Azkia A

20 April 2024 14:20

Iklan

Iklan

Azkia A

20 April 2024 14:20

Pertanyaan

Apa fungsi dari klasifikasi makhluk hidup ? Dan berikan contoh dari setiap kingdom nya !

Apa fungsi dari klasifikasi makhluk hidup ? Dan berikan contoh dari setiap kingdom nya !


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

21 April 2024 15:03

Jawaban terverifikasi

<p><strong>fungsi dari klasifikasi makhluk hidup :&nbsp;</strong></p><p><strong>1. Memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam.</strong></p><p><strong>2. Mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.</strong></p><p><strong>3. Sebagai sarana study lanjutan dan pengembangan ilmu ke-Kerajaan</strong></p><p><strong>4. Membandingkan makhluk hidup yang satu ekosistem atau dengan makhluk hidup lain</strong></p><p><strong>5. Memuaskan intelektual seseorang terutama dalam dunia sains dan perkembangan</strong></p><p><strong>6. Melestarikan kingdom atau spesies yang ada</strong></p><p>Kingdom Kingdom</p><p>a. Kingdom mineral&nbsp;</p><p>- memiliki sel prokariotik&nbsp;</p><p>- berkembang biak dengan cara membelah diri</p><p>contoh: bakteri, ganggang hijau biru (cyano bacteria).</p><p>b. Kingdom Protista</p><p>- jenis organisme yang menjadi anggota dari kingdom Protista bisanya tersusun atas sel banyak&nbsp;</p><p>- mempunyai membran inti (eaukariotik)&nbsp;</p><p>contoh: Sarcodina, sporazoa.</p><p>c. Kingdom Fungi</p><p>- tubuhnya ada yang bersel tunggal dan ada yang bersel banyak&nbsp;</p><p>- selnya bersifat eaukariotik, tidak berklorofil, memiliki dinding sel yang memiliki kandungan lilin</p><p>contoh: jamur cawan, Morel, lepiota.</p><p>d. Kingdom plantae&nbsp;</p><p>- organisme yang tidak dapat berpindah pindah tempat</p><p>- memiliki sel eaukariotik</p><p>- bersel banyak&nbsp;</p><p>- dapat melakukan fotosintesis karena memiliki klorofil</p><p>contoh: lumut, Paku Pakuan (pteridophyta), tumbuhan biji, tumbuhan tidak berbiji.</p><p>e. Kingdom Animalia&nbsp;</p><p>: eaukariotik</p><p>: bersel multiseluler&nbsp;</p><p>: memiliki sel safar</p><p>: kingdom Animalia terbagi menjadi 2 yaitu Avertebrata dan Vertebrata</p><p>&nbsp;</p><p>_Avertebrata</p><p>- Coelenterata : hewan berongga</p><p>- Porifera : hewan berpori</p><p>- Platihelmintes : hwan cacing pipih (planaria)</p><p>- Annelida : hewan cacing berbuku buku (cacing gelang)</p><p>- Nematelmintes : hewan cacing gilik (cacing tanah)</p><p>- Mollusca : &nbsp;hewan tukang lunak ( siput, sotong, gurita)</p><p>- Artopoda : ada banyak dan dibagi lagi tapi secara garis besar ada kalajengking, laba², nyamuk, udang, lobster, kupu², belalang.</p><p>- Ecinodermata : hewan berkulit duri (bintang laut, lilin laut, teripang).</p><p><strong>_Vertebrata</strong>&nbsp;</p><p>- Pisces (ikan)</p><p>- Aves (unggas : burung)</p><p>- Amfibi (katak)&nbsp;</p><p>- Reptil (hewan berkulit keras : buaya, kadal, tokek, ular, kuda laut)</p><p>- Mamalia (mamalia laut ada lumba lumba, Dugong, paus) dan (mamalia darat ada kucing, kelinci)</p><p>&nbsp;</p><p>semoga membantu&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

fungsi dari klasifikasi makhluk hidup : 

1. Memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam.

2. Mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.

3. Sebagai sarana study lanjutan dan pengembangan ilmu ke-Kerajaan

4. Membandingkan makhluk hidup yang satu ekosistem atau dengan makhluk hidup lain

5. Memuaskan intelektual seseorang terutama dalam dunia sains dan perkembangan

6. Melestarikan kingdom atau spesies yang ada

Kingdom Kingdom

a. Kingdom mineral 

- memiliki sel prokariotik 

- berkembang biak dengan cara membelah diri

contoh: bakteri, ganggang hijau biru (cyano bacteria).

b. Kingdom Protista

- jenis organisme yang menjadi anggota dari kingdom Protista bisanya tersusun atas sel banyak 

- mempunyai membran inti (eaukariotik) 

contoh: Sarcodina, sporazoa.

c. Kingdom Fungi

- tubuhnya ada yang bersel tunggal dan ada yang bersel banyak 

- selnya bersifat eaukariotik, tidak berklorofil, memiliki dinding sel yang memiliki kandungan lilin

contoh: jamur cawan, Morel, lepiota.

d. Kingdom plantae 

- organisme yang tidak dapat berpindah pindah tempat

- memiliki sel eaukariotik

- bersel banyak 

- dapat melakukan fotosintesis karena memiliki klorofil

contoh: lumut, Paku Pakuan (pteridophyta), tumbuhan biji, tumbuhan tidak berbiji.

e. Kingdom Animalia 

: eaukariotik

: bersel multiseluler 

: memiliki sel safar

: kingdom Animalia terbagi menjadi 2 yaitu Avertebrata dan Vertebrata

 

_Avertebrata

- Coelenterata : hewan berongga

- Porifera : hewan berpori

- Platihelmintes : hwan cacing pipih (planaria)

- Annelida : hewan cacing berbuku buku (cacing gelang)

- Nematelmintes : hewan cacing gilik (cacing tanah)

- Mollusca :  hewan tukang lunak ( siput, sotong, gurita)

- Artopoda : ada banyak dan dibagi lagi tapi secara garis besar ada kalajengking, laba², nyamuk, udang, lobster, kupu², belalang.

- Ecinodermata : hewan berkulit duri (bintang laut, lilin laut, teripang).

_Vertebrata 

- Pisces (ikan)

- Aves (unggas : burung)

- Amfibi (katak) 

- Reptil (hewan berkulit keras : buaya, kadal, tokek, ular, kuda laut)

- Mamalia (mamalia laut ada lumba lumba, Dugong, paus) dan (mamalia darat ada kucing, kelinci)

 

semoga membantu 

 

 

 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 April 2024 10:08

Jawaban terverifikasi

<p>Klasifikasi makhluk hidup memiliki beberapa fungsi, antara lain:</p><p><strong>Memudahkan Identifikasi</strong>: Dengan mengelompokkan makhluk hidup ke dalam kategori yang berbeda, klasifikasi memudahkan identifikasi dan studi terhadap keragaman hayati.</p><p><strong>Menyediakan Informasi Filogenetik</strong>: Klasifikasi mencerminkan hubungan evolusi antara berbagai jenis makhluk hidup, memberikan informasi tentang asal-usul dan perkembangan spesies.</p><p><strong>Menyediakan Dasar untuk Studi Ilmiah</strong>: Dengan mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang sama, klasifikasi memberikan dasar untuk mempelajari dan memahami kehidupan di Bumi.</p><p>Contoh kingdom dan representasinya:</p><p><strong>Kingdom Animalia</strong>: Merupakan kingdom yang terdiri dari hewan-hewan. Contohnya adalah manusia (Homo sapiens), singa (Panthera leo), dan ikan (Salmo salar).</p><p><strong>Kingdom Plantae</strong>: Merupakan kingdom yang terdiri dari tumbuhan. Contohnya adalah pohon ek (Quercus robur), rumput (Poaceae), dan bunga matahari (Helianthus annuus).</p><p><strong>Kingdom Fungi</strong>: Merupakan kingdom yang terdiri dari jamur. Contohnya adalah jamur kuping (Auricularia auricula-judae), jamur tiram (Pleurotus ostreatus), dan ragi (Saccharomyces cerevisiae).</p><p><strong>Kingdom Protista</strong>: Merupakan kingdom yang terdiri dari protista atau organisme eukariotik uniseluler. Contohnya adalah alga hijau (Chlamydomonas), protozoa seperti Amoeba dan Paramecium, serta alga coklat (Fucus vesiculosus).</p><p><strong>Kingdom Monera</strong>: Merupakan kingdom yang terdiri dari bakteri. Contohnya adalah Escherichia coli, Bacillus subtilis, dan Streptococcus pneumoniae.</p>

Klasifikasi makhluk hidup memiliki beberapa fungsi, antara lain:

Memudahkan Identifikasi: Dengan mengelompokkan makhluk hidup ke dalam kategori yang berbeda, klasifikasi memudahkan identifikasi dan studi terhadap keragaman hayati.

Menyediakan Informasi Filogenetik: Klasifikasi mencerminkan hubungan evolusi antara berbagai jenis makhluk hidup, memberikan informasi tentang asal-usul dan perkembangan spesies.

Menyediakan Dasar untuk Studi Ilmiah: Dengan mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang sama, klasifikasi memberikan dasar untuk mempelajari dan memahami kehidupan di Bumi.

Contoh kingdom dan representasinya:

Kingdom Animalia: Merupakan kingdom yang terdiri dari hewan-hewan. Contohnya adalah manusia (Homo sapiens), singa (Panthera leo), dan ikan (Salmo salar).

Kingdom Plantae: Merupakan kingdom yang terdiri dari tumbuhan. Contohnya adalah pohon ek (Quercus robur), rumput (Poaceae), dan bunga matahari (Helianthus annuus).

Kingdom Fungi: Merupakan kingdom yang terdiri dari jamur. Contohnya adalah jamur kuping (Auricularia auricula-judae), jamur tiram (Pleurotus ostreatus), dan ragi (Saccharomyces cerevisiae).

Kingdom Protista: Merupakan kingdom yang terdiri dari protista atau organisme eukariotik uniseluler. Contohnya adalah alga hijau (Chlamydomonas), protozoa seperti Amoeba dan Paramecium, serta alga coklat (Fucus vesiculosus).

Kingdom Monera: Merupakan kingdom yang terdiri dari bakteri. Contohnya adalah Escherichia coli, Bacillus subtilis, dan Streptococcus pneumoniae.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Makhluk hidup apa saja yang hidup di sekitar kita .... A. Tumbuhan dan hewan B. Air dan tanah C. Tumbuhan dan air D. Hewan dan tanah

1

0.0

Jawaban terverifikasi