Anji V

27 Juni 2022 21:18

Iklan

Iklan

Anji V

27 Juni 2022 21:18

Pertanyaan

80. Cermatilah kutipan berikut! Hendak ramai, murahkan perangai. Sesuai dengan gurindam tersebut, hal yang dilakukan Lala adalah ... A. Lala ingin punya banyak ternan. Karena itu, ia selalu bersikap ramah dan baik hati kepada siapa pun. B. Lala selalu menyelenggarakan pesta ulang tahun yang meriah agar ia disukai teman-teman sekelasnya. C. Beramai-ramai, Lala dan teman-temannya pergi ke rumah sakit untuk mengunjungi Dina yang sakit. D. Selalu saja Lala bercanda dengan teman-temannya. Suasana kelas menjadi riuh walaupun sudah masuk jam belajar. E. Keramaian di sekolah Lala pada HUT sekolahnya menjadikan masyarakat di sekitarnya merasa terhibur. Mereka mendapat tontonan gratis.


17

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Pramesti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

28 Juni 2022 05:12

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah A. Lala ingin punya banyak teman. Karena itu, ia selalu bersikap ramah dan baik hati kepada siapa pun. Gurindam merupakan salah satu jenis puisi rakyat atau puisi lama yang memuat petuah atau nasihat yang dapat diteladani oleh masyarakat. Gurindam memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis puisi rakyat lain, yaitu: 1. Setiap baitnya hanya terdiri dari dua baris 2. Bersajak a-a 3. Menunjukkan hubungan sebab-akibat. Biasanya baris 1 berisi sebab dan baris 2 berisi akibat Gurindam pada soal memiliki makna sebagai berikut: - Baris 1 : jika ingin dikenal banyak orang atau ingin memiliki banyak teman. - Baris 2 : harus memiliki perangai/karakter yang murah hati dan ramah kepada orang lain. Jadi, jawaban yang benar adalah A. Lala ingin punya banyak teman. Karena itu, ia selalu bersikap ramah dan baik hati kepada siapa pun.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

535

5.0

Jawaban terverifikasi