Adinda V

13 Agustus 2024 04:32

Iklan

Adinda V

13 Agustus 2024 04:32

Pertanyaan

1. Tuliskan teori tentang membrane sel yang dikemukakan oleh Singer dan Nicolson tahun 1972 !

1. Tuliskan teori tentang membrane sel yang dikemukakan oleh Singer dan Nicolson tahun 1972 !

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

17

:

13

:

54

Klaim

17

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Naurah F

13 Agustus 2024 05:58

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Teori Fluid Mosaic Model</strong> yang dikemukakan oleh <strong>Singer dan Nicolson</strong> pada tahun 1972 menjelaskan bahwa membran sel terdiri dari lapisan lemak yang diselingi oleh molekul protein. Lemak ini dapat berupa lemak netral, fosfolipid, atau glikolipid, sementara protein terdiri dari protein perifer dan integral. Membran sel bukan hanya sekadar penghalang pasif, tetapi juga berfungsi sebagai filter selektif yang menjaga perbedaan ion antara dalam dan luar sel.</p><p>&nbsp;</p><p>Sebelum teori ini, ada tiga teori utama tentang struktur membran sel:</p><ol><li><strong>Teori Lembaran (Leaflet Theory):</strong> Membran sel tersusun oleh lapisan-lapisan.</li><li><strong>Teori Bola-bola (Globular Theory):</strong> Komponen lipid-protein berbentuk bola-bola yang tersusun membentuk lembaran.</li><li><strong>Teori Dinamis:</strong> Struktur membran sel bisa berubah bentuk sesuai kebutuhan, antara bentuk lembaran berlapis dan susunan bola-bola.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Teori Fluid Mosaic Model yang dikemukakan oleh Singer dan Nicolson pada tahun 1972 menjelaskan bahwa membran sel terdiri dari lapisan lemak yang diselingi oleh molekul protein. Lemak ini dapat berupa lemak netral, fosfolipid, atau glikolipid, sementara protein terdiri dari protein perifer dan integral. Membran sel bukan hanya sekadar penghalang pasif, tetapi juga berfungsi sebagai filter selektif yang menjaga perbedaan ion antara dalam dan luar sel.

 

Sebelum teori ini, ada tiga teori utama tentang struktur membran sel:

  1. Teori Lembaran (Leaflet Theory): Membran sel tersusun oleh lapisan-lapisan.
  2. Teori Bola-bola (Globular Theory): Komponen lipid-protein berbentuk bola-bola yang tersusun membentuk lembaran.
  3. Teori Dinamis: Struktur membran sel bisa berubah bentuk sesuai kebutuhan, antara bentuk lembaran berlapis dan susunan bola-bola.

 

 


Iklan

Jacky J

Community

14 Agustus 2024 09:13

Jawaban terverifikasi

<p>Teori membran mozaik cair</p><p>&nbsp;</p><p>S. Singer dan E.Nicolson (1972) mengemukakan teori tentang membran sel. Teori ini disebut <strong>teori membran mozaik cair</strong>, yang menjelaskan bahwa: Membran sel terdiri atas protein yang tersusun seperti mozaik (tersebar) dan masing-masing tersisip di antara dua lapis fosfolipid.</p>

Teori membran mozaik cair

 

S. Singer dan E.Nicolson (1972) mengemukakan teori tentang membran sel. Teori ini disebut teori membran mozaik cair, yang menjelaskan bahwa: Membran sel terdiri atas protein yang tersusun seperti mozaik (tersebar) dan masing-masing tersisip di antara dua lapis fosfolipid.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan