Quenisha K

01 Juni 2024 04:04

Iklan

Iklan

Quenisha K

01 Juni 2024 04:04

Pertanyaan

analisalah senyawa dalam kehidupan sehari-hari yang tergolong asam kuat dan lemah dan basa kuat dan lemah

analisalah senyawa dalam kehidupan sehari-hari yang tergolong asam kuat dan lemah dan basa kuat dan lemah


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 02:17

Jawaban terverifikasi

<p>berikut adalah beberapa contoh senyawa dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diklasifikasikan sebagai asam kuat, asam lemah, basa kuat, dan basa lemah:</p><p><strong>Asam Kuat:</strong></p><ul><li>Asam Klorida (HCl): Ditemukan dalam larutan asam lambung manusia. Ini merupakan contoh asam kuat yang larut sepenuhnya dalam air dan secara efektif melepaskan ion H+ dalam larutan.</li><li>Asam Sulfat (H2SO4): Digunakan secara luas dalam industri, juga ditemukan dalam aki mobil. Seperti HCl, asam sulfat juga termasuk asam kuat yang larut sepenuhnya.</li></ul><p><strong>Asam Lemah:</strong></p><ul><li>Asam Asetat (CH3COOH): Ditemukan dalam cuka. Ini adalah contoh asam lemah yang hanya sebagian terionisasi dalam larutan air, sehingga tidak menghasilkan ion H+ dalam konsentrasi tinggi.</li><li>Asam Karbonat (H2CO3): Ditemukan dalam minuman berkarbonasi seperti soda. Meskipun merupakan senyawa yang cukup larut dalam air, asam karbonat juga termasuk asam lemah.</li></ul><p><strong>Basa Kuat:</strong></p><ul><li>Hidroksida Natrium (NaOH): Dikenal sebagai soda kaustik, basa ini digunakan dalam banyak aplikasi industri dan juga sebagai bahan pembersih rumah tangga.</li><li>Hidroksida Kalium (KOH): Digunakan dalam produksi sabun dan deterjen, serta dalam industri kertas dan tekstil. Seperti NaOH, KOH adalah contoh basa kuat yang larut sepenuhnya dalam air.</li></ul><p><strong>Basa Lemah:</strong></p><ul><li>Amonia (NH3): Digunakan dalam produk pembersih dan pupuk. Meskipun amonia dapat bereaksi dengan air untuk membentuk ion hidroksida, jumlah ion hidroksida yang dihasilkan relatif rendah, sehingga amonia dianggap sebagai basa lemah.</li><li>Asam Amino: Asam amino seperti lisin, arginin, dan lain-lain, yang merupakan komponen utama protein dalam makanan, memiliki gugus NH2 yang dapat berperan sebagai basa lemah dalam larutan.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

berikut adalah beberapa contoh senyawa dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diklasifikasikan sebagai asam kuat, asam lemah, basa kuat, dan basa lemah:

Asam Kuat:

  • Asam Klorida (HCl): Ditemukan dalam larutan asam lambung manusia. Ini merupakan contoh asam kuat yang larut sepenuhnya dalam air dan secara efektif melepaskan ion H+ dalam larutan.
  • Asam Sulfat (H2SO4): Digunakan secara luas dalam industri, juga ditemukan dalam aki mobil. Seperti HCl, asam sulfat juga termasuk asam kuat yang larut sepenuhnya.

Asam Lemah:

  • Asam Asetat (CH3COOH): Ditemukan dalam cuka. Ini adalah contoh asam lemah yang hanya sebagian terionisasi dalam larutan air, sehingga tidak menghasilkan ion H+ dalam konsentrasi tinggi.
  • Asam Karbonat (H2CO3): Ditemukan dalam minuman berkarbonasi seperti soda. Meskipun merupakan senyawa yang cukup larut dalam air, asam karbonat juga termasuk asam lemah.

Basa Kuat:

  • Hidroksida Natrium (NaOH): Dikenal sebagai soda kaustik, basa ini digunakan dalam banyak aplikasi industri dan juga sebagai bahan pembersih rumah tangga.
  • Hidroksida Kalium (KOH): Digunakan dalam produksi sabun dan deterjen, serta dalam industri kertas dan tekstil. Seperti NaOH, KOH adalah contoh basa kuat yang larut sepenuhnya dalam air.

Basa Lemah:

  • Amonia (NH3): Digunakan dalam produk pembersih dan pupuk. Meskipun amonia dapat bereaksi dengan air untuk membentuk ion hidroksida, jumlah ion hidroksida yang dihasilkan relatif rendah, sehingga amonia dianggap sebagai basa lemah.
  • Asam Amino: Asam amino seperti lisin, arginin, dan lain-lain, yang merupakan komponen utama protein dalam makanan, memiliki gugus NH2 yang dapat berperan sebagai basa lemah dalam larutan.


 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bunyi Sila pertama Pancasila yaitu …. A. Ketuhanan Yang Maha Esa B. Kemanusiaan yang adil dan beradab C. Persatuan Indonesia D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

0

0.0

Jawaban terverifikasi