Jacinda F

01 Mei 2024 13:35

Iklan

Iklan

Jacinda F

01 Mei 2024 13:35

Pertanyaan

5. DI BAWAH INI ADALAH TINDAKAN PELAKU EKONOMI YANG BERUSAHA MENERAPKAN PRINSIP EKONOMI DENGAN BENAR KECUALI ..... A. IBU ANI MEMILIH BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL DARIPADA DI MAL B. PEDAGANG ICE CREAM MENGGUNAKAN PEMANIS BUATAN UNTUK MENGGANTIKAN GULA YANG HARGANYA MAHAL C. PEDAGANG JERUK MEMBELI JERUK DI BERASTAGI DAN MENJUALNYA DI MEDAN DENGAN HARGA YANG LEBIH MAHAL. D. IBU MENAWAR HARGA BARANG AKAN DIBELINYA.

5. DI BAWAH INI ADALAH TINDAKAN PELAKU EKONOMI YANG BERUSAHA MENERAPKAN PRINSIP 
EKONOMI DENGAN BENAR KECUALI .....
A. IBU ANI MEMILIH BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL DARIPADA DI MAL
B. PEDAGANG ICE CREAM MENGGUNAKAN PEMANIS BUATAN UNTUK MENGGANTIKAN GULA 
YANG HARGANYA MAHAL
C. PEDAGANG JERUK MEMBELI JERUK DI BERASTAGI DAN MENJUALNYA DI MEDAN DENGAN 
HARGA YANG LEBIH MAHAL.
D. IBU MENAWAR HARGA BARANG AKAN DIBELINYA.


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

02 Mei 2024 14:45

Jawaban terverifikasi

<p>karena kecuali jadi jawaban b.</p><p>penjelasan:&nbsp;</p><p>karena a. sang ibu berusaha mendapat keuntungan dengan membeli produk di tempat yang berbeda dgn kualitas yg sama</p><p>c. membeli jeruk didaerah yang lagi musim atau murah dan menjual di daerah yang mungkin belum byk dan dengan harga yang lebih menguntungkan</p><p>d. menawar barang kepada pembeli agar dapat dijual lagi adalah teknik untuk menerapkan prinsip ekonomi</p><p>semoga membantu ✿</p>

karena kecuali jadi jawaban b.

penjelasan: 

karena a. sang ibu berusaha mendapat keuntungan dengan membeli produk di tempat yang berbeda dgn kualitas yg sama

c. membeli jeruk didaerah yang lagi musim atau murah dan menjual di daerah yang mungkin belum byk dan dengan harga yang lebih menguntungkan

d. menawar barang kepada pembeli agar dapat dijual lagi adalah teknik untuk menerapkan prinsip ekonomi

semoga membantu ✿


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

03 Mei 2024 14:26

<p><br>Pilihan yang merupakan tindakan pelaku ekonomi yang tidak menerapkan prinsip ekonomi dengan benar adalah:</p><p>C. Pedagang jeruk membeli jeruk di Berastagi dan menjualnya di Medan dengan harga yang lebih mahal.</p><p>Prinsip ekonomi yang benar menekankan pada efisiensi alokasi sumber daya, termasuk upaya untuk mengurangi pemborosan dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Dalam kasus ini, pedagang tersebut mungkin melakukan tindakan yang dikenal sebagai "arbitrage", yaitu membeli barang dengan harga rendah di satu tempat dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi di tempat lain tanpa menambah nilai atau mengubah produk tersebut. Hal ini tidak memperbaiki alokasi sumber daya secara efisien, melainkan hanya memanfaatkan perbedaan harga di pasar yang berbeda.</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Pilihan yang merupakan tindakan pelaku ekonomi yang tidak menerapkan prinsip ekonomi dengan benar adalah:

C. Pedagang jeruk membeli jeruk di Berastagi dan menjualnya di Medan dengan harga yang lebih mahal.

Prinsip ekonomi yang benar menekankan pada efisiensi alokasi sumber daya, termasuk upaya untuk mengurangi pemborosan dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Dalam kasus ini, pedagang tersebut mungkin melakukan tindakan yang dikenal sebagai "arbitrage", yaitu membeli barang dengan harga rendah di satu tempat dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi di tempat lain tanpa menambah nilai atau mengubah produk tersebut. Hal ini tidak memperbaiki alokasi sumber daya secara efisien, melainkan hanya memanfaatkan perbedaan harga di pasar yang berbeda.

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Teks 1 Guru: Selamat pagi, anak-anak Para Siswa: Selamat pagi, Pak. Guru: Apakah kalian semua sudah mengerjakan PR? Steven: Saya belum mengerjakan PR? Guru: kenapa kamu belum mengerjakan PR? Steven: Saya lupa Pak kalau hari ini ada pengumpulan tugas. Guru: Terus kamu mau diberikan hukuman apa? Steven: Tidak tahu Pak Guru: Bagaimana kalau kamu dihukum di jamur di lapangan? Steven: Jangan Pak. Nanti saya kepanasan. Guru: Itu kan salah kamu karena tidak mengerjakan PR. Steven: Tua Pak, tapi apakah hukumannya bisa diganti saja? Guru: Yasudah, bagaimana kalau kamu berdiri di depan kelas selama mata pelajaran Bapak? Steven: Waktunya tidak bisa dikurangi, Pak? Guru: Tidak bisa! Steven: Benar-benar tidak bisa kurang waktunya Pak? Guru: Tidak bisa! Steven: Baik Pak Saya akan berdiri di depan kelas selama mata pelajaran Bapak. Guru: Lain kali kamu jangan lupa mengumpulkan tugas ya. Steven: Baik Pak, kedepannya saya akan mengumpulkan tugas. Teks 2 Seperti biasanya, setiap pagi pasti ibu akan pergi ke pasar untuk belanja harian kendaraan motor yang ada di rumah selalu digunakan untuk mengantarkannya ke pasar. Ibu sudah mempunyai toko langganan yang menurutnya lebih murah daripada toko-toko lainnya. Singkat cerita toko langganan ibu sedang tutup, sehingga ibu berpindah ke toko setelahnya. Ibu mulai mencari bahan-bahan yang akan dimasak hari ini dan besok. Ibu sempat merasa bingung karena catatan belanja lupa dibawa. Setelah diingat OL -ingat kembali. Ibu ingin membeli satu kilo ayam bahan sayur sop, bahan sambil dan bumbu-bumbu dapur. Ibu menyapa penjualnya dengan menanyakan beberapa harga sayuran supaya mengetahui apakah harganya sangat mahal atau tidak. Sebelum membeli bahan-bahan tersebut ibu bertanya kepada pedagang harga dari bahan-bahan tersebut Ibu baru tahu kalau harga ayam sedikit lebih mahal dibandingkan dengan toko langganannya Tanpa berpikir panjang ibu langsung mengajukan harga yang sesuai dengan toko langganannya. Penjual merespon dengan jawaban santai sehingga pengajuan ini dilanjutkan dengan tawar menawar khas ibu-ibu dan pedagang Ibu sangat dikenal ketika melakukan tawar menawar tidak pernah kalah. Ibu mulai menawar kembali harga ayam yang semula 35 ribu menjadi 32 ribu. Pedagang pun menolak tawaran yang ibu itu dan meminta untuk menaikkan harga Ibu pun menolak karena dianggap harga ayam tersebut terlalu mahal Serasa tidak mau merugi, pedagang kembali meminta untuk menaikkan harga ayam itu kemudian, ibu menaikkan harga ayam itu menjadi 33 ribu Pedagang merasa masih rugi, sehingga menawarkan harga 34 ribu tetapi harga begitu dianggap malah oleh ibu Hingga pada akhirnya, ibu tidak jadi membeli ayam di toko sebelah langganannya dan berpindah ke toko lain Proses negosiasi tidak mendapatkan titik temu sehingga kesepakatan tidak jadi tercapai. Pedagang kecewa karena harus kehilangan pelanggan. Sementara itu, ibu lelah karena harus berpindah toko lainnya. kemudian ibu melakukan strategi jitu dengan cara para-para pergi supaya pedagang itu memanggilnya kembali. Tapi adalah daya ternyata pedagang itu tidak memanggil ibu kembali, Tentukan masalah negosiasi yang telah Anda baca!

164

5.0

Jawaban terverifikasi

Judul : Negeri 5 Menara Pengarang : A. Fuadi Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama Tahun terbit : Tahun 2009 Jumlah halaman : Xii + 423 halaman Kota tempat terbit : Jakarta Kategori : Novel/Fiksi Harga : Rp 50.000,00 Ukuran Novel : 19,7 x 13,7 cm Ahmad Fuadi lahir di Bayur, kampung kecil di pinggir danau Maninjau. tahun 1972, tidak jauh dari kampung Buya Hamka. Fuadi merantau ke Jawa, mematuhi perintah ibunya untuk masuk ke sekolah agama. Di pondok modern Gontor, dia bertemu kiai dan ustad yang diberi keikhlasan mengajarkan ilmu hidup dan akhirat. Gontor pula yang mengajarkan kepadanya ”mantra” sederhana yang sangat kuat , mad jadda wajjada, siapa yang bersungguh sunguh akan sukses. Lulus kuliah Hubungan Iternasional, UNPAD, dia menjadi Wartawan majalah TEMPO. Kelas jurnalistik pertamanya dijalani dalam tugas-tugas reportase di bawah bimbingan para wartawan senior. Tahun 1999, dia mendapat beasiswa Fulbright untuk kuliah S-2 di school of Media and Publicc Affairis, George Washington University,USA. Merantau ke Washington DC bersama Yayi, istrinya-yang juga wartawanTempo-adalah mimpi masa kecilnya yang menjadi kenyataan. Sambil kuliah, mereka menjadi koresponden Tempodan wartawan Voice of Amerika (VOA). Berita bersejarah sejarah seperti tragedi 11 september dolaporkan mereka berdua langsung dari Pantagon, white House dab Capitol Hill. Tahun 2004, jendela dunia lain terbuka lagi ketika dia mendapatkan beasiswa Chevening Award untuk belajar di Royal Holloway, University of London untuk bidang film dokumenter. Seorang Scholarship Hunter, Fuadi selalu bersemangat melanjutkan sekolah dengan mencari beasiswa. Sampai sekarang, Fuadi telah mendapat 8 beasiswa untuk belajar di luar negeri. Dia telah mendapatkan kesempatan tinggal dan belajar di Kanada, Singapura, Amerika Serikat dan Inggris. Penyuka fotografi ini pernah menjadi Direktur Komunikasi The Nature Conservancy, sebuah NGO konservasi internasional. Kini, Fuadi sibuk menulis, jadi pembicaraan dan motivator. Ia mulai menggarap film layar lebar Negeri 5 Menara serta membangun yayasan sosial untuk membantu pendidikan orang yang tidak mampu-Komunitas Menara. Negeri 5 Menara telah mendapat beberapa penghargaan, antara lain Nominasi Khatulistiwa Award 2010 dan Penulis dan Buku Fiksi Terfavorit 2010 versi Anugerah Pembaca indonesia Twitter : @fuadi1 (pakai angka 1) Facebook fanpage : Negeri 5 Menara Email : [email protected] Email untuk mengundang : [email protected] SINOPSIS Alif lahir di pinggir Danau Maninjau dan tidak pernah menginjak tanah di luar ranah Minangkabau. Alif dari kecil sudah bercita-cita ingin menjadi B.J Habibie, maka dari itu selepas tamat SMP Alif sudah berencana melanjutkan sekolah Ke SMU negeri di Padang yang akan memuluskan langkahnya untuk kuliah dijurusan yang sesuai. Namun, Amak menginginkan Alif jadi penerus Buya Hamka, membuat mimpi Alif kandas. Alif diberi pilihan sekolah di sekolah agama atau mondok di pesantren. Sempat marah tapi akhirnya Alif ikhlas karena alif tidak ingin mengecewakan harapan orang tua khususnya ibu, alif pun menjalankan keinginan ibunya dan masuk pondok. Atas saran dari pamannya dikairo alif kecil pun memutuskan untuk melanjutkan sekolah di pondok yang ada di Jawa Timur : PONDOK MADANI. Walaupun awalnya amak berat dengan keputusan Alif yang memilih pondok di Jawa bukan yang ada di dekat rumah mereka dengan pertimbangan Alif belum pernah menginjak tanah diluar ranah minang, namun akhirnya ibunya merestui keinginan Alif itu. Awalnya Alif setengah hati menjalani pendidikan dipondok karena dia harus merelakan cita-citanya yang ingin kuliah di ITB dan menjadi seperti Habibie. Namun kaliamat bahasa Arab yang didengar Alif dihari pertama di PM (pondok madani )mampu mengubah pandangan alif tentang melanjutkan pendidikan di Pesantren sama baiknya dengan sekolah umum. ” mantera” sakti yang diberikan kiai Rais (pimpinan pondok ) man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil. Dan Alif pun mulai menjalani hari-hari dipondok dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh. Di PM Alif berteman dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung dan si jenius Baso dari Gowa, Sulawesi. Ternyata kehidupan di PM tidak semudah dan sesantai menjalani sekolah biasa. Hari-hari Alif dipenuhi kegiatan hapalan Al-Qur’an, belajar siang-malam, harus belajar berbicara bahasa Arab dan Inggris di 6 Bulan pertama. Karena PM melarang keras murid-muridnya berbahasa Indonesia, PM mewajibkan semua murid berbahasa Arab dan Inggris. Belum lagi peraturan ketat yang diterapkan PM pada murid yang apabila melakukan sedikit saja kesalahan dan tidak taat peraturan yang berakhir pada hukuman yang tidak dapat dibayangkan sebelumnya. Tahun-tahun pertama Alif dan ke 5 temannya begitu berat karena harus menyesuaikan diri dengan peraturan di PM. Hal yang paling berat dijalani di PM adalah pada saat ujian, semua murid belajar 24 jam nonstop dan hanya beberapa menit tidur. Mereka benar-benar harus mempersiapkan mental dan fisik yang prima demi menjalani ujian lisan dan tulisan yang biasanya berjalan selama 15 hari. Namun disela rutinitas di PM yang super padat dan ketat. Alif dan ke 5 selalu menyempatkan diri untuk berkumpul dibawah menara mesjid, sambil menatap awan dan memikirkan cita-cita mereka kedepan. Ditahun kedua dan seterusnya kehidupan Alif dan rekan-rekannya lebih berwarna dan penuh pengalaman menarik. Di PM semua teman, guru, satpam, bahkan kakak kelas adalah keluarga yang harus saling tolong menolong dan membantu. Semua terasa begitu kompak dan bersahabat, sampai pada suatu hari yang tak terduga, Baso , teman alif yang paling pintar dan paling rajin memutuskan keluar dari PM karena permasalahan ekonomi dan keluarga. Kepergian Baso, membangkitkan semangat Alif, Atang, Dulmajid, Raja dan Said untuk menamatkan PM dan menjadi orang sukses yang mampu mewujudkan cita-cita mereka menginjakkan kaki di benua Eropa dan Amerika. Kini semua mimpi kami berenamtelah menjadi nyata. Kami berenam telah berada lima Negara yang berbeda, sesuai dengan lukisan dan imajinasi kita di awan. Aku (Alif) berada di Amerika, Raja di Eropa, sementara Atang di Afrika, Baso berada di Asia, sedangkan Said dan Dulmajid sangat nasionalis mereka di Negara kesatuan Indonesia tercinta. Di lima menara impian kami. Jangan pernah remehkan impian, walau setinggi apa pun. Tuhan sungguh Maha Pendengar. Man jadda wajadda, siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Gaya bahasa yang digunakan menggabungkan kejelian observasi seorang reporter dan kekalisan jelajah imajinasi literer dalam Negeri 5 Menara yang inspiratif. Dengan deskripsi ruang yang nyaris sempurna, A.Fuandi berhasil memetakan seluk-beluk pesantren modern yang selama ini hanya menjadi cerita dari mulut ke mulut. Dinamika kehidupan internal pesantren berpadu mulus dengan riuhnya suasana global di jantung peradaban modern yang serba bergegas. Sebuah Novel yang membuktikan bahwa tak ada hal yang tak bisa dicapai manusia di dalam hidupnya. A.Fuandi berhasil membuat banyak orang ingin tahu lebih dalam tentang dunia pesantren sebagai pusat keunggulan, termasuk kalangan non-muslim. Penelusuran jejak-jejak pesahabatan dan pencapaian cita-cita diramu dalam kisah yang sekaligus melibatkan petualangan, religi, dan wawasan yang mengesankan. Gontor menanamkan berbagai nilai-nilai pendidikan, nilai kejuangan, nilai kebersamaan, sehingga murid-murid terdidik secara total untuk berkarya penuh totalitas di masyarakat. Kata “man jadda wa jadda” akan senantiasa memotivasi setiap anak dan akan melahirkan kesuksesan dimasa depan mana kala diikuti dengan kreatifitas, ketabahan dan keikhlasan. Tidak ada kebetulan di dunia ini. Semua atas izin Allah dan usaha manusia. Buku ini telah menjadi bukti yang inspiratif. Ditulis dalam bahasa yang ringan. Terkadang serius namun lebih sering kocak. Kesimpulanya "man jadda wa jadda" artinya "yang penting usaha," maka Allah akan membukakan jalan ke jendela dunia. Kelemahan dari Novel Negeri 5 Menara adalah klimaks cerita kurang menonjol sehingga para pembaca merasa dinamika cerita sedikit datar. Setelah selesai membaca, pembaca merasa cerita belum selesai setuntas-tuntasnya. Hal ini mungkin disebabkan karena penulis mendasarkan ceritanya pada kisah nyata dan tidak ingin melebih-lebihkannya. Novel ini berkisah tentang generasi muda bangsa yang penuh motivasi, bakat, semangat, dan optimisme untuk maju dan tidak kenal menyerah, merupakan pelajaran yang amat berharga bukan saja sebagai karya seni, tetapi juga tentang proses pendidikan dan pembudayaan untuk terciptanya sumberdaya insani yang handal. Fuandi mengelola nostalgia menjadi novel yang menyentuh sekaligus menjadi diskusi kritis yang bersimpatik tentang pendidikan kehidupan. Novel ini harga buku yang cukup mahal bagi kantong pelajar, tidak ada illustrasi atau gambar nama-nama pelaku pada novel ini kurang jelas, dan alur yang digunakan campuran, sehingga cerita menjadi sedikit rumit. Sebutkan komentar negatif dalam tanggapan novel "Negeri 5 Menara" di atas !

113

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan