagi pedagang dari berbagai belahan dunia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apakah yang dimaksud perubahan dalam kebijakan luar negeri di Indonesia? bagaimana langkah-langkah yang dapat diambil untuk memperkuat hubungan diplomatik dan kerja sama internasional?

6

0.0

Jawaban terverifikasi