Adinda V

07 Maret 2024 03:55

Iklan

Iklan

Adinda V

07 Maret 2024 03:55

Pertanyaan

Akibat dari pergaulan bebas salah satunya timbul perbuatan

Akibat dari pergaulan bebas salah satunya timbul perbuatan


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 07:16

Jawaban terverifikasi

<p>Akibat pergaulan bebas dapat beragam, dan salah satu dampak negatifnya adalah terjadinya perbuatan yang tidak senonoh atau melanggar norma-norma sosial. Pergaulan bebas dapat mempengaruhi perilaku seseorang dan membuka peluang terjadinya tindakan yang tidak etis, seperti:</p><p><strong>Perilaku Sek-sual yang Tidak Aman:</strong></p><ul><li>Pergaulan bebas yang tidak diiringi dengan tanggung jawab dan kesadaran akan pentingnya hubungan yang sehat dapat menyebabkan perilaku seksual yang tidak aman. Hal ini meningkatkan risiko penularan penyakit sek-sual dan kehamilan tidak diinginkan.</li></ul><p><strong>Ketidaksetiaan dalam Hubungan:</strong></p><ul><li>Pergaulan bebas yang ekstrem atau tanpa batasan etika dapat mengarah pada ketidaksetiaan dalam hubungan. Ini dapat merusak kepercayaan dan kualitas hubungan, baik dalam perkawinan maupun hubungan pacaran.</li></ul><p><strong>Perilaku Keke-rasan atau Pelecehan:</strong></p><ul><li>Beberapa situasi pergaulan bebas yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko terjadinya perilaku kekerasan atau pelecehan, terutama dalam konteks hubungan yang tidak sehat atau tanpa batasan norma sosial yang jelas.</li></ul><p><strong>Penyalahgunaan Nar-koba dan Alkohol:</strong></p><ul><li>Pergaulan bebas yang berlebihan seringkali terkait dengan penyalahgunaan nar-koba dan alkohol. Hal ini dapat membahayakan kesehatan mental dan fisik individu serta memberikan dampak negatif pada lingkungan sekitarnya.</li></ul><p><strong>Penurunan Kualitas Hidup:</strong></p><ul><li>Pergaulan bebas yang tidak bijak dapat mengakibatkan penurunan kualitas hidup, terutama jika melibatkan kebiasaan yang merugikan diri sendiri, seperti merokok, minum alkohol berlebihan, atau terlibat dalam perilaku yang merugikan kesehatan.</li></ul><p><strong>Stigma Sosial:</strong></p><ul><li>Pergaulan bebas yang dianggap tidak sesuai dengan norma sosial dapat menciptakan stigma sosial. Individu yang terlibat dalam pergaulan bebas mungkin menghadapi penilaian dan diskriminasi dari masyarakat sekitarnya.</li></ul>

Akibat pergaulan bebas dapat beragam, dan salah satu dampak negatifnya adalah terjadinya perbuatan yang tidak senonoh atau melanggar norma-norma sosial. Pergaulan bebas dapat mempengaruhi perilaku seseorang dan membuka peluang terjadinya tindakan yang tidak etis, seperti:

Perilaku Sek-sual yang Tidak Aman:

  • Pergaulan bebas yang tidak diiringi dengan tanggung jawab dan kesadaran akan pentingnya hubungan yang sehat dapat menyebabkan perilaku seksual yang tidak aman. Hal ini meningkatkan risiko penularan penyakit sek-sual dan kehamilan tidak diinginkan.

Ketidaksetiaan dalam Hubungan:

  • Pergaulan bebas yang ekstrem atau tanpa batasan etika dapat mengarah pada ketidaksetiaan dalam hubungan. Ini dapat merusak kepercayaan dan kualitas hubungan, baik dalam perkawinan maupun hubungan pacaran.

Perilaku Keke-rasan atau Pelecehan:

  • Beberapa situasi pergaulan bebas yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko terjadinya perilaku kekerasan atau pelecehan, terutama dalam konteks hubungan yang tidak sehat atau tanpa batasan norma sosial yang jelas.

Penyalahgunaan Nar-koba dan Alkohol:

  • Pergaulan bebas yang berlebihan seringkali terkait dengan penyalahgunaan nar-koba dan alkohol. Hal ini dapat membahayakan kesehatan mental dan fisik individu serta memberikan dampak negatif pada lingkungan sekitarnya.

Penurunan Kualitas Hidup:

  • Pergaulan bebas yang tidak bijak dapat mengakibatkan penurunan kualitas hidup, terutama jika melibatkan kebiasaan yang merugikan diri sendiri, seperti merokok, minum alkohol berlebihan, atau terlibat dalam perilaku yang merugikan kesehatan.

Stigma Sosial:

  • Pergaulan bebas yang dianggap tidak sesuai dengan norma sosial dapat menciptakan stigma sosial. Individu yang terlibat dalam pergaulan bebas mungkin menghadapi penilaian dan diskriminasi dari masyarakat sekitarnya.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

16 Maret 2024 00:32

Jawaban terverifikasi

<p>Akibat dari pergaulan bebas dapat beragam, termasuk timbulnya berbagai jenis perbuatan yang mungkin tidak sesuai dengan nilai-nilai moral, norma sosial, atau hukum yang berlaku. Beberapa contoh perbuatan yang dapat timbul akibat pergaulan bebas termasuk:</p><ol><li>Perilaku seksual yang tidak bertanggung jawab, seperti hubungan seksual tanpa perlindungan atau hubungan seksual di bawah umur.</li><li>Kekerasan fisik atau verbal dalam hubungan, seperti pelecehan atau kekerasan dalam pacaran.</li><li>Kriminalitas, seperti pencurian, perampokan, atau tindak kejahatan lainnya yang dipicu oleh pergaulan di lingkungan yang tidak sehat.</li></ol>

Akibat dari pergaulan bebas dapat beragam, termasuk timbulnya berbagai jenis perbuatan yang mungkin tidak sesuai dengan nilai-nilai moral, norma sosial, atau hukum yang berlaku. Beberapa contoh perbuatan yang dapat timbul akibat pergaulan bebas termasuk:

  1. Perilaku seksual yang tidak bertanggung jawab, seperti hubungan seksual tanpa perlindungan atau hubungan seksual di bawah umur.
  2. Kekerasan fisik atau verbal dalam hubungan, seperti pelecehan atau kekerasan dalam pacaran.
  3. Kriminalitas, seperti pencurian, perampokan, atau tindak kejahatan lainnya yang dipicu oleh pergaulan di lingkungan yang tidak sehat.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

undefined Terapi gen merupakan salah satu hasil dari bioteknologi. Dampak negatif dari 5 poin ditemukannya terapi gen dianggap dapat.... Tandai satu obal saja. 00000 Munculnya kelainan genetik meningkatnya penyakit genetik peningkatan resistensi penyakit genetik menimbulkan peristiwa mutasi gen sel somatik mampu memproduksi enzim tertentu

0

0.0

Jawaban terverifikasi