Wawan A

20 Maret 2024 12:36

Iklan

Iklan

Wawan A

20 Maret 2024 12:36

Pertanyaan

apa saja dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat dengan timbulnya keberagaman terutama berkaitan dengan keberagaman gender jelaskan dan berikan contohnya

apa saja dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat dengan timbulnya keberagaman terutama berkaitan dengan keberagaman gender jelaskan dan berikan contohnya


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

22 Maret 2024 04:17

Jawaban terverifikasi

<p>Timbulnya keberagaman, termasuk keberagaman gender, memiliki dampak yang signifikan terhadap masyarakat. Berikut adalah beberapa dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat sehubungan dengan keberagaman gender:</p><p>Peningkatan Kesadaran dan Penerimaan: Keberagaman gender dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap beragam identitas gender dan orientasi seksual. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap individu berdasarkan identitas gender mereka.</p><p>Contoh: Masyarakat menjadi lebih terbuka untuk menerima dan menghormati individu transgender, non-biner, atau queer, serta memberikan dukungan terhadap hak-hak mereka.</p><p>Peningkatan Partisipasi dan Keterwakilan: Keberagaman gender memungkinkan partisipasi yang lebih luas dari berbagai kelompok dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk politik, ekonomi, dan sosial. Hal ini dapat membawa perubahan positif dalam masyarakat dan memastikan keterwakilan yang lebih adil.</p><p>Contoh: Adanya perempuan dalam posisi kepemimpinan politik dan ekonomi yang sebelumnya didominasi oleh laki-laki dapat membawa perspektif yang berbeda dan kebijakan yang lebih inklusif.</p><p>Perubahan Budaya dan Norma Sosial: Keberagaman gender dapat merangsang perubahan budaya dan norma sosial yang mengakui keberagaman dalam identitas gender dan peran gender dalam masyarakat.</p><p>Contoh: Adanya pengakuan dan dukungan terhadap keluarga yang berbeda-beda, termasuk keluarga yang terdiri dari orang tua homoseksual atau transgender, dapat merubah pandangan masyarakat terhadap konsep keluarga yang tradisional.</p><p>Peningkatan Kesejahteraan dan Keseimbangan: Dengan adanya kesetaraan gender dan pengakuan terhadap keberagaman gender, masyarakat dapat mencapai kesejahteraan yang lebih baik dan keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan profesional.</p><p>Contoh: Perusahaan yang mempraktikkan kesetaraan gender dalam kebijakan penggajian dan promosi memiliki tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik dari perusahaan yang tidak memperhatikan keberagaman gender.</p><p><br>&nbsp;</p>

Timbulnya keberagaman, termasuk keberagaman gender, memiliki dampak yang signifikan terhadap masyarakat. Berikut adalah beberapa dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat sehubungan dengan keberagaman gender:

Peningkatan Kesadaran dan Penerimaan: Keberagaman gender dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap beragam identitas gender dan orientasi seksual. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap individu berdasarkan identitas gender mereka.

Contoh: Masyarakat menjadi lebih terbuka untuk menerima dan menghormati individu transgender, non-biner, atau queer, serta memberikan dukungan terhadap hak-hak mereka.

Peningkatan Partisipasi dan Keterwakilan: Keberagaman gender memungkinkan partisipasi yang lebih luas dari berbagai kelompok dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk politik, ekonomi, dan sosial. Hal ini dapat membawa perubahan positif dalam masyarakat dan memastikan keterwakilan yang lebih adil.

Contoh: Adanya perempuan dalam posisi kepemimpinan politik dan ekonomi yang sebelumnya didominasi oleh laki-laki dapat membawa perspektif yang berbeda dan kebijakan yang lebih inklusif.

Perubahan Budaya dan Norma Sosial: Keberagaman gender dapat merangsang perubahan budaya dan norma sosial yang mengakui keberagaman dalam identitas gender dan peran gender dalam masyarakat.

Contoh: Adanya pengakuan dan dukungan terhadap keluarga yang berbeda-beda, termasuk keluarga yang terdiri dari orang tua homoseksual atau transgender, dapat merubah pandangan masyarakat terhadap konsep keluarga yang tradisional.

Peningkatan Kesejahteraan dan Keseimbangan: Dengan adanya kesetaraan gender dan pengakuan terhadap keberagaman gender, masyarakat dapat mencapai kesejahteraan yang lebih baik dan keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan profesional.

Contoh: Perusahaan yang mempraktikkan kesetaraan gender dalam kebijakan penggajian dan promosi memiliki tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik dari perusahaan yang tidak memperhatikan keberagaman gender.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

23 Maret 2024 08:55

Jawaban terverifikasi

<p>Beberapa dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat dengan timbulnya keberagaman gender adalah sebagai berikut:</p><p><strong>Peningkatan Kesetaraan dan Keadilan</strong>: Keberagaman gender dapat mendorong terciptanya kesetaraan dan keadilan antara laki-laki dan perempuan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi politik. Ini berkontribusi pada penciptaan masyarakat yang lebih adil dan inklusif.</p><p><strong>Peningkatan Inovasi dan Kreativitas</strong>: Dengan memberikan kesempatan yang sama kepada laki-laki dan perempuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi, sosial, dan politik, keberagaman gender dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam masyarakat. Perbedaan pandangan dan pengalaman antara laki-laki dan perempuan dapat memunculkan ide-ide baru dan solusi yang lebih baik untuk berbagai masalah.</p><p><strong>Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi</strong>: Dengan memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan untuk berpartisipasi dalam pasar tenaga kerja dan memiliki akses yang sama terhadap sumber daya ekonomi, keberagaman gender dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara keseluruhan. Hal ini karena partisipasi perempuan dalam ekonomi dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan rumah tangga.</p><p><strong>Peningkatan Kesehatan dan Kesejahteraan</strong>: Kesetaraan gender dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Misalnya, dengan memberikan akses yang sama terhadap layanan kesehatan dan pendidikan reproduksi kepada perempuan, masyarakat dapat mengurangi angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan kesehatan reproduksi secara keseluruhan.</p><p>&nbsp;</p><p>Contoh konkret dari dampak keberagaman gender adalah sebagai berikut:</p><ul><li>Dalam bidang pekerjaan, adopsi kebijakan kesetaraan gender dalam perekrutan dan promosi dapat meningkatkan kehadiran perempuan dalam industri yang sebelumnya didominasi oleh laki-laki, seperti teknologi dan konstruksi.</li><li>Di tingkat rumah tangga, kesetaraan gender dapat memungkinkan perempuan untuk memiliki kendali yang lebih besar atas sumber daya ekonomi keluarga, seperti gaji dan kepemilikan properti, yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan keamanan finansial keluarga.</li><li>Dalam ranah politik, adanya keberagaman gender dalam representasi politik dapat membawa perspektif yang berbeda dan kepentingan yang lebih luas ke dalam proses pengambilan keputusan, yang pada gilirannya dapat menciptakan kebijakan yang lebih inklusif dan berpihak kepada seluruh masyarakat.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Beberapa dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat dengan timbulnya keberagaman gender adalah sebagai berikut:

Peningkatan Kesetaraan dan Keadilan: Keberagaman gender dapat mendorong terciptanya kesetaraan dan keadilan antara laki-laki dan perempuan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi politik. Ini berkontribusi pada penciptaan masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Peningkatan Inovasi dan Kreativitas: Dengan memberikan kesempatan yang sama kepada laki-laki dan perempuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi, sosial, dan politik, keberagaman gender dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam masyarakat. Perbedaan pandangan dan pengalaman antara laki-laki dan perempuan dapat memunculkan ide-ide baru dan solusi yang lebih baik untuk berbagai masalah.

Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi: Dengan memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan untuk berpartisipasi dalam pasar tenaga kerja dan memiliki akses yang sama terhadap sumber daya ekonomi, keberagaman gender dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara keseluruhan. Hal ini karena partisipasi perempuan dalam ekonomi dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan rumah tangga.

Peningkatan Kesehatan dan Kesejahteraan: Kesetaraan gender dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Misalnya, dengan memberikan akses yang sama terhadap layanan kesehatan dan pendidikan reproduksi kepada perempuan, masyarakat dapat mengurangi angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan kesehatan reproduksi secara keseluruhan.

 

Contoh konkret dari dampak keberagaman gender adalah sebagai berikut:

  • Dalam bidang pekerjaan, adopsi kebijakan kesetaraan gender dalam perekrutan dan promosi dapat meningkatkan kehadiran perempuan dalam industri yang sebelumnya didominasi oleh laki-laki, seperti teknologi dan konstruksi.
  • Di tingkat rumah tangga, kesetaraan gender dapat memungkinkan perempuan untuk memiliki kendali yang lebih besar atas sumber daya ekonomi keluarga, seperti gaji dan kepemilikan properti, yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan keamanan finansial keluarga.
  • Dalam ranah politik, adanya keberagaman gender dalam representasi politik dapat membawa perspektif yang berbeda dan kepentingan yang lebih luas ke dalam proses pengambilan keputusan, yang pada gilirannya dapat menciptakan kebijakan yang lebih inklusif dan berpihak kepada seluruh masyarakat.

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan apa yang di maksud dengan WNI dan WNA serta berikan pernyataan peraturan perundang undangan tentang kewarganegaraan!

0

0.0

Jawaban terverifikasi