Elsa R

29 Februari 2024 07:22

Iklan

Iklan

Elsa R

29 Februari 2024 07:22

Pertanyaan

apa fungsi Candi Boko pada saat terjadi perselisihan antara Balaputradewa dengan Rakai Pikatan?

apa fungsi Candi Boko pada saat terjadi perselisihan antara Balaputradewa dengan Rakai Pikatan?


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

KH. K

01 Maret 2024 06:20

Jawaban terverifikasi

Candi Boko memiliki peran penting dalam sejarah Jawa pada saat terjadi perselisihan antara Balaputradewa dengan Rakai Pikatan. Fungsinya adalah sebagai tempat perlindungan atau tempat persembunyian bagi Balaputradewa dalam menghadapi Rakai Pikatan. Pada masa itu, Rakai Pikatan menginginkan kekuasaan yang lebih besar atas wilayah tersebut dan menghadapi Balaputradewa yang merupakan saudara tiri. Candi Boko sebagai benteng atau kompleks keraton yang kokoh menjadi tempat yang strategis untuk Balaputradewa berlindung dari serangan Rakai Pikatan. Selain itu, Candi Boko juga mungkin digunakan sebagai pusat pertahanan atau pangkalan strategis untuk memobilisasi pasukan dan melancarkan serangan balasan jika diperlukan. Dengan demikian, Candi Boko memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan pada masa perselisihan antara Balaputradewa dengan Rakai Pikatan.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 22:41

Jawaban terverifikasi

<p>perselisihan antara Balaputradewa dan Rakai Pikatan dalam sejarah tidak begitu jelas, dan tidak ada catatan yang secara khusus menyebutkan keterlibatan Candi Boko dalam konteks perselisihan tersebut. Candi Boko sendiri adalah kompleks bangunan di dekat Prambanan, Yogyakarta, yang berasosiasi dengan kerajaan Mataram Kuno.</p><p>Namun, terdapat legenda atau kisah rakyat yang berkembang seputar Candi Boko yang berhubungan dengan perselisihan antara Balaputradewa dan Rakai Pikatan. Sebagian besar kisah ini bersifat mitologis dan tidak selalu mencerminkan peristiwa sejarah yang tepat. Namun, untuk memberikan jawaban yang lebih kontekstual, mari kita anggap bahwa terdapat sebuah kisah yang menyatakan Candi Boko terkait dengan perselisihan tersebut.</p><p><strong>Tempat Pertemuan atau Mediasi:</strong></p><ul><li>Dalam konteks legenda atau interpretasi tertentu, Candi Boko mungkin dianggap sebagai tempat pertemuan atau mediasi antara Balaputradewa dan Rakai Pikatan. Mungkin disakralkan sebagai tempat yang netral atau dianggap sebagai tempat suci untuk mencari penyelesaian bagi perselisihan tersebut.</li></ul><p><strong>Simbol Kedamaian atau Kesepakatan:</strong></p><ul><li>Candi dalam kebudayaan Jawa sering dianggap sebagai simbol spiritual dan kesakralan. Dalam konteks perselisihan antara pemimpin, Candi Boko mungkin dianggap sebagai simbol kesepakatan atau perdamaian yang dapat memediasi konflik dan merestorasi keseimbangan.</li></ul><p><strong>Upacara Keagamaan atau Pengorbanan:</strong></p><ul><li>Mungkin ada asumsi bahwa Balaputradewa dan Rakai Pikatan melakukan upacara keagamaan atau pengorbanan di Candi Boko sebagai bagian dari upaya untuk mengakhiri perselisihan mereka dan mendapatkan dukungan spiritual.</li></ul>

perselisihan antara Balaputradewa dan Rakai Pikatan dalam sejarah tidak begitu jelas, dan tidak ada catatan yang secara khusus menyebutkan keterlibatan Candi Boko dalam konteks perselisihan tersebut. Candi Boko sendiri adalah kompleks bangunan di dekat Prambanan, Yogyakarta, yang berasosiasi dengan kerajaan Mataram Kuno.

Namun, terdapat legenda atau kisah rakyat yang berkembang seputar Candi Boko yang berhubungan dengan perselisihan antara Balaputradewa dan Rakai Pikatan. Sebagian besar kisah ini bersifat mitologis dan tidak selalu mencerminkan peristiwa sejarah yang tepat. Namun, untuk memberikan jawaban yang lebih kontekstual, mari kita anggap bahwa terdapat sebuah kisah yang menyatakan Candi Boko terkait dengan perselisihan tersebut.

Tempat Pertemuan atau Mediasi:

  • Dalam konteks legenda atau interpretasi tertentu, Candi Boko mungkin dianggap sebagai tempat pertemuan atau mediasi antara Balaputradewa dan Rakai Pikatan. Mungkin disakralkan sebagai tempat yang netral atau dianggap sebagai tempat suci untuk mencari penyelesaian bagi perselisihan tersebut.

Simbol Kedamaian atau Kesepakatan:

  • Candi dalam kebudayaan Jawa sering dianggap sebagai simbol spiritual dan kesakralan. Dalam konteks perselisihan antara pemimpin, Candi Boko mungkin dianggap sebagai simbol kesepakatan atau perdamaian yang dapat memediasi konflik dan merestorasi keseimbangan.

Upacara Keagamaan atau Pengorbanan:

  • Mungkin ada asumsi bahwa Balaputradewa dan Rakai Pikatan melakukan upacara keagamaan atau pengorbanan di Candi Boko sebagai bagian dari upaya untuk mengakhiri perselisihan mereka dan mendapatkan dukungan spiritual.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan bahwa ada hubungan antara Sri Wijaya dengan Mataram Kuno khususnya dinasti syailendra..

2

0.0

Jawaban terverifikasi