Lily S

21 Juni 2022 04:34

Iklan

Iklan

Lily S

21 Juni 2022 04:34

Pertanyaan

76. Kata ulang yang menyatakan makna 'saling' terdapat pada kalimat ... A. Mereka memberi alamat rumah dan alamat kantor masing-masing. B. Anak itu bersembur-semburan air dengan gembira ketika mandi di sungai. C. Akhir-akhir ini ibuku marah-marah saja. D. Ibu membeli buah-buahan untuk merayakan ulang tahun kakak saya. E. Berkali-kali anak itu kunasihati, tetapi tetap tidak ada perubahan.


5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Ardiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

21 Juni 2022 15:36

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah B. Simak penjelasan berikut. Dalam setiap kalimat, terdapat kata kerja yang menerangkan subjek. Kata kerja tersebut dapat menyatakan keterangan mengenai suatu hal apabila diberi imbuhan. Imbuhan adalah bunyi yang ditambahkan pada sebuah kata (di awal, di akhir, di tengah, atau gabungan di antara tiga imbuhan) untuk membentuk kata baru yang artinya berhubungan dengan kata yang pertama. Imbuhan yang menyatakan kesalingan adalah imbuhan ber-an. Contohnya, berpeluk-pelukan, bermaaf-maafan, bersalam-salaman, dan lain sebagainya. Selain itu, kesalingan yang dimaksud adalah hal yang dilakukan secara bersamaan oleh dua belah pihak. Kalimat yang menggunakan keterangan kesalingan, yakni "Anak itu bersembur-semburan air dengan gembira ketika mandi di sungai." Kalimat ini menyatakan anak-anak yang saling menyemburkan air dengan gembira. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. Semoga membantu, ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

460

5.0

Jawaban terverifikasi