Anindya A

27 Maret 2024 02:07

Iklan

Iklan

Anindya A

27 Maret 2024 02:07

Pertanyaan

alat pembayaran berbasis elektronik elektronik payment dapat berupa..

alat pembayaran berbasis elektronik elektronik payment dapat berupa..


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

27 Maret 2024 09:30

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Alat Pembayaran Non Tunai Berbasis Elektronik</strong></p><p>Alat pembayaran non tunai berbasis elektronik termasuk sistem pembayaran digital. Nilai uang disimpan secara elektronik, dalam suatu media server atau chip.</p><p>&nbsp;</p><p>1.<strong> e-Money</strong></p><p>Alat pembayaran non tunai elektronik sering disebut e-money atau sebuah kartu berisi chip. Jumlah uang akan ada saat kita mengisi saldo kartu e-money.</p><p>&nbsp;</p><p>Uang elektronik bisa digunakan sebagai alat pembayaran, kepada pihak yang bukan merupakan penerbit uang elektronik tersebut. Nilai uang elektronik yang disetor oleh pemegang kartu bukanlah bentuk simpanan, jadi akan ada bunga dan tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).</p><p>&nbsp;</p><p>2. <strong>e-Wallet</strong></p><p>Jika berbasis server, contoh jenis alat pembayaran non tunai elektroniknya disebut e-wallet atau dompet digital/virtual. Untuk bisa punya e-wallet saat ini caranya cukup mudah kok.</p><p>Misalnya, dengan mendownload aplikasi penyedia e-wallet. Setelah terinstal, biasanya kamu akan diminta mengisi data diri, setelah itu kamu bisa langsung isi saldonya.</p>

Alat Pembayaran Non Tunai Berbasis Elektronik

Alat pembayaran non tunai berbasis elektronik termasuk sistem pembayaran digital. Nilai uang disimpan secara elektronik, dalam suatu media server atau chip.

 

1. e-Money

Alat pembayaran non tunai elektronik sering disebut e-money atau sebuah kartu berisi chip. Jumlah uang akan ada saat kita mengisi saldo kartu e-money.

 

Uang elektronik bisa digunakan sebagai alat pembayaran, kepada pihak yang bukan merupakan penerbit uang elektronik tersebut. Nilai uang elektronik yang disetor oleh pemegang kartu bukanlah bentuk simpanan, jadi akan ada bunga dan tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

2. e-Wallet

Jika berbasis server, contoh jenis alat pembayaran non tunai elektroniknya disebut e-wallet atau dompet digital/virtual. Untuk bisa punya e-wallet saat ini caranya cukup mudah kok.

Misalnya, dengan mendownload aplikasi penyedia e-wallet. Setelah terinstal, biasanya kamu akan diminta mengisi data diri, setelah itu kamu bisa langsung isi saldonya.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:14

Jawaban terverifikasi

<p>Alat pembayaran berbasis elektronik (electronic payment) dapat berupa berbagai bentuk instrumen keuangan yang memfasilitasi transaksi melalui jaringan elektronik. Beberapa contoh alat pembayaran berbasis elektronik meliputi:</p><p>Kartu Kredit: Kartu kredit adalah salah satu bentuk alat pembayaran yang paling umum dan populer. Pengguna dapat melakukan pembelian atau transaksi menggunakan kartu kredit dengan cara melakukan pembayaran nanti sesuai dengan tagihan bulanan.</p><p>Kartu Debit: Kartu debit memungkinkan pengguna untuk langsung membayar transaksi dengan menggunakan dana yang tersedia di rekening bank terkait. Pembayaran akan langsung didebitkan dari saldo rekening pengguna.</p><p>Mobile Payment: Mobile payment atau pembayaran melalui perangkat seluler semakin populer. Ini melibatkan penggunaan aplikasi perbankan atau dompet digital yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan ponsel pintar mereka.</p><p>E-Wallet: E-wallet atau dompet elektronik adalah bentuk lain dari alat pembayaran berbasis elektronik yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dana dalam bentuk digital. Pengguna dapat menggunakan e-wallet mereka untuk melakukan pembayaran online atau di toko fisik yang terhubung dengan layanan tersebut.</p><p>Internet Banking: Internet banking memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer dana, pembayaran tagihan, dan transaksi keuangan lainnya melalui internet menggunakan layanan perbankan online.</p><p>Cryptocurrency: Cryptocurrency seperti Bitcoin adalah bentuk baru dari alat pembayaran berbasis elektronik yang menggunakan teknologi blockchain. Cryptocurrency memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran secara langsung tanpa perantara bank atau lembaga keuangan lainnya.</p><p><br>&nbsp;</p>

Alat pembayaran berbasis elektronik (electronic payment) dapat berupa berbagai bentuk instrumen keuangan yang memfasilitasi transaksi melalui jaringan elektronik. Beberapa contoh alat pembayaran berbasis elektronik meliputi:

Kartu Kredit: Kartu kredit adalah salah satu bentuk alat pembayaran yang paling umum dan populer. Pengguna dapat melakukan pembelian atau transaksi menggunakan kartu kredit dengan cara melakukan pembayaran nanti sesuai dengan tagihan bulanan.

Kartu Debit: Kartu debit memungkinkan pengguna untuk langsung membayar transaksi dengan menggunakan dana yang tersedia di rekening bank terkait. Pembayaran akan langsung didebitkan dari saldo rekening pengguna.

Mobile Payment: Mobile payment atau pembayaran melalui perangkat seluler semakin populer. Ini melibatkan penggunaan aplikasi perbankan atau dompet digital yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan ponsel pintar mereka.

E-Wallet: E-wallet atau dompet elektronik adalah bentuk lain dari alat pembayaran berbasis elektronik yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dana dalam bentuk digital. Pengguna dapat menggunakan e-wallet mereka untuk melakukan pembayaran online atau di toko fisik yang terhubung dengan layanan tersebut.

Internet Banking: Internet banking memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer dana, pembayaran tagihan, dan transaksi keuangan lainnya melalui internet menggunakan layanan perbankan online.

Cryptocurrency: Cryptocurrency seperti Bitcoin adalah bentuk baru dari alat pembayaran berbasis elektronik yang menggunakan teknologi blockchain. Cryptocurrency memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran secara langsung tanpa perantara bank atau lembaga keuangan lainnya.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

mengapa beb4n penyusutan tidak dilaporkan dalam arus kas pada bagian aktivitas operasi dalam metode langsung

5

0.0

Jawaban terverifikasi