Vincenzo V

08 Agustus 2022 06:39

Iklan

Iklan

Vincenzo V

08 Agustus 2022 06:39

Pertanyaan

17. Rapiah dan mertuanya tidak pemah keluar rumah. Sekalian orang yang datang bertandang sudah mengetahui bahwa mereka tak usah lagi mengetuk pintu atau berseru-seru di beranda muka, melainkan bolehlah terus ke belakang saja buat menemui orang rumah . Seorangpun di antara segala sahabat Hanafi tak datang ke rumah karena selama ini yang dicari oleh mereka hanyalah Hanafi saja, sedang ahli rumahnya yang lain hanyalah berguna buat menyediakan hidangan belaka. Kedua perempuan itu, mertua dan menantu, sedang asyik bekerja di dapur. Syafei tidur nyenyak dalam buaian di beranda belakang, diayun-ayun oleh si Buyung. Salah Asuhan Unsur budaya Minangkabau yang tersirat dalam penggalan novel di atas adalah .... a. masuk rumah orang perlu minta izin dulu b. mertua dan menantu harus rukun dan damai c. seorang menantu harus taat kepada mertua d. perempuan lebih banyak berperan dalam berumahtangga e. tamu yang diterima hanya untuk suami saja


16

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Beni

Mahasiswa/Alumni Universitas Muria Kudus

03 Oktober 2022 11:50

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah D. Yuk simak pembahasan berikut. Budaya merupakan keseluruhan sikap dan pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimiliki oleh suatu anggota masyarakat tertentu. Budaya memengaruhi banyak aspek kehidupan, di antaranya agama, adat istiadat, politik, bahasa, pakaian, bangunan, hingga karya seni. Berdasarkan penjelasan di atas, Unsur budaya Minangkabau yang tersirat dalam penggalan novel pada soal adalah perempuan lebih banyak berperan dalam berumahtangga. Hal itu terdapat dalam kalimat: 1. Rapiah dan mertuanya tidak pemah keluar rumah. 2. Seorangpun di antara segala sahabat Hanafi tak datang ke rumah karena selama ini yang dicari oleh mereka hanyalah Hanafi saja, sedang ahli rumahnya yang lain hanyalah berguna buat menyediakan hidangan belaka. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

570

0.0

Jawaban terverifikasi