Era E

04 Februari 2024 14:33

Iklan

Era E

04 Februari 2024 14:33

Pertanyaan

apa saja partikel partikel yang menyusun atom

apa saja partikel partikel yang menyusun atom

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

04

:

44

:

46

Klaim

8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Adliani A

05 Februari 2024 04:36

Jawaban terverifikasi

<p>Atom terdiri dari tiga jenis partikel subatomik yang paling umum dikenal, yaitu:</p><p>1. Elektron: Elektron adalah partikel bermuatan negatif yang berputar di sekitar inti atom. Elektron memiliki massa yang sangat kecil dibandingkan dengan proton dan neutron, dan mereka memberikan kontribusi utama terhadap sifat-sifat kimia atom.</p><p>2. Proton: Proton adalah partikel bermuatan positif yang terdapat di dalam inti atom. Jumlah proton dalam inti atom menentukan identitas unsur kimia tersebut. Misalnya, atom hidrogen memiliki satu proton di inti, atom helium memiliki dua proton, dan seterusnya.</p><p>3. Neutron:Neutron adalah partikel netral yang juga terdapat di dalam inti atom bersama dengan proton. Neutron memiliki massa yang hampir sama dengan proton tetapi tidak memiliki muatan listrik. Neutron membantu menstabilkan inti atom dengan memberikan kekuatan nuklir yang menyeimbangkan tolakan elektromagnetik antar proton dalam inti.</p><p>Partikel-partikel ini berinteraksi satu sama lain melalui gaya elektromagnetik dan gaya nuklir kuat (di antara proton dan neutron dalam inti atom), serta gaya nuklir lemah yang memediasi peluruhan radioaktif beberapa inti atom. Kombinasi partikel ini dalam jumlah yang berbeda-beda membentuk unsur-unsur kimia yang beragam di alam.</p>

Atom terdiri dari tiga jenis partikel subatomik yang paling umum dikenal, yaitu:

1. Elektron: Elektron adalah partikel bermuatan negatif yang berputar di sekitar inti atom. Elektron memiliki massa yang sangat kecil dibandingkan dengan proton dan neutron, dan mereka memberikan kontribusi utama terhadap sifat-sifat kimia atom.

2. Proton: Proton adalah partikel bermuatan positif yang terdapat di dalam inti atom. Jumlah proton dalam inti atom menentukan identitas unsur kimia tersebut. Misalnya, atom hidrogen memiliki satu proton di inti, atom helium memiliki dua proton, dan seterusnya.

3. Neutron:Neutron adalah partikel netral yang juga terdapat di dalam inti atom bersama dengan proton. Neutron memiliki massa yang hampir sama dengan proton tetapi tidak memiliki muatan listrik. Neutron membantu menstabilkan inti atom dengan memberikan kekuatan nuklir yang menyeimbangkan tolakan elektromagnetik antar proton dalam inti.

Partikel-partikel ini berinteraksi satu sama lain melalui gaya elektromagnetik dan gaya nuklir kuat (di antara proton dan neutron dalam inti atom), serta gaya nuklir lemah yang memediasi peluruhan radioaktif beberapa inti atom. Kombinasi partikel ini dalam jumlah yang berbeda-beda membentuk unsur-unsur kimia yang beragam di alam.


Iklan

Sumber W

Community

05 Februari 2024 07:30

Jawaban terverifikasi

<p>Atom terdiri dari tiga partikel dasar atom yaitu <strong>proton, elektron</strong>, dan <strong>neutron</strong>. Proton dan neutron berada dalam inti atom, sedangkan elektron terdapat pada sekeliling inti atom sebagai kulit atom.</p>

Atom terdiri dari tiga partikel dasar atom yaitu proton, elektron, dan neutron. Proton dan neutron berada dalam inti atom, sedangkan elektron terdapat pada sekeliling inti atom sebagai kulit atom.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan