Delila A

15 Februari 2024 04:26

Iklan

Iklan

Delila A

15 Februari 2024 04:26

Pertanyaan

1. Sumber sejarah Kerajaan Singhasari memperlihatkan perbedaan penulisan mengenai penguasanya. Analisislah bagaimana jalan keluar untuk masalah tersebut! 2. Sebutkan 2 faktor yang membuat Kerajaan Sriwijaya berkembang pesat! 3. Apa fungsi Candi Boko pada saat terjadi perselisihan antara Balaputradewa dengan Rakai Pikatan?

1. Sumber sejarah Kerajaan Singhasari memperlihatkan perbedaan penulisan mengenai penguasanya. Analisislah bagaimana jalan keluar untuk masalah tersebut!

2. Sebutkan 2 faktor yang membuat Kerajaan Sriwijaya berkembang pesat!

3. Apa fungsi Candi Boko pada saat terjadi perselisihan antara Balaputradewa dengan Rakai Pikatan?


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 22:52

Jawaban terverifikasi

<p><strong>1. Perbedaan Penulisan Penguasa Kerajaan Singhasari:</strong></p><ul><li><strong>Jalan Keluar:</strong><ul><li><strong>Kritik Sumber:</strong> Melakukan kritik sumber secara cermat terhadap berbagai catatan sejarah yang ada, mempertimbangkan siapa penulisnya, motifnya, dan keberpihakan potensial.</li><li><strong>Kombinasi Sumber:</strong> Menggabungkan informasi dari berbagai sumber untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan mendekati kebenaran.</li><li><strong>Riset Arkeologi:</strong> Menggunakan temuan arkeologis sebagai pendukung data sejarah untuk memverifikasi informasi yang ditemukan dalam sumber tertulis.</li></ul></li></ul><p><strong>2. Faktor Pembangunan Kerajaan Sriwijaya:</strong></p><ul><li><strong>Lokasi Geografis:</strong> Letaknya yang strategis di jalur perdagangan internasional, khususnya Selat Malaka, memberikan Sriwijaya kendali ekonomi dan kekayaan.</li><li><strong>Kemahiran Maritim:</strong> Kemahiran dalam pengelolaan armada laut dan penguasaan jalur perdagangan laut membantu pertumbuhan ekonomi dan pengaruh politik Sriwijaya.</li></ul><p><strong>3. Fungsi Candi Boko pada Perselisihan Balaputradewa dan Rakai Pikatan:</strong></p><ul><li><strong>Tempat Diplomasi dan Pertemuan:</strong> Candi Boko dianggap sebagai tempat pertemuan dan diplomasi. Fungsinya mungkin mencakup mediasi atau perundingan antara Balaputradewa dan Rakai Pikatan dalam menyelesaikan perselisihan mereka.</li><li><strong>Simbol Kekuasaan:</strong> Candi Boko bisa menjadi simbol kekuasaan dan otoritas, sehingga keberadaannya dapat digunakan untuk memperkuat posisi salah satu pihak atau sebagai tempat untuk merayakan kemenangan.</li></ul>

1. Perbedaan Penulisan Penguasa Kerajaan Singhasari:

  • Jalan Keluar:
    • Kritik Sumber: Melakukan kritik sumber secara cermat terhadap berbagai catatan sejarah yang ada, mempertimbangkan siapa penulisnya, motifnya, dan keberpihakan potensial.
    • Kombinasi Sumber: Menggabungkan informasi dari berbagai sumber untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan mendekati kebenaran.
    • Riset Arkeologi: Menggunakan temuan arkeologis sebagai pendukung data sejarah untuk memverifikasi informasi yang ditemukan dalam sumber tertulis.

2. Faktor Pembangunan Kerajaan Sriwijaya:

  • Lokasi Geografis: Letaknya yang strategis di jalur perdagangan internasional, khususnya Selat Malaka, memberikan Sriwijaya kendali ekonomi dan kekayaan.
  • Kemahiran Maritim: Kemahiran dalam pengelolaan armada laut dan penguasaan jalur perdagangan laut membantu pertumbuhan ekonomi dan pengaruh politik Sriwijaya.

3. Fungsi Candi Boko pada Perselisihan Balaputradewa dan Rakai Pikatan:

  • Tempat Diplomasi dan Pertemuan: Candi Boko dianggap sebagai tempat pertemuan dan diplomasi. Fungsinya mungkin mencakup mediasi atau perundingan antara Balaputradewa dan Rakai Pikatan dalam menyelesaikan perselisihan mereka.
  • Simbol Kekuasaan: Candi Boko bisa menjadi simbol kekuasaan dan otoritas, sehingga keberadaannya dapat digunakan untuk memperkuat posisi salah satu pihak atau sebagai tempat untuk merayakan kemenangan.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

10 April 2024 13:04

Jawaban terverifikasi

1. Jalan keluar untuk masalah perbedaan penulisan mengenai penguasa Kerajaan Singhasari adalah dengan menggabungkan dan membandingkan berbagai sumber sejarah yang tersedia. Analisis lintas sumber dapat membantu mengidentifikasi konsistensi dan variasi dalam penulisan nama penguasa. Selain itu, memeriksa konteks dan sumber-sumber asli seperti prasasti, catatan sejarah, dan literatur kontemporer juga dapat memberikan wawasan yang lebih jelas tentang penguasa dan periode tertentu dalam sejarah Singhasari. Menggunakan metodologi historis yang kritis dan membandingkan berbagai sumber dapat membantu menemukan kebenaran yang lebih akurat. 2. Dua faktor utama yang membuat Kerajaan Sriwijaya berkembang pesat adalah: a. Lokasi Geografis yang Strategis: Sriwijaya terletak di jalur perdagangan maritim yang ramai, di antara Asia Tenggara dan Asia Timur, sehingga memungkinkan kerajaan ini mengendalikan perdagangan internasional dan memperoleh kekayaan dari pajak perdagangan. b. Kepemimpinan yang Efektif: Kerajaan Sriwijaya memiliki sistem pemerintahan yang kuat dan efektif yang mampu mengintegrasikan dan mengendalikan wilayah yang luas. Kepemimpinan yang stabil dan sistem administrasi yang baik membantu mendukung pertumbuhan ekonomi dan kekuasaan Sriwijaya. 3. Fungsi Candi Boko pada saat perselisihan antara Balaputradewa dengan Rakai Pikatan adalah sebagai tempat pertemuan atau mediasi antara kedua pihak yang berselisih. Candi Boko merupakan kompleks candi dan istana yang berfungsi sebagai pusat kegiatan keagamaan dan pemerintahan pada masa itu. Dalam konteks perselisihan politik, Candi Boko mungkin digunakan sebagai tempat untuk bernegosiasi, merundingkan perjanjian, atau mencapai kesepakatan damai antara Balaputradewa dan Rakai Pikatan, atau sebagai tempat penyelenggaraan upacara atau ritual yang dimaksudkan untuk memperkuat legitimasi penguasa.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa fungsi Candi Boko pada saat terjadi perselisihan antara Balaputradewa dengan Rakai Pikatan?

10

0.0

Jawaban terverifikasi