Auraria R

08 Juni 2024 15:23

Iklan

Iklan

Auraria R

08 Juni 2024 15:23

Pertanyaan

apa perbedaan hikayat dan babad secara singkat

apa perbedaan hikayat dan babad secara singkat


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 01:35

Jawaban terverifikasi

<p>Secara singkat, perbedaan antara hikayat dan babad adalah sebagai berikut:</p><p><strong>Hikayat</strong>: Hikayat merupakan kisah atau cerita yang berkembang di dunia Islam, terutama di kawasan Nusantara. Biasanya berisi tentang kisah-kisah kepahlawanan, petualangan, atau moralitas, dan sering kali memiliki latar belakang sejarah atau mitologi Islam. Hikayat sering kali ditulis dalam prosa naratif yang indah dan penuh warna, dengan gaya bahasa yang kaya.</p><p><strong>Babad</strong>: Babad adalah jenis kronik atau catatan sejarah yang berasal dari tradisi Jawa. Biasanya berisi tentang sejarah, legenda, atau kejadian-kejadian penting yang terjadi di Jawa, baik secara sejarah maupun mitologis. Babad sering kali ditulis dalam bentuk prosa atau puisi, dengan bahasa yang khas dan kadang-kadang menggunakan gaya sastra tradisional Jawa.</p>

Secara singkat, perbedaan antara hikayat dan babad adalah sebagai berikut:

Hikayat: Hikayat merupakan kisah atau cerita yang berkembang di dunia Islam, terutama di kawasan Nusantara. Biasanya berisi tentang kisah-kisah kepahlawanan, petualangan, atau moralitas, dan sering kali memiliki latar belakang sejarah atau mitologi Islam. Hikayat sering kali ditulis dalam prosa naratif yang indah dan penuh warna, dengan gaya bahasa yang kaya.

Babad: Babad adalah jenis kronik atau catatan sejarah yang berasal dari tradisi Jawa. Biasanya berisi tentang sejarah, legenda, atau kejadian-kejadian penting yang terjadi di Jawa, baik secara sejarah maupun mitologis. Babad sering kali ditulis dalam bentuk prosa atau puisi, dengan bahasa yang khas dan kadang-kadang menggunakan gaya sastra tradisional Jawa.


Iklan

Iklan

Navniaaa N

10 Juni 2024 01:59

Jawaban terverifikasi

<p>_Hikayat adalah salah satu jenis sastra lama yang berbentuk lisan atau tulisan. Pada umumnya, hikayat mengisahkan tentang kehidupan dari kaum bangsawan, keluarga istana, atau orang-orang yang memiliki kehebatan tertentu.</p><p>_Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan bahwa babad adalah kisahan berbahasa Jawa, Sunda, Bali, Sasak, dan Madura yg berisi peristiwa sejarah.</p><p>Babad merupakan sastra klasik yang berisi kisahan atau cerita yang dikemas dalam bentuk puisi tradisional atau pupuh.</p><p>&nbsp;</p>

_Hikayat adalah salah satu jenis sastra lama yang berbentuk lisan atau tulisan. Pada umumnya, hikayat mengisahkan tentang kehidupan dari kaum bangsawan, keluarga istana, atau orang-orang yang memiliki kehebatan tertentu.

_Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan bahwa babad adalah kisahan berbahasa Jawa, Sunda, Bali, Sasak, dan Madura yg berisi peristiwa sejarah.

Babad merupakan sastra klasik yang berisi kisahan atau cerita yang dikemas dalam bentuk puisi tradisional atau pupuh.

 

alt

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimana awal mula terjadinya Perang Dunia ke 2?

7

0.0

Jawaban terverifikasi