Anindita A

21 Mei 2024 09:18

Iklan

Iklan

Anindita A

21 Mei 2024 09:18

Pertanyaan

1. Stereotip merupakan citra yang kaku mengenai suatu kelompok yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut. Berikan 3 contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia! 2. Menurut pendapat kalian, apakah dampak positif dan negatif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat! 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial. Menurut pendapat kalian,mengapa demikian? 4. Pada proses asimilasi, terjadi peleburan kebudayaan sehingga pihak pihak yang tengah berasimilasi akan merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama. Berikan 3 contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia! 5. Menurut pendapat kalian, apakah pentingnya integrasi elite- massa bagi keutuhan NKRI? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!

1. Stereotip merupakan citra yang kaku mengenai suatu kelompok yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut. Berikan 3 contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia!
2. Menurut pendapat kalian, apakah dampak positif dan negatif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!
3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial. Menurut pendapat kalian,mengapa demikian?
4. Pada proses asimilasi, terjadi peleburan kebudayaan sehingga pihak pihak yang tengah berasimilasi akan merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama. Berikan 3 contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia!
5. Menurut pendapat kalian, apakah pentingnya integrasi elite- massa bagi keutuhan NKRI? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Mei 2024 12:56

Jawaban terverifikasi

Jawaban: 1. Stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat antara lain: (a) Semua orang dari suku tertentu adalah pemalas, (b) Semua orang dari suku tertentu adalah keras kepala, (c) Semua orang dari suku tertentu adalah kurang cerdas. 2. Dampak positif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan adalah meningkatnya rasa percaya diri dan kepercayaan diri dalam menjalankan ajaran agama dan keyakinan. Sedangkan dampak negatifnya adalah dapat menimbulkan konflik dan perpecahan dalam masyarakat karena adanya perbedaan keyakinan dan agama. 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial karena dengan adanya kesempatan yang seimbang, masyarakat akan memiliki akses yang sama terhadap sumber daya dan peluang, sehingga dapat mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. 4. Contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia antara lain: (a) Adanya pernikahan antar suku, (b) Adanya pernikahan antar agama, (c) Adanya pernikahan antar ras. 5. Integrasi elite-massa sangat penting bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia karena dengan adanya integrasi ini, masyarakat dari berbagai lapisan dapat bersatu dan memiliki tujuan yang sama yaitu kemajuan dan kesejahteraan bangsa. 【Penjelasan】: 1. Stereotip adalah citra yang kaku dan tidak realistis mengenai suatu kelompok. Stereotip ini seringkali berdasarkan pada prasangka dan bias yang tidak berdasar. Contoh-contoh stereotip yang disebutkan di atas adalah contoh yang umum ditemui dalam masyarakat dan seringkali menimbulkan kesalahpahaman dan konflik. 2. Fanatisme dalam beragama dan berkeyakinan memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah meningkatnya rasa percaya diri dan kepercayaan diri dalam menjalankan ajaran agama dan keyakinan. Namun, dampak negatifnya adalah dapat menimbulkan konflik dan perpecahan dalam masyarakat karena adanya perbedaan keyakinan dan agama. 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang sangat penting untuk mewujudkan integrasi sosial. Dengan adanya kesempatan yang seimbang, masyarakat akan memiliki akses yang sama terhadap sumber daya dan peluang, sehingga dapat mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. 4. Asimilasi adalah proses di mana suatu kelompok budaya mengadopsi budaya kelompok lain. Contoh-contoh asimilasi yang disebutkan di atas adalah contoh yang umum ditemui dalam masyarakat Indonesia dan menunjukkan bagaimana budaya-budaya berbeda dapat berasimilasi dan menciptakan budaya baru. 5. Integrasi elite-masa adalah proses di mana elite dan masyarakat bersatu untuk menciptakan kebijakan dan arah pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat


Anindita A

24 Mei 2024 01:25

terimakasih kak

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Mei 2024 22:52

Jawaban terverifikasi

<p>1. Contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia adalah:<br>&nbsp; a. Anggapan bahwa semua orang Jawa adalah pelit.<br>&nbsp; b. Keyakinan bahwa semua orang Betawi suka berjoget.<br>&nbsp; c. Pandangan bahwa semua orang Batak cenderung keras dan berisik.</p><p>2. Dampak positif fanatisme dalam beragama atau berkeyakinan bisa menciptakan rasa persatuan dan kekuatan dalam komunitas tersebut, tetapi dampak negatifnya dapat memicu intoleransi, konflik, dan ketidakmampuan untuk menerima perbedaan.</p><p>3. Kesempatan ekonomi yang seimbang memberikan akses yang sama kepada semua anggota masyarakat, mengurangi kesenjangan sosial, dan menciptakan rasa keadilan, yang pada gilirannya mendukung integrasi sosial karena semua orang merasa dihargai dan memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi.</p><p>4. Contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia adalah:<br>&nbsp; a. Penyerapan budaya Jawa oleh orang-orang non-Jawa yang tinggal di Jawa.<br>&nbsp; b. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam komunikasi sehari-hari di seluruh Indonesia.<br>&nbsp; c. Adopsi adat istiadat suku Minangkabau oleh orang-orang dari luar Minangkabau yang menikah dengan orang Minang.</p><p>5. Integrasi elite-massa penting bagi keutuhan NKRI karena melalui interaksi dan koordinasi antara elit dan massa, kebijakan dan keputusan yang diambil akan mencerminkan kepentingan dan aspirasi seluruh masyarakat, mengurangi ketegangan sosial, dan memperkuat persatuan dalam keragaman.</p>

1. Contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia adalah:
  a. Anggapan bahwa semua orang Jawa adalah pelit.
  b. Keyakinan bahwa semua orang Betawi suka berjoget.
  c. Pandangan bahwa semua orang Batak cenderung keras dan berisik.

2. Dampak positif fanatisme dalam beragama atau berkeyakinan bisa menciptakan rasa persatuan dan kekuatan dalam komunitas tersebut, tetapi dampak negatifnya dapat memicu intoleransi, konflik, dan ketidakmampuan untuk menerima perbedaan.

3. Kesempatan ekonomi yang seimbang memberikan akses yang sama kepada semua anggota masyarakat, mengurangi kesenjangan sosial, dan menciptakan rasa keadilan, yang pada gilirannya mendukung integrasi sosial karena semua orang merasa dihargai dan memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi.

4. Contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia adalah:
  a. Penyerapan budaya Jawa oleh orang-orang non-Jawa yang tinggal di Jawa.
  b. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam komunikasi sehari-hari di seluruh Indonesia.
  c. Adopsi adat istiadat suku Minangkabau oleh orang-orang dari luar Minangkabau yang menikah dengan orang Minang.

5. Integrasi elite-massa penting bagi keutuhan NKRI karena melalui interaksi dan koordinasi antara elit dan massa, kebijakan dan keputusan yang diambil akan mencerminkan kepentingan dan aspirasi seluruh masyarakat, mengurangi ketegangan sosial, dan memperkuat persatuan dalam keragaman.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Bagaimana pengaruh letak geografis terhadap penjelajahan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia? Bagaimana perubahan yang dialami masyarakat Indonesia akibat adanya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia ! 2. Bagaimana cara generasi muda memaknai dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan? 3. Bagaimana solusi pemerataan pembangunan agar tidak menimbulkan konflik dalam kehidupan masyarakat? 4. Menurut kalian, apakah sebuah konflik dapat meningkatkan rasa nasionalisme yang dimiliki seseorang? Jelaskan! 5. Menurut pandangan kalian, bagaimana solusi yang tepat untuk konflik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini? Sebagai contoh adalah demonstrasi yang berujung konflik sosial. Bagaimana demonstrasi yang seharusnya dilakukan guna menyuarakan aspirasi rakyat? Pada dasarnya demonstrasi diperbolehkan mengingat menyuarakan pendapat merupakan hak tiap warga negara yang telah dijamin dalam perundang-undangan

24

5.0

Jawaban terverifikasi