Jongdi J

28 Agustus 2022 07:32

Iklan

Iklan

Jongdi J

28 Agustus 2022 07:32

Pertanyaan

3. Bacalah teks berikut. Kita harus fokus memperkuat karakter kebangsaan agar generasi muda tidak mengalami [ ... ] moral. Hal ini sangat penting dilakukan karena pergeseran nilai akibat teknologi informasi di era [ ... ] ini sangat mengkhawatirkan. lstilah yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah .... A. dekadensi, globalisasi B. destrukturisasi, global C. degenerasi, milenial D. demotivasi, global E. dekadensi, global


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Ardiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

07 November 2022 10:18

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p>Simak penjelasan berikut.</p><p>&nbsp;</p><p>Menurut KBBI, istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.&nbsp;</p><p>1. Istilah umum&nbsp;</p><p>Istilah umum adalah kata yang awalnya berasal dari bidang tertentu kemudian digunakan secara luas hingga dianggap sebagai kosakata umum. Contoh: lukisan, kuas, dan krayon awalnya merupakan istilah dalam bidang seni. Namun, ketiga kata tersebut sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas dan hingga menjadi istilah umum.&nbsp;</p><p>2. Istilah khusus&nbsp;</p><p>Istilah khusus merupakan jenis istilah yang mempunyai makna yang terbatas dan digunakan di bidang ilmu tertentu atau bahkan asing di masyarakat umum. Contoh istilah khusus adalah atmosfer, galaksi, vulkanik. Tiga istilah tersebut hanya digunakan dalam bidang geografi. Setiap istilah memiliki makna yang khusus berlaku di bidang ilmu tertentu.</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan penjelasan tersebut, istilah yang tepat untuk melengkapi teks rumpang di atas adalah 'dekadensi' dan 'globalisasi'. Menurut KBBI, kata 'dekadensi' memiliki makna 'kemerosotan (tentang akhlak)', sedangkan 'globalisasi' memiliki makna 'proses masuknya ke ruang lingkup dunia'.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawaban yang tepat adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu, ya.</p>

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah A.

 

Simak penjelasan berikut.

 

Menurut KBBI, istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut. 

1. Istilah umum 

Istilah umum adalah kata yang awalnya berasal dari bidang tertentu kemudian digunakan secara luas hingga dianggap sebagai kosakata umum. Contoh: lukisan, kuas, dan krayon awalnya merupakan istilah dalam bidang seni. Namun, ketiga kata tersebut sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas dan hingga menjadi istilah umum. 

2. Istilah khusus 

Istilah khusus merupakan jenis istilah yang mempunyai makna yang terbatas dan digunakan di bidang ilmu tertentu atau bahkan asing di masyarakat umum. Contoh istilah khusus adalah atmosfer, galaksi, vulkanik. Tiga istilah tersebut hanya digunakan dalam bidang geografi. Setiap istilah memiliki makna yang khusus berlaku di bidang ilmu tertentu.

 

Berdasarkan penjelasan tersebut, istilah yang tepat untuk melengkapi teks rumpang di atas adalah 'dekadensi' dan 'globalisasi'. Menurut KBBI, kata 'dekadensi' memiliki makna 'kemerosotan (tentang akhlak)', sedangkan 'globalisasi' memiliki makna 'proses masuknya ke ruang lingkup dunia'.

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

 

Semoga membantu, ya.


Iklan

Iklan

Brigita A

07 Desember 2023 07:13

Bagian penutup sebuah karya ilmiah, pada umumnya menyajikan tentang….


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

145

5.0

Jawaban terverifikasi