Resti S

04 April 2024 08:21

Iklan

Iklan

Resti S

04 April 2024 08:21

Pertanyaan

apa perbedaan antara makna denotasi dengan leksikal? berikan contohnya!

apa perbedaan antara makna denotasi dengan leksikal? berikan contohnya!


14

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Clarissa E

04 April 2024 19:43

Jawaban terverifikasi

<p>Makna leksikal adalah makna yang diperoleh dari sebuah kata dasar. Contoh : Kacamata ayah diletakkan di atas meja.</p><p>Makna denotatif adalah makna yang sebenarnya berdasarkan kamus. Contoh : Ular dan kadal adalah jenis hewan reptil berdarah dingin.</p>

Makna leksikal adalah makna yang diperoleh dari sebuah kata dasar. Contoh : Kacamata ayah diletakkan di atas meja.

Makna denotatif adalah makna yang sebenarnya berdasarkan kamus. Contoh : Ular dan kadal adalah jenis hewan reptil berdarah dingin.


Aisyah N

07 April 2024 02:01

makna unsur-unsur bahasa sebagai lambang benda dan peristiwa.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

06 April 2024 05:39

Jawaban terverifikasi

<p>Denotasi merujuk pada makna harfiah atau literal dari sebuah kata, sedangkan leksikal merujuk pada makna yang dikaitkan dengan kata tersebut dalam konteks sosial atau budaya yang lebih luas. Perbedaan antara keduanya dapat diilustrasikan dengan contoh sebagai berikut:</p><p><strong>Denotasi</strong>:</p><ul><li>Contoh: "Kucing" secara harfiah merujuk pada hewan berkaki empat dengan bulu halus, kumis, dan cenderung memburu tikus.</li><li>Penjelasan: Denotasi kata "kucing" adalah deskripsi fisik dari hewan tersebut, sesuai dengan makna literalnya.</li></ul><p><strong>Leksikal</strong>:</p><ul><li>Contoh: Dalam budaya Jepang, "kucing" dapat diasosiasikan dengan keberuntungan dan perlambangan kebahagiaan karena legenda tentang Maneki-neko, atau kucing angkat telapak kaki.</li><li>Penjelasan: Di sini, makna leksikal kata "kucing" melekat pada asosiasi budaya tertentu yang memberikan konotasi keberuntungan dan kebahagiaan.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

Denotasi merujuk pada makna harfiah atau literal dari sebuah kata, sedangkan leksikal merujuk pada makna yang dikaitkan dengan kata tersebut dalam konteks sosial atau budaya yang lebih luas. Perbedaan antara keduanya dapat diilustrasikan dengan contoh sebagai berikut:

Denotasi:

  • Contoh: "Kucing" secara harfiah merujuk pada hewan berkaki empat dengan bulu halus, kumis, dan cenderung memburu tikus.
  • Penjelasan: Denotasi kata "kucing" adalah deskripsi fisik dari hewan tersebut, sesuai dengan makna literalnya.

Leksikal:

  • Contoh: Dalam budaya Jepang, "kucing" dapat diasosiasikan dengan keberuntungan dan perlambangan kebahagiaan karena legenda tentang Maneki-neko, atau kucing angkat telapak kaki.
  • Penjelasan: Di sini, makna leksikal kata "kucing" melekat pada asosiasi budaya tertentu yang memberikan konotasi keberuntungan dan kebahagiaan.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan Pancasila

5

0.0

Jawaban terverifikasi