Alaska A

17 Februari 2024 08:34

Iklan

Iklan

Alaska A

17 Februari 2024 08:34

Pertanyaan

apa dampak yang akan ditimbulkan apabila pohon berkurang pada daur / siklus karbon

apa dampak yang akan ditimbulkan apabila pohon berkurang pada daur / siklus karbon


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

LINTANG G

21 Februari 2024 04:35

Jawaban terverifikasi

<p>Pohon itu juga menyerap karbon. Jika tidak ada pohon maka berkurang pula yang menyerap karbon. Jadi suhu bumi akan semakin meningkat dan terjadilah pemanasan global.&nbsp;</p>

Pohon itu juga menyerap karbon. Jika tidak ada pohon maka berkurang pula yang menyerap karbon. Jadi suhu bumi akan semakin meningkat dan terjadilah pemanasan global. 


Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

18 Februari 2024 06:14

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini. Pembahasan: Penurunan jumlah pohon dalam siklus karbon akan memiliki dampak yang signifikan. Beberapa dampak yang mungkin timbul adalah: 1. Peningkatan Emisi Gas Rumah Kaca: Pohon mengabsorbsi karbon dioksida (CO2) dari udara dan menyimpannya dalam biomassa mereka. Kurangnya pohon akan mengakibatkan peningkatan kadar CO2 di atmosfer karena kurangnya kemampuan untuk menyerap gas tersebut sehingga dapat memperburuk pemanasan global dan perubahan iklim. 2. Pengurangan Ketersediaan Oksigen: Pohon juga memainkan peran penting dalam memproduksi oksigen melalui proses fotosintesis. Penurunan jumlah pohon dapat mengurangi ketersediaan oksigen di udara sehingga dapat mempengaruhi kesehatan manusia dan ekosistem secara keseluruhan. 3. Kerusakan Ekosistem: Kehilangan habitat alami yang disebabkan oleh deforestasi dapat mengakibatkan hilangnya keanekaragaman hayati, penurunan kualitas tanah, dan gangguan terhadap siklus air lokal. Kejadian ini dapat berdampak pada ekosistem darat dan air serta menyebabkan gangguan dalam penyediaan sumber daya alam yang penting bagi manusia. 4. Peningkatan Risiko Bencana Alam: Pohon memiliki peran dalam menjaga stabilitas tanah dan mengurangi risiko banjir, longsor, dan kekeringan. Dengan berkurangnya pohon, risiko bencana alam semacam ini dapat meningkat karena hilangnya perlindungan alami yang disediakan oleh pohon. 5. Pertumbuhan Ekonomi Terhambat: Beberapa masyarakat bergantung pada hutan untuk kehidupan dan mata pencaharian mereka. Penurunan jumlah pohon dapat mengurangi sumber daya alam yang tersedia bagi ekonomi lokal sehingga dapat mengakibatkan kemiskinan dan ketidakstabilan ekonomi. Oleh karena itu, menjaga jumlah pohon dalam siklus karbon adalah krusial untuk keseimbangan lingkungan dan kesejahteraan manusia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bandingkanlah perkembangan embrio dari hewan yang memiliki telur amniotik dengan hewan mamalia berplasenta

9

5.0

Jawaban terverifikasi