REY P

24 Agustus 2023 03:17

Iklan

Iklan

REY P

24 Agustus 2023 03:17

Pertanyaan

Apa klausa dalam kalimat majemuk bertingkat dan setara?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

24 Agustus 2023 08:12

Jawaban terverifikasi

<p>Klausa adalah unit gramatikal yang terdiri dari subjek dan predikat yang dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap atau menjadi bagian dari kalimat yang lebih besar. Kalimat majemuk dapat terdiri dari klausa-klausa yang saling terkait. Ada dua jenis kalimat majemuk yang umum: kalimat majemuk bertingkat (kalimat kompleks) dan kalimat majemuk setara (kalimat koordinatif).</p><p><strong>Klausa dalam Kalimat Majemuk Bertingkat (Kalimat Kompleks)</strong>: Kalimat majemuk bertingkat terdiri dari klausa induk (independent clause) dan klausa anak (dependent clause) yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap. Klausa anak bergantung pada klausa induk untuk memberikan makna yang lengkap.</p><p>Contoh: "Saat hujan turun, aku membaca buku." (Klausa anak: "Saat hujan turun", Klausa induk: "aku membaca buku")</p><p>Dalam contoh ini, klausa anak "Saat hujan turun" tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap, sedangkan klausa induk "aku membaca buku" dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap.</p><p><strong>Klausa dalam Kalimat Majemuk Setara (Kalimat Koordinatif)</strong>: Kalimat majemuk setara terdiri dari dua klausa independen (klausa yang dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap) yang dihubungkan oleh konjungsi koordinatif. Kedua klausa tersebut memiliki tingkat kepentingan yang setara.</p><p>Contoh: "Aku suka makanan pedas, dan dia lebih suka makanan manis." (Klausa 1: "Aku suka makanan pedas", Klausa 2: "dia lebih suka makanan manis")</p><p>Dalam contoh ini, kedua klausa "Aku suka makanan pedas" dan "dia lebih suka makanan manis" adalah independen dan memiliki tingkat kepentingan yang setara.</p><p>Jadi, klausa dalam kalimat majemuk bertingkat terdiri dari klausa anak dan klausa induk, sedangkan klausa dalam kalimat majemuk setara terdiri dari dua klausa independen yang dihubungkan oleh konjungsi koordinatif.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Klausa adalah unit gramatikal yang terdiri dari subjek dan predikat yang dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap atau menjadi bagian dari kalimat yang lebih besar. Kalimat majemuk dapat terdiri dari klausa-klausa yang saling terkait. Ada dua jenis kalimat majemuk yang umum: kalimat majemuk bertingkat (kalimat kompleks) dan kalimat majemuk setara (kalimat koordinatif).

Klausa dalam Kalimat Majemuk Bertingkat (Kalimat Kompleks): Kalimat majemuk bertingkat terdiri dari klausa induk (independent clause) dan klausa anak (dependent clause) yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap. Klausa anak bergantung pada klausa induk untuk memberikan makna yang lengkap.

Contoh: "Saat hujan turun, aku membaca buku." (Klausa anak: "Saat hujan turun", Klausa induk: "aku membaca buku")

Dalam contoh ini, klausa anak "Saat hujan turun" tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap, sedangkan klausa induk "aku membaca buku" dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap.

Klausa dalam Kalimat Majemuk Setara (Kalimat Koordinatif): Kalimat majemuk setara terdiri dari dua klausa independen (klausa yang dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap) yang dihubungkan oleh konjungsi koordinatif. Kedua klausa tersebut memiliki tingkat kepentingan yang setara.

Contoh: "Aku suka makanan pedas, dan dia lebih suka makanan manis." (Klausa 1: "Aku suka makanan pedas", Klausa 2: "dia lebih suka makanan manis")

Dalam contoh ini, kedua klausa "Aku suka makanan pedas" dan "dia lebih suka makanan manis" adalah independen dan memiliki tingkat kepentingan yang setara.

Jadi, klausa dalam kalimat majemuk bertingkat terdiri dari klausa anak dan klausa induk, sedangkan klausa dalam kalimat majemuk setara terdiri dari dua klausa independen yang dihubungkan oleh konjungsi koordinatif.

 

 


 


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Agustus 2023 08:19

Jawaban terverifikasi

Klausa adalah kelompok kata yang terdiri dari subjek dan predikat yang membentuk bagian dari kalimat. Dalam kalimat majemuk bertingkat dan setara, klausa dapat digunakan dalam dua cara yang berbeda. 1. **Klausa dalam Kalimat Majemuk Bertingkat**: Kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat yang terdiri dari klausa utama dan klausa yang terkandung di dalamnya. Klausa yang terkandung di dalam klausa utama disebut klausa subordinatif atau klausa subordinasi. Klausa ini tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat yang independen karena bergantung pada klausa utama untuk memberikan makna yang lengkap. Contoh: a. "Saya akan pergi ke toko **ketika cuaca cerah**." - Klausa "ketika cuaca cerah" merupakan klausa subordinatif yang memberikan informasi tambahan tentang waktu. b. "Dia belajar keras **karena ingin lulus**." - Klausa "karena ingin lulus" adalah klausa subordinatif yang memberikan alasan mengapa dia belajar keras. 2. **Klausa dalam Kalimat Majemuk Setara**: Kalimat majemuk setara adalah kalimat yang terdiri dari dua klausa yang setara di mana klausa-klausa tersebut memiliki kedudukan yang sama dan dapat berdiri sendiri sebagai kalimat yang independen. Klausa dalam kalimat majemuk setara sering dihubungkan oleh konjungsi koordinatif seperti "dan", "atau", "tetapi", "sebab", "karena", dsb. Contoh: a. "Dia suka bermain sepak bola, **dan** temannya suka berenang." - Klausa "Dia suka bermain sepak bola" dan "temannya suka berenang" adalah klausa-klausa setara yang diberi tanda koma dan dihubungkan oleh konjungsi "dan". b. "Saya ingin pergi ke pantai, **tetapi** cuacanya buruk." - Klausa "Saya ingin pergi ke pantai" dan "cuacanya buruk" adalah klausa-klausa setara yang dihubungkan oleh konjungsi "tetapi". Dalam kedua jenis kalimat ini, klausa memainkan peran penting dalam membentuk struktur dan makna kalimat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

429

5.0

Jawaban terverifikasi