Apriyani N

02 Mei 2024 06:21

Iklan

Iklan

Apriyani N

02 Mei 2024 06:21

Pertanyaan

Agnatha adalah kelompok hewan yang anggotanya tidak mempunyai tulang rahang. SEBAB Agnatha adalah termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia.


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

19 Juni 2024 12:28

Jawaban terverifikasi

Pernyataan bahwa "Agnatha adalah kelompok hewan yang anggotanya tidak mempunyai tulang rahang" adalah benar. Agnatha, atau ikan tanpa rahang, adalah kelompok vertebrata yang tidak memiliki rahang. Contoh hewan dalam kelompok ini adalah lamprey dan hagfish. Namun, alasan bahwa "Agnatha adalah termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia" adalah salah. Agnatha tidak termasuk ke dalam kelompok mamalia. Mamalia adalah kelas yang berbeda dari vertebrata yang memiliki karakteristik seperti rambut dan kelenjar susu. Agnatha lebih dekat dengan kelompok ikan daripada mamalia. Jadi, pernyataan pertama benar, tetapi alasan yang diberikan salah.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

Dijawab 2 hari yang lalu

Pernyataan "Agnatha adalah kelompok hewan yang anggotanya tidak mempunyai tulang rahang" adalah benar. Alasan: * Definisi Agnatha: Agnatha adalah kelompok hewan vertebrata yang tidak memiliki rahang. Nama "Agnatha" berasal dari bahasa Yunani yang berarti "tanpa rahang". * Ciri-ciri Agnatha: Ciri-ciri utama Agnatha adalah tidak memiliki rahang, sirip berpasangan, dan rangka tubuh yang terbuat dari tulang rawan. Agnatha juga memiliki mulut yang berbentuk lingkaran dengan gigi tanduk dan lidah. Kulit mereka tidak bersisik, dan mereka memiliki jantung beruang dua. * Contoh Agnatha: Contoh Agnatha adalah lamprey dan hagfish. Lamprey adalah hewan parasit yang menempel pada ikan lain untuk memakan darahnya. Hagfish adalah hewan nokturnal yang hidup di dasar laut. Pernyataan "Agnatha adalah termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia" adalah salah. Alasan: * Definisi mamalia: Mamalia adalah kelompok hewan vertebrata yang memiliki kelenjar susu, rambut atau bulu, dan telinga luar. Mamalia juga melahirkan anak dan merawatnya dengan susu. * Ciri-ciri Agnatha: Agnatha tidak memiliki ciri-ciri mamalia. Mereka tidak memiliki kelenjar susu, rambut atau bulu, telinga luar, dan mereka tidak melahirkan anak. * Klasifikasi Agnatha: Agnatha termasuk ke dalam subfilum Vertebrata, kelas Agnatha. Mamalia termasuk ke dalam subfilum Vertebrata, kelas Mammalia. Kesimpulan: Pernyataan "Agnatha adalah kelompok hewan yang anggotanya tidak mempunyai tulang rahang" adalah benar karena Agnatha tidak memiliki rahang. Pernyataan "Agnatha adalah termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia" adalah salah karena Agnatha tidak memiliki ciri-ciri mamalia. Berikut adalah beberapa detail tambahan tentang Agnatha: * Agnatha adalah hewan purba yang telah ada sejak zaman Kambrium. * Agnatha hidup di laut dan air tawar. * Agnatha adalah karnivora dan herbivora. * Agnatha adalah bagian penting dari rantai makanan laut. Saya harap informasi ini bermanfaat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan kedua kutipan berikut! Kutipan 1 Pada tahun 1942 Asrul Sani pindah ke SMP Taman Siswa, Jakarta. Di sekolah ini Asrul berkenalan dengan Pramoedya Ananta Toer dan bersama-sama menjadi anggota kelompok “Penggemar Sastra”. Setelah tamat SMP, Asrul masuk ke Sekolah Kedokteran Hewan, Bogor dan melanjukan ke Perguruan Tinggi Kedokteran. Kutipan 2 S. Sinansari Ecip merupakan nama samaran dari Sution yang terkenal sebagai pengarang novel, puisi, cerpen dan cerita anak. Dia pernah memimpin redaksi majalah Almamater yang diterbitkan oleh Dewan Mahasiswa UI. Dia juga aktif menulis dalam Harian Kami edisi Jakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Dia bekerja sebagai penulis dan dosen. Seabagai seorang penulis, ia beberapa kali memperoleh penghargaan atas hasil karyanya. Perbedaan penggunaan kaidah kebahasaan kedua kutipan tersebut adalah ..... * Kutipan 1 : Menggunakan keterangan waktu Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti orang/pronomina persona Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi antarkalimat Kutipan 2 : Menggunakan keterangan waktu Kutipan 1 : Mengguanakan kata ganti orang/pronomina Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi antar kalimat Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi koordinatif Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti pronomina penunjuk Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi subordinatif Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi korelatif

1

5.0

Jawaban terverifikasi

1) Apa saja bahan dan uang modal untuk membuat nasi goreng? Bandingkan antara modal dan keuntungan "nasi goreng"! 2) Pemimpin negara muda mengajak 15 mahasiswa untuk pergi ke mall. Mereka menaiki study tour dengan harga Rp 450.000/orang. Setelah sampai, pemimpin mengajak mereka makan siang. Ia pun membeli nasi goreng untuk 15 mahasiswa yang ingin makan disini. Harga nasi goreng sebesar Rp 15.000/orang. Setelah itu pemimpin negara dan mahasiswa pergi ke tempat belanja makanan dan barang. Setelah belanja, total harga beli dari semua mahasiswa mencapai (Rp 3.200.000). Mereka pulang membawa study tour yang sama. Jika Pemimpin negara memiliki penyimpanan kartu bank sebesar (Rp 20.000.000). Berapa sisa uang beliau sekarang? Jelaskan cerita pengalaman pemimpin negara dan mahasiswa saat ke mall! (jika ada) 3) Untuk bisa jadi negara maju, usaha harus mencapai Rp 8.000.000/bulan. Sebagai contoh usaha nasi goreng dengan harga Rp 15.000/orang, maka dalam sehari mereka hanya datang 18 orang dalam sehari dan dalam sebulan bisa mencapai Rp 8.100.000/bulan. Namun ternyata kita tidak memiliki industri bersih untuk produksi bahan baku. Sehingga harus memiliki modal besar untuk membeli bahan baku. Kita bayangkan saja, dalam sehari ada sekitar 200 pelanggan datang untuk makan nasi goreng. Maka duit yang dikumpulkan mencapai Rp 3.000.000/hari dan Rp 90.000.000/bulan. Jika mengira mereka sudah maju, ternyata belum. Karena dunia menggunakan energi listrik dengan biaya yang besar. Belum lagi usaha memiliki keluarga yang besar. Sehingga mereka harus mengeluarkan modal yang besar juga. Terakhir adalah tidak semua 200 pelanggan datang yang sama. Bisa jadi karena reputasi buruk atau kondisi lingkungan. Kalau kita pikir, apa jadinya kalau semua pendapatan usaha nasi goreng bisa bersaing sama perusahaan besar lainnya? jelaskan kesimpulan! ​

24

5.0

Jawaban terverifikasi